UNTUK INDONESIA
Menteri Agama Ingin Cadar dan Radikalisme Disudahi
Menteri Agama Fachrul Razi menginginkan persoalan radikalisme, cadar, dan celana cingkrang disudahi. Dia mengucap maaf karena sempat membuat gaduh.
Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Kamis 24 Oktober 2019. (Foto: Tagar/Popy)

Jakarta - Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi menginginkan persoalan radikalisme, cadar, dan celana cingkrang disudahi, sehingga pihaknya dapat fokus memberi pelayanan terbaik kepada seluruh umat beragama di Indonesia.

Polemik tentang itu sudah clear. Saya minta maaf kalau sampai menimbulkan amarah.

Untuk itu, dia perlu memohon maaf apabila ucapannya mengenai pelarangan cadar dan celana cingkrang bagi pegawai BUMN dan ASN sempat membuat gaduh masyarakat.

"Polemik tentang itu sudah clear. Saya minta maaf kalau sampai menimbulkan amarah. Kini akan fokus melayani seluruh umat beragama seadil-adilnya," kata Menag usai rapat kerja DPR-Kementerian Agama (Kemenag) di gedung parlemen Senayan, Jakarta, seperti diberitakan Antara, Kamis, 7 November 2019.

Dia mengatakan sejumlah program Kemenag untuk pelayanan umat beragama sangat bervariasi, baik menyangkut kerukunan, pendidikan agama dan keagamaan, haji, serta sertifikasi halal.

Terkait sertifikasi halal, Menag Fachrul akan fokus menggenjot kinerja Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

Penerus Lukman Hakim Saifuddin ini melanjutkan, terdapat juga sejumlah target yang sudah dirumuskan untuk RPJMN 2020-2024, seperti penguatan moderasi beragama bentuk program konkret.

Kemenag, lanjutnya, memiliki tugas untuk merancang program turunan dari UU Pesantren yang baru disahkan di penghujung masa bakti menteri agama sebelumnya.

Dia mengatakan juga akan menggandeng seluruh elemen bangsa untuk menjaga kerukunan umat beragama di Indonesia. []

Berita terkait
Menteri Agama Khawatirkan Radikalisme dari Masjid
Menteri Agama Fachrul Razi mengkhawatirkan penyebaran radikalisme dari masjid. Ke depan, dia akan mulai melakukan penyuluhan.
Novel Bamukmin Minta Menteri Agama Mundur
Ketua Media Center Persaudaraan Alumni atau PA 212 Novel Bamukmin meminta Menteri Agama Fachrul Razi mundur dari jabatannya, karena wacana cadar.
5 Model Celana Cingkrang yang Ditolak Menteri Agama
Menteri Agama Fachrul Razi dengan tegas menolak ASN mengenakannya. Ternyata, jenis celana ini menjadi salah satu tren di dunia fesyen.
0
Nabi Hud AS, Sebelum Angin Membinasakan Segala
Kenapa angin bertiup sehebat-hebatnya selama tujuh malam delapan hari membinasakan Ad, kaum bertubuh besar dan kuat pada zaman Nabi Hud AS.