UNTUK INDONESIA

Menko PMK: Kualitas Lembaga Pendidikan Jangan Diabaikan

Muhadjir Effendy sampaikan perlunya memperhatikan kualitas lembaga pendidikan.
Muhadjir Effendy saat menandatangani prasasti peresmian dalam acara Topping Off Pembangunan The Ahmad Dahlan Plaza pada Sabtu 14 November 2020. (Foto: Tagar/kemenkopmk.go.id/Kristian Suryatna)

Surabaya – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy sampaikan bahwa kualitas dari suatu lembaga pendidikan harus terus dijaga dan juga ditingkatkan.

Muhadjir mengatakan bahwa keunggulan yang diangkat harus disesuaikan dengan kemampuan dari lembaga pendidikan itu sendiri.

"Saya berharap kualitas (lembaga pendidikan) jangan diabaikan. Kualitas bukan berarti bahwa lembaga pendidikan Muhammadiyah di Surabaya ini bisa unggul di semuanya. Unggul bisa ambil beberapa, tidak harus semuanya. Dan ini yang penting harus betul-betul dipilih apa yang akan diunggulkan," kata Muhadjir saat menyampaikan arahan dalam acara Topping Off Pembangunan The Ahmad Dahlan Plaza SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya pada Sabtu 14 November 2020.

Menurut Muhadjir dengan menjaga dan meningkatkan kualitas dari suatu pendidikan maka akan menciptakan keunggulan dari lembaga pendidikan tersebut. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan meningkatkan kualitas materi pembelajaran, kualitas guru, dan manajemen murid. Dengan begitu akan menciptakan murid yang unggul dan berprestasi.

Saya berharap kualitas (lembaga pendidikan) jangan diabaikan. Kualitas bukan berarti bahwa lembaga pendidikan Muhammadiyah di Surabaya ini bisa unggul di semuanya. Unggul bisa ambil beberapa, tidak harus semuanya. Dan ini yang penting harus betul-betul dipilih apa yang akan diunggulkan,

Menko PMK juga menilai pentingnya menciptakan rasa cinta akan almamater, khususnya pada lembaga pendidikan Muhammadiyah. Menurutnya, rasa kecintaan alumni terhadap lembaga pendidikan Muhammadiyah masih rendah.

"Karena itu, penanaman akan nilai-nilai institusi dari para pendidik kepada murid-murid harus dilakukan dengan baik. Jadinya sampai murid-murid jadi pejabat pun akan bangga dengan almamaternya," katanya.

Baca juga:

Pada kesempatan tersebut juga, Muhadjir berkesempatan untuk meresmikan pembangunan The Ahmad Dahlan Plaza dengan menandatangani prasasti peresmian.

Kegiatan tersebut pun dihadiri oleh perwakilan PW Muhammadiyah Jawa Timur, PD Muhammadiyah Kota Surabaya, Dispendik Kota Surabaya, dan para murid dan guru SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya. []

Berita terkait
Menko PMK: Pemerintah Sukses Manfaatkan Situasi Covid-19
Menko PMK sampaikan keberhasilan pemerintah pergunakan situasi Covid-19 dalam pembangunan pelayanan kesehatan nasional.
Menko PMK: Pembangunan Keluarga Guna Tangani Stunting
Muhadjir Effendy sampaikan untuk menangani permasalahan stunting perlu dilakukan pembangunan keluarga.
Menko PMK: Pembangunan Pemuda Guna Sukses Bonus Demografi
Menko PMK menyampaikan, agar sukses dalam memanfaatkan bonus demografi maka dibutuhkan pembangunan pemuda yang berhasil.
0
Menko PMK: Kualitas Lembaga Pendidikan Jangan Diabaikan
Muhadjir Effendy sampaikan perlunya memperhatikan kualitas lembaga pendidikan.