UNTUK INDONESIA
Daftar 16 Negara Asia Belum Kena Virus Corona
Virus Corona atau Covid-19 belum menyebar di beberapa negara di Asia seperti Indonesia. Berikut daftarnya.
WNI kru kapal pesiar Diamond Princess yang dinyatakan negatif virus corona tiba di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Senin, 2 Maret 2020. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja/wsj)

Jakarta - Virus Corona atau Covid-19 belum menyebar di beberapa negara di Asia seperti Indonesia. Namun, penyebaran infeksi Covid-19 tetap saja semakin mengkhawatirkan dunia. 

Jika penyakit menular itu masuk ke Korea Utara dan tidak terkendali, akan ada konsekuensi serius.

Untuk informasi, Corona pertama kali terdeteksi di Wuhan, Provinsi Hubei, China. Kini mulai menyebar luas sampai ke Eropa, Amerika, hingga wilayah Afrika bagian utara.

Bila mengutip dari data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu, 1 Maret 2020, Covid-19 sudah terdeteksi di 57 negara. Total 85.641 orang yang sudah terjangkit Covid-19, 2.933 orang meninggal dunia dan 39.485 orang sudah mulai sembuh.

China sebagai negara asal menjadi yang paling banyak terkena virus Corona, total sudah ditemukan 79.394 kasus dan korban meninggal dunia berjumlah 2.838 orang.

Menurut data WHO, masih ada sejumlah negara yang dilaporkan belum terpapar virus Corona. Seperti Indonesia yang berada di wilayah Asia belum ada laporan orang terjangkit Covid-19. Meski sudah ada sejumlah pasien suspect yang telah menjalani perawatan, dan hasilnya negatif terinfeksi virus Corona.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud MD sempat mengatakan belum ada pasien positif terjangkit virus Corona di Indonesia.

"Sekarang Indonesia menjadi salah satu negara yang masih nol. Coba kalau ada di mana itu virus corona," ujar Mahfud MD beberapa waktu lalu, seperti diberitakan Antara.

Indonesia kini tengah mengobservasi 188 Warga Negara Indonesia (WNI), anak buah kapal (ABK) World Dream di Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu. Selain itu 68 WNI di kapal Diamond Princess direncanakan akan menjalani observasi di Pulau Sebaru Kecil.

Selain Indonesia, Korea Utara (Korut) negara di Asia yang belum melaporkan kasus pasien positif virus corona. Negara yang dikenal dengan paham komunis ini sudah menutup perbatasan dan melarang masuk turis asing dari China untuk mencegah penyebaran virus corona.

Seperti diberitakan pada 14 Februari 2020, seorang pejabat Korut yang baru kembali dari China ditembak mati, karena pergi ke pemandian umum meski masih dalam masa karantina.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengeluarkan peringatan pada pertemuan Partai Buruh belum lama ini. Ia telah bersumpah akan menindak berdasar hukum militer bagi siapapun yang meninggalkan lokasi karantina tanpa izin.

Selain itu, Kim juga mengancam para pejabat tinggi partai akan mendapat konsekuensi serius, apabila virus Corona sampai masuk ke negara tersebut. 

Menurut dia, mencegah virus Corona adalah hal penting untuk melindungi warga negara, sehingga memerlukan kedisiplinan tinggi.

"Jika penyakit menular itu masuk ke Korea Utara dan tidak terkendali, akan ada konsekuensi serius," ucap Kim, beberapa waktu lalu.

Berikut daftar negara-negara di Asia yang dilaporkan belum terjangkit virus corona berdasarkan data WHO.

  1. Indonesia
  2. Korea Utara
  3. Arab Saudi
  4. Turki
  5. Laos
  6. Myanmar
  7. Bangladesh
  8. Mongolia
  9. Kazakhstan
  10. Uzbekistan
  11. Kyrgyzstan
  12. Tajikistan
  13. Turkmenistan
  14. Suriah
  15. Yordania
  16. Yaman
Berita terkait
Jokowi Konfirmasi Dua Orang Positif Corona di Jakarta
Presiden Jokowi mengumumkan dua orang Indonesia positif terjangkit virus Corona di Jakarta.
Kadispar DKI Optimis Corona Tak Pengaruhi Pariwisata
Kadispar Provinsi DKI Jakarta Cucu Ahmad Kurnia optimis virus Corona tidak akan memengaruhi kunjungan wisatawan ke Kepulauan Seribu.
Korban Meninggal Virus Corona Sudah Lebih dari 3.000
Jumlah korban yang meninggal akibat virus corona jenis COVID-19 terus melonjak.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China