UNTUK INDONESIA
Meningkat, PDP Corona di Pesisir Selatan 3 Orang
Jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, meningkat menjadi tiga orang.
Ilustrasi virus Corona atau Covid-19. (Foto: jdrf.org)

Pesisir Selatan - Tiga warga Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, dilaporkan berstatus sebagai pasien dalam pengawasan (PDP). Sedangkan jumlah orang dalam pemantauan (ODP) mencapai 11 orang.

Belum diketahui pasti kondisi pasien. Perkembangan lebih lanjut nanti pihak RSUP M Djamil yang akan memberikan keterangan resmi.

Menurut Kepala Bagian Humas Pessel Rinaldi Dasar, selain PDP dan ODP, saat ini juga terdapat 141 orang lainnya yang berstatus notifikasi. Mereka merupakan rombongan wali nagari dan perangkatnya yang baru pulang dari Pulau Jawa.

"Ya mereka masih notifikasi. Terdapat di 17 nagari yang baru pulang studi banding dari Jawa," katanya, Rabu, 25 Maret 2020.

Sementara itu, 11 OPD di Pessel tersebar di sejumlah kecamatan. Di antaranya, di Kecamatan Lengayang, Batang Kapas, Koto XI Tarusan, Bayang dan Basa Ampek Balai Tapan.

Sedangkan dari tiga orang yang berstatus PDP, dua diantaranya telah dirujuk ke RSUP M Djamil Padang. Kemudian satu PDP lainnya masih dirawat di RSUD M Zein Painan.

"Belum diketahui pasti kondisi pasien. Perkembangan lebih lanjut nanti pihak RSUP M Djamil yang akan memberikan keterangan resmi," katanya.

Pemkab Pessel sendiri telah menyurati seluruh camat agar tetap melakukan pemantauan terhadap 11 ODP tersebut. Kemudian juga melakukan penyemprotan desinfektan ke berbagai fasilitas umum seperti sekolah-sekolah, rumah ibadah dan pasar-pasar tradisional dan tempat-tempat keramaian lainnya.

Selain itu, Pemkab Pessel juga mendirikan posko siaga di depan Dinas Kesehatan Pessel. Serta meminta para wali nagari mengalokasikan dana desa untuk melakukan penyemprotan desinfektan.

"Salah satu penggunaan dana desa itu bisa untuk tanggap darurat. Ini kan salah satu contoh tanggap darurat, karena sudah wabah," katanya.

Kemudian, Pemkab Pessel juga pendataan terhadap seluruh warga yang baru saja datang dari zona merah corona. Sebab, cukup banyak warga asal Pessel yang pulang kampung akibat dampak covid-19 di perantauan. []


Berita terkait
Corona, Pedagang Hingga Nelayan di Pessel Menjerit
Wabah corona membuat pendapatan pedagang, tukang ojek, hingga nelayan di Pesisir Selatan, Sumatera Barat, merosot tajam.
Dampak Corona, KPU Pessel Tunda 4 Tahapan Pilkada
KPU Pesisir Selatan, Sumatera Barat menunda empat proses tahapan pilkada 2020. Hal ini sesuai dengan surat edaran dari KPU RI.
Lawan Covid-19 Relawan di Pessel Bagi-bagi Masker
Relawan Koalisi Masyarakat Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, membagikan 2.500 lembar masker pada pengendara.
0
Tiga Siasat Menkeu Jalankan APBN 2020 Saat Covid-19
Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemerintah mengambil tiga langkah kebijakan dalam menjalankan APBN di tengah pandemi virus corona.