UNTUK INDONESIA
Menkes Terawan: Informasi Corona Tidak Disembunyikan
Menkes Terawan Agus Putranto mengatakan informasi virus Corona tidak ada disembuyikan.
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto usai melakukan pertemuan dengan pelaku industri farmasi dan alat kesehatan di Kementerian Kesehatan Jakarta, Senin, 25 November 2019. (Foto: Antara/Aditya Ramadhan)

Jakarta - Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengumumkan informasi terkait terinfeksinya dua warga Depok karena virus Corona. Ia mengatakan informasi terkait virus corona tidak ada yang disembunyikan.

Enggak perlu resah karena tidak akan menimbulkan kebaikan justru kegaduhan, itu enggak perlu.

"Paling penting adalah apa adanya tidak ada informasi yang disembunyikan. Laboratoriumnya benar negatif dikatakan negatif, positif dikatakan positif," ucap Menkes Terawan di Jakarta, Senin, 2 Maret 2020. 

Baca juga: 26 Pasien Suspect Corona, Dinkes DKI: Jangan Cemas

Pemerintah, kata Terawan, sudah benar melakukan surfilm tracking, kemudian diamankan step by step, dan tidak perlu grasa grusuh. 

Meski demikian, Terawan menganjurkan agar masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir, karena korban saat ini sudah diamankan di ruang khusus isolasi di Rumah Sakit Sulianti Soeroso, Jakarta.

"Enggak perlu resah karena tidak akan menimbulkan kebaikan justru kegaduhan, itu enggak perlu. Ini masih kemungkinan, kok ya kamu bikin khawatir aja. Ini kan masih orang dalam pengawasan atau ODP," ujar Terawan.

Selain itu, kata Terawan, baik pemerintah maupun menteri kesehatan telah melakukan langkah sesuai prosedur dengan mengisolasi korban ke rumah sakit dan tempat kediamannya yang berada di kawasan Depok, Jawa Barat.

Baca juga: Anies: 115 Orang Terkait Corona Dipantau di Jakarta

"Enggak usah khawatir, kita sudah melakukan sesuai prosedur mana yang harus disolasi, rumah mana yang harus disolasi itu tergantung tipikal kontaknya dan itulah yang paling penting," ucapnya.

Terawan mengatakan, virus Corona menyerang dua orang warga negara Indonesia anak, 31 tahun, dan ibu, 64 tahun. Mereka terinfeksi setelah berhubungan dengan seorang warga negara asing dari Jepang, sebelumnya berkunjung ke Malaysia. Ia mengaku sebagai teman dekat korban yang tinggal di kawasan Depok, Jawa Barat.

"Di sini (terinfeksi corona), ini (orang Jepang) kan teman dekatnya. Kalau teman dekatnya datangnya kemana dong? Ya ke rumah. Di sini daerah di rumahnya Depok, Jawa Barat," tuturnya.

Kedua korban dinyatakan terjangkit virus tersebut di Indonesia. Terawan menduga orang Jepang tersebut telah terinfeksi virus setelah menyelesaikan perjalanan dari Malaysia.

"Ya kan yang bawa orang Jepang tadi, dia kemudian tinggal di Malaysia. Sudah terinfeksi kehilatannya dari sodaranya. Nah yang saya terlusuri dia dimana dan bagaimana dia. nanti kita akan tanyakan ke orang Jepangnya," ujarnya. []

Baca juga: Kadispar DKI Optimis Corona Tak Pengaruhi Pariwisata

Berita terkait
Menteri Terawan Benarkan Dua Warga Depok Kena Corona
Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto mengatakan ada dua orang warga Depok terkena virus Corona.
Daftar 16 Negara Asia Belum Kena Virus Corona
Virus Corona atau Covid-19 belum menyebar di beberapa negara di Asia seperti Indonesia. Berikut daftarnya.
Jokowi Konfirmasi Dua Orang Positif Corona di Jakarta
Presiden Jokowi mengumumkan dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona di Jakarta.
0
Harga Anjlok, Penyuluh Rembang Beli dan Bagi Cabai
Prihatin dengan kondisi petani cabai, penyuluh pertanian di Rembang membeli cabai di atas harga tengkulak. Cabai kemudian dibagi gratis ke warga.