UNTUK INDONESIA
Menteri Luhut Paksa Nelayan Pantura Pindah ke Natuna
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan memaksa nelayan-nelayan Pantura pindah ke Natuna.
Nelayan tradisional menarik pukat darat saat menangkap ikan di perairan Pantai Kampung Jawa, Banda Aceh, Aceh, Kamis, 2 Januari 2020. (Foto: Antara/Ampelsa)

Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan akan memaksa nelayan-nelayan Indonesia khususnya nelayan-nelayan yang ada di pangkalan perairan Pantai Utara (Pantura) dan Sumatera Utara pindah ke pangkalan perairan Natuna, Kepulauan Riau.

"Sudah bertahun-tahun kita siapkan itu [nelayan], tapi pangkalan nelayan di Natuna tidak pernah siap. Sekarang kita paksa," ucap Luhut di Jakarta, Selasa, 7 Januari 2020.

Rencana tersebut, kata Luhut sebenarnya akan berguna juga bagi nelayan, bukan hanya bagi Indonesia. "Mereka harus punya pangkalan yang bagus, dia tinggal di situ," tuturnya.

Luhut menjelaskan rencana pemindahan itu sudah dibicarakan dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo. Paling lambat, pelaksanaan pemindahan menurutnya akan siap pada tahun ini.

"Kapan saja waktu itu jadi. Sudah lama ini diprogramkan, dengan ada sekarang (masalah Natuna), kita percepat lagi. Pak Edhy saya lihat lebih cepat," ujarnya.

Polemik antara Indonesia dan China berawal saat kapal coast guard China memasuki wilayah perairan Natuna Utara yang merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia.

Meski telah diusir KRI Tjiptadi-381, kapal coast guard China masih tak mau beranjak dari Natuna. Dengan alasan, China tidak menerima putusan pengadilan internasional tentang klaim 9 Garis Putus-putus (nine dash line) di Laut China Selatan sebagai batas teritorial laut China. []

Berita terkait
Kasus Natuna Pengaruhi Investasi China di Indonesia?
Persoalan di perairan Natuna, tidak mempengaruhi investasi Indonesia-China.
Menlu Retno Minta Tiongkok Patuhi UNCLOS Soal Natuna
Menlu Retno Marsudi minta Tiongkok patuhi United Nations Convention on the Law of the Sea (UNCLOS).
Soal Natuna, Edhy Prabowo: Kita Harus Cool
Tiga kapal nelayan pencuri ikan asal Vietnam di Perairan Natuna, Kepulauan Riau, diamankan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.
0
Masker Sitaan Polisi Dijual Rp 4.400 per Bungkus
Polisi menjual masker hasil sitaan tersangka penimbun dengan harga Rp 4.400 per bungkus.