UNTUK INDONESIA
5 Model Celana Cingkrang yang Ditolak Menteri Agama
Menteri Agama Fachrul Razi dengan tegas menolak ASN mengenakannya. Ternyata, jenis celana ini menjadi salah satu tren di dunia fesyen.
Celana Cikrang slimfit. (Foto: manhijrah.com)

Jakarta - Fenomena celana cingkrang saat ini menjadi sorotan publik. Pasalnya, Menteri Agama Jenderal TNI (Purn) Fachrul Razi dengan tegas menolak Apatur Sipil Negara (ASN) mengenakannya. Ternyata, jenis celana ini menjadi salah satu tren di dunia fesyen.

Kata Fachrul, memang tidak dilarang agama. Akan tetapi, di aturan instansi tercantum hal tersebut. Bahkan, dengan tegas ia akan mengeluarkan pegawai tersebut jika tidak mau mengikuti peraturan.

“Kemudian masalah celana cingkrang-cingkrang itu tidak dilarang dari aspek agama. Karena memang agama pun tidak melarang. Tapi dari aturan pegawai bisa, misal di tempat ditegur celana kok tinggi gitu? Kamu enggak lihat aturan negara gimana? kalau enggak bisa ikuti keluar kamu," ujar Fachrul Razi di Kemenko PMK, Kamis, 31 Oktober 2019.

Perlu diketahui, celana cingkrang adalah model celana bagian bawahnya diatas mata kaki atau lebih dikenal dengan celana sirwal. Banyak orang yang menggunakan untuk aktifitas ibadah.

Sejarah mencatat, celana jenis ini telah ada sejak ribuan tahun lalu yang dikenakan pertama kali orang-orang Timur Tengah untuk ibadah.

Dalam ajaran agama Islam, celana cingkrang atau sirwal ini tidak dilarang. Justru, Isbal, atau menjulurkan pakaian melebihi mata kaki merupakan hal terlarang di dalam Islam dan hukumnya setidaknya makruh atau bahkan diharamkan. 

Ada banyak dalil dari hadits Nabi Muhammad yang mendasari hal tersebut, seperti: 

Bukhari 5788

"Pada hari Kiamat nanti Allah tidak akan memandang orang yang menyeret kainnya karena sombong"

Bukhari 5787

"Kain yang panjangnya di bawah mata kaki tempatnya adalah neraka"

Bukhari, 3485

"Ada seorang lelaki yang kainnya terseret di tanah karena sombong. Allah menenggelamkannya ke dalam bumi. Dia meronta-ronta karena tersiksa di dalam bumi hingga hari Kiamat terjadi".

Namun, seiring perkembangan jaman model celana sirwal ini telah banyak hadir. Bahkan, tak hanya digunakan untuk ibadah saja, tapi untuk aktifitas di luar rumah.

berhasil merangkum dari berbagai sumber, jenis-jenis celana sirwal atau cingkrang:Tagar berhasil merangkum dari berbagai sumber, jenis-jenis celana sirwal atau cingkrang:

Celana CingkrangCelana cingkrang biasa. (Foto: manhijrah.com)

1. Celana sirwal Biasa

Model celana yang satu ini modelnya cingkrang, umumnya memiliki 2 saku. Celananya bisa digunakan untuk bersantai di rumah. Bisa juga dipakai untuk berkegiatan di luar rumah.

Bahan yang terbuat dari katun membuat nyaman dipakai. Tak hanya itu, mengenakan celana jenis ini menimbulkan kesan santun. Jadi cocok digunakan untuk ibadah dan aktifitas di luar rumah.

Celana CingkrangCelana cingkrang tempur. (Foto: manhijrah.com)

2. Celana Sirwal Tempur

Untuk celana sirwal yang satu ini adalah celana sirwal yang mempunyai 4 buah kantong, celana ini sangat cocok sekali di gunakan untuk aktifitas di lapangan karena bahan sangat nyaman dan tidak mudah kotor.

Desainnya gombrong dan mirip dengan celana kargo. Panjang celana ini biasanya sampai betis. Pemakainya akan terlihat lebih gagah dan tangguh kala memakai celana.

Celana CingkrangCelana cingkrang. (Foto: manhijrah.com)

3. Celana Sirwal Army

Untuk celana sirwal ini mirip sekali dengan pakaian TNI, yang mana efek yang di berikan celana ini adalah gagah dan sangat kuat. Bagi yang senang beraktifias di luar maupun di dalam celana.

Yang tak kalah keren lagi ada celana sirwal model army, membuat penampilan sporty dan terlihat macho. Tambah hits lagi celana atau baju yang mendukung tampilan army look.

Celana CIngkrangCelana cingkrang kantor. (Foto: manhijrah.com)

4. Celana Sirwal Kantor

Model celana sirwal ternyata bisa juga dikenakan saat pergi bekerja ke kantor. Celana dengan model formal, kini banyak ditemui di pasaran. 

Model celananya mirip celana formal tapi sedikit lebih longgar ukurannya. Celana ini cingkrang dan desain bahannya lebih tebal serta lebih halus.

Celana satu ini berkesan lebih formal dan pastinya tetap nyaman untuk ibadah juga.

Celana CikrangCelana Cikrang slimfit. (Foto: manhijrah.com)

5. Sirwal Chinos Slimfit

Celana model chino dan juga celana model khaki memang cocok untuk dipakai dalam aneka suasana. Bisa memakainya kala acara formal maupun acara kasual. Para pria bisa memakai celana ini untuk tampil lebih trendi dan juga lebih modis. []


Berita terkait
Menteri Agama Fachrul Razi Bakal Larang Pemakaian Cadar
Menteri Agama Fachrul Razi berencana untuk melarang pengguna cadar masuk ke instansi pemerintah.
Alasan Jokowi Pilih Jenderal Fachrul Razi Menteri Agama
Presiden Jokowi mempercayakan Menteri Agama Fachrul Razi bisa menuntaskan permasalahan radikalisme.
Kenapa Menteri Agama Dijabat Jenderal TNI Fachrul Razi?
Presiden Jokowi resmi melantik Menteri Agama Jenderal (Purn) Fahcrul Razi di Kabinet Indonesia Maju. Apa tujuan Jokowi menempatkannya di sana?
0
Orang Batak Sudah Mulai Malu Berbahasa Batak
Trisna Pardede menggelar diskusi soal bahasa Batak bersama Saut Poltak Tambunan, penulis novel berbahasa Batak Si Tumoing Manapu Nipi.