Mentawai Diguncang Gempa Magnitudo 5,1, Terasa ke Padang

Gempa tektonik magnitudo 5,1 mengguncang Kepulauan Mentawai.
Ilustrasi Gempa. (Foto: Freepik)

Mentawai - Gempa bumi magnitudo 5,1 kembali mengguncang Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Senin, 19 Oktober 2020. Getaran gempa yang terjadi pukul 05.48 WIB itu terasa hingga ke Padang.

Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami.

Hasil analisis BMKG, episenter gempa bumi jenis tektonik ini berada pada koordinat 3,34 LS dan 100,26 BT, lokasi tepatnya di laut pada jarak 38 kilometer arah Barat Daya Pulau Pagai Selatan, Sumatera Barat di kedalaman 21 kilometer.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono mengatakan, jenis gempa bumi itu dangkal. Gempa dipicu aktivitas subduksi di bawah Kepulauan Mentawai. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya dalam keterangan tertulis.

Rahmat mengatakan, guncangan gempa dirasakan di daerah Muko-muko dengan skala II MMI atau getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Beruntunh, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Meski dalam satu minggu terakhir, Kabupaten Kepulauan Mentawai diguncang gempa di atas magnitudo 5 dalam sepekan terakhir, pihaknya meminta masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya. Dia meminta agar warga menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," tuturnya. []


Berita terkait
Komentar Polisi Soal Kerangka Manusia di Mentawai
Polisi belum mengetahui identitas kerangka manusia yang ditemukan di kebun warga Kepulauan Mentawai.
Mentawai Diguncang Gempa Tektonik 5,4 Magnitudo
Kepulauan Mentawai diguncang gempa tektonik 5,4 magnitudo.
Nelayan Hilang Ditemukan di Tengah Laut Mentawai
Seorang nelayan yang sempat dilaporkan hilang di perairan laut Kepulauan Mentawai ditemukan dalam keadaan selamat.
0
Surat Terbuka Fahri Hamzah untuk Pegawai KPK
Politikus Fahri Hamzah melayangkan surat terbuka kepada pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sembari ucapkan selamat menempuh hidup baru.