Mengenal Songsui, Makanan Non Halal dari Bangka

Masakan Bangka Belitung yang memiliki cita rasa gurih dan berkuah yang patut dicoba.
Songsui. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Keberagaman etnis di Provinsi Bangka Belitung yang hidup berdampingan dan harmonis membuat perpaduan kebudayaan yang kental antara Melayu dan Tionghoa. Bahkan, masakan khas Bangka Belitung dibedakan menjadi 2 jenis yaitu masakan Melayu dan masakan Tionghoa. Namun, biasanya masakan Melayu jarang ditemui di luar daerah, berbeda dengan masakan Tionghoa yang tersebar hingga ke pulau Jawa.

Masakan Bangka Belitung yang memiliki cita rasa gurih dan berkuah yang patut dicoba adalah Songsui. Nama Songsui berarti kuah jeroan babi. Songsui termasuk makanan non halal yang terbuat dari campuran daging babi, jeroan babi, hati babi, sawi, dan telur setengah matang. Setelah itu, disiram kuah kaldu dengan tambahan bawang goreng di akhir.

Saat menyantap Songsui, bisa menambahkan kecap asin khas Bangka yang terbuat dari potongan cabe rawit, perasan jeruk, dan kecap asin. Saus cocolan ini dapat tersaji dalam bentuk encer dan kental, tergantung selera masing-masing.

Di Jakarta sendiri salah satu tempat yang menjual Songsui adalah Songsui ‘Hok Lopan’ Sungai Liat (Pasar) di Jl. Hadiah daerah Jelambar, Jakarta Barat. Di tempat ini selain menjual Songsui, mereka juga menyediakan bubur darah babi khas Bangka bernama Cufungmoi.

Di sana, pengunjung bebas memesan Songsui setengah porsi atau satu porsi. Jika melakukan pemesanan online, semangkuknya seharga 45.000, sedangkan Songsui mie Rp 32.000. Sementara jika Anda pergi ke tokonya langsung, menurut Traveloka, semangkuknya seharga Rp 25.000.

Tempat kedua yang dapat dikunjungi adalah Songsui “Hadiah” Tommy Bangka yang terletak di Jl. Raya Daan Mogot No. 37B, RT/RW 7/1, Tanjung Duren Utara, Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Harga satu mangkuknya kisaran Rp 27.000 hingga Rp 32.000. Salain itu mereka juga menyediakan daging Songsui berukuran besar seharga Rp 58.000 jika melalui pemesanan online. []

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga








Berita terkait
Makanan Nusantara, 7 Kuliner Jakarta yang Wajib Dicicipi
Kuliner merupakan salah satu hal yang tidak boleh tertinggal saat kalian mengunjungi atau berlibur ke suatu daerah. Berikut 7 kuliner Jakarta.
5 Kuliner Nusantara yang Wajib Dicoba Orang Indonesia
Makanan khas Nusantara sudah pasti dikenal dengan cita rasanya yang enak menggugah selera. berikut kulinernya yang wajib Anda coba.
5 Kota di Indonesia Miliki Kuliner Khas yang Mudah Ditemukan
Indonesia memiliki kuliner khas daerah masing-masing yang mempunyai ciri khas tersendiri yang membuatnya jadi unik. Berikut kota yang memilikinya.
0
Ini Alasan Mengapa Pemekaran Provinsi Papua Harus Dilakukan
Mantan Kapolri ini menyebut pemekaran wilayah sebenarnya bukan hal baru di Indonesia.