Mentawai Diguncang Gempa Tektonik 5,4 Magnitudo

Kepulauan Mentawai diguncang gempa tektonik 5,4 magnitudo.
Ilustrasi gempa bumi di Mentawai, Sumatera Barat. (Foto: Tagar/Dok.BMKG)

Padang - Gempa bumi magnitudo 5,4 mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Kamis, 15 Oktober 2020. Getaran gempa yang terjadi pukul 16.41 WIB itu terasa hingga ke Padang.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG, episenter gempa bumi jenis tektonik ini berada pada koordinat 3.23 LS dan 100.27 BT, lokasi tepatnya di laut pada jarak 119 kilometer arah Barat Daya Kota Muku-muko, Bengkulu di kedalaman 28 kilometer.

Kepala pusat gempa bumi dan tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, jenis gempa bumi itu dangkal. Gempa dipicu aktivitas subduksi di bawah Kepulauan Mentawai. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya dalam keterangan tertulis.

Goncangan gempa bumi ini dirasakan di Sikakap, Kepulauan Mentawai. Kemudian di Kota Padang dan Muko-muko Bengkulu. "Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi ini," katanya.

Rahmat meminta masyarakat untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. []


Berita terkait
Marah, Demonstran Sebut Gubernur Sumbar Anti Kritik
Mahasiswa menyebut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno anti kritik.
3 Ribu APK Calon Gubernur Sumbar Dibongkar Bawaslu Padang
Bawaslu Kota Padang telah menertibkan sebanyak 3.000 Alat Peraga Kampanye (APK) calon gubernur dan wakil gubernur Sumbar.
Aksi Bakar Ban Warnai Demo UU Cipta Kerja di Sumbar
Ratusan mahasiswa di Sumatera Barat kembali menggelar demonstrasi menolak UU Cipta Kerja.
0
Anies Baswedan Ajak Masyarakat DKI Berhenti Merokok
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh masyarakat DKI Jakarta untuk berhenti merokok agar tercipta kehidupan yang lebih sehat.