Mengenang Sean Connery di Tempat Syuting Film James Bond

Mengenang langkah Sean Connery, Tagar ajak kembali ke lokasi syuting James Bond sekaligus lokasi wisata dunia.
Basilika Cistera di Istanbul, Turki. (Foto: Naeem Jaffer/Getty Images)

Jakarta - Sean Connery, aktor legendaris Skotlandia berpulang ke hadapan Tuhan. Pemeran James Bond pertama ini wafat meninggalkan jejak positif di dunia sinematik internasional.

Mengenang langkahnya, Tagar ajak kembali ke lokasi syuting film James Bond saat masih diperankan remaja pengantar susu di Edinburgh itu.

Lokasi-lokasi yang tak hanya cantik dan bersejarah, tetapi juga punya kenangan dengan aktor yang wafat di usia 90 tahun tersebut. Suatu saat nanti, ketika traveler mengunjungi negara di kawasan Eurasia, bisa mampir ke lokasi syuting film James Bond ini.

Di mana saja tempat-tempat itu, simak berikut ini ya!

Grand Bazaar

Terletak di kota kuno di Selat Bosporus, Istanbul. Grand Bazaar merupakan tempat syuting film seri ke-2 James Bond bertajuk From Russia With Love. James Bond di sini masih diperankan Sean Connery yang baru saja meninggal dunia pada pada Sabtu 31 Oktober 2020.

Mengenal Grand Bazaar tak bisa dijauhkan dengan pasar. Namun, tidak becek apalagi berlumpur. Pasar tradisional yang dibangun pada 1461 ini besar, meliputi 3.000 toko dengan akses sekitar 61 jalan.

Di pasar dengan luas 40.000 m2, banyak barang masih bisa ditawar. Adapun yang dijual meliputi oleh-oleh makanan khas Turki, suvenir, karpet, hingga karpet.

Ketika syuting di pasar di wilayah Turkei ini, Sean banyak melintasi Grand Bazaar, termasuk Hagia Sophia. Kebut-kebutan dan aksi laga di dua tempat bersejarah itu tak terelakan.

Grand BazaarGrand Bazaar di Istanbul, Turki. (Foto: wikipedia.org)

Hagia Sophia

Tempat syuting James Bond tak kalah melegenda lainnya dalam seri From Russia With Love adalah Hagia Sophia. Berdiri pada tahun 537, Hagia Sophia berfungsi sebagai katedral Ortodoks Timur, ketika kota itu disebut Konstantinopel dan merupakan ibu kota Kekaisaran Bizantium.

Empat abad kemudian, setelah Kekaisaran Ottoman menaklukkan Konstantinopel pada 1453, Hagia Sophia menjadi masjid. Menara pun didirikkan. Sekarang tempat itu menjadi museum, memesona dan mengesankan seperti Parthenon atau Colosseum.

Hagia SophiaHagia Sophia di Istanbul, Turki. (Foto: turkishairlines.com)

Basilika Cistera

Tak kalah bersejarah adalah Basilika Cistera, jalur bawah tanah berbentuk perairan yang bisa dipergunakan seseorang untuk masuk ke dalam gedung kuno tanpa terlihat dari jalan utama.

Lokasinya masih di Turki. Dalam film From Russia With Love, Sean Connery menyusuri Basilika Cistera untuk menyelinap masuk ke dalam gedung konsulat.

Basilika Cistera dibangun pada abad ke-5. Dikenal juga sebagai waduk raksasa berbentuk terowongan, yaitu memiliki panjang 453 kaki kali dan tinggi 213 kaki. Daya tampungnya mencapai 2,8 juta kaki kubik air.

Langit-langit tempat ini dihiasi oleh 336 kolom marmer, dua di antaranya berbentuk muka Medusa. Ketika mengunjungi Basilica Cistern, Anda akan seperti wisatawan yang teperangkap tak bisa ke mana-mana karena hanya ada satu jalan masuk dan keluar. Namun, perangkap yang cukup keren bukan?

Basilika CisteraBasilika Cistera di Istanbul, Turki. (Foto: Naeem Jaffer/Getty Images)

Las Vegas

Setelah diganti aktor George Lazenby di seri film James Bond ke-6, Sean Connery kembali lagi memerankan agen intelejen 007 pada seri ke-7 bertajuk Diamonds Are Forever.

Di sini, Sean yang berada di Amsterdam berpindah cepat dengan melakukan perjalanan ke Las Vegas untuk menggagalkan rencana jahat musuh lamanya, Blofeld.

Sean sempat terlihat dalam film di Hotel Tropicana yang mewah pada zamannya, kemudian bergeser ke The Riviera Hotel dan Circus Circus. Di kota ini juga, Sean sempat berada di arena striptis yang sekarang sudah ditutup, The Dunes.

Las VegasLas Vegas di Amerika. (Foto: Pixabay)

Berita terkait
Wisata Film: 5 Tempat Syuting Hollywood di Indonesia
Sineas lokal dan pembuat film dari Hollywood menjadikan sejumlah lokasi wisata di Indonesia sebagai tempat syuting.
Produsen Film Lokal Diminta Syuting di Desa Wisata, Manfaatnya?
Produsen atau komunitas film diminta bersinergi dengan pihak desa wisata.
5 Tempat Wisata di Swedia, Traveling Sambil Mengenal Sejarah
Bila berkesempatan traveling ke Swedia, coba mampir ke lokasi wisata sejarahnya. Bayangkan melihat kapal abad ke-17 atau lukisan asli Picasso.
0
Menperin: Industri Kosmetik dan Produk Wellness Perlu Beradaptasi
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan,Untuk terus bertahan, industri kosmetik dan produk wellness perlu terus beradaptasi.