Pemerintah Kota Makassar

Mengenal Sejarah Mata Uang Amerika

Ketika uang kertas dikeluarkan di Amerika, hal ini menjadi yang pertama disahkan oleh pemerintah di dunia Barat.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Uang kertas yang dikeluarkan oleh Massachusetts Bay Colony pada tahun 1690 adalah uang yang pertama disahkan oleh pemerintah mana pun di dunia Barat. Uang kertas kolonial hingga Mata Uang Kontinental ini banyak difitnah "bank rusak" sebelum Perang Saudara, uang kertas secara luas tidak dipercaya di Amerika awalnya. Hanya dengan meningkatnya kontrol pemerintah Federal atas uang kertas selama dan setelah Perang Saudara, mata uang kertas secara bertahap mendominasi.

Ketika uang kertas dikeluarkan di Amerika, hal ini menjadi yang pertama disahkan oleh pemerintah di dunia Barat. Koloni Teluk Massachusetts membiayai ekspedisi militer ke Kanada pada tahun 1690 dengan mengeluarkan tagihan kredit. Kampanye militer berikutnya dan pengeluaran lain oleh Koloni lain didanai dengan cara yang sama. Pada saat Perang Revolusi, masing-masing dari tiga belas pemerintah koloni telah mengeluarkan masalah mata uang mereka.

Kongres Kontinental, persatuan bekas koloni dalam pemberontakan melawan monarki Inggris, memperkenalkan uang kertas nasional Amerika pertama pada tahun 1775, mencoba untuk memenuhi pengeluaran militer. Namun, dukungan emas untuk masalah tersebut tidak pernah muncul, dan Mata Uang Kontinental ini dengan cepat mendevaluasi. Kongres meminta negara bagian untuk menebusnya, tetapi mereka sendiri mengalami kesulitan keuangan. Tetapi, masing-masing negara bagian mengeluarkan uang kertas mereka sendiri untuk menutupi biaya pemerintah dan militer mereka.

Inggris melarang peredaran uang pemberontak di daerah yang mereka duduki dan yang ingin mencoba merusak ekonomi Amerika dan kepercayaan publik dengan mengeluarkan uang palsu. Pada tahun 1780, keadaan ekonomi digabungkan untuk menyebabkan pengurangan uang kertas menjadi seperempat puluh dari nilai nominal aslinya, dan Kongres berhenti mencetaknya.

Uang kertas yang dikeluarkan oleh Kongres menjadi tidak berharga pada akhir perang, ketika ungkapan "Kontinental tidak bernilai" adalah hal biasa. Sebagian besar dicetak oleh penerus firma yaitu Franklin. Pada tahun 1776, "denominasi satu dolar" ditinggalkan untuk mengantisipasi pencetakan koin yang dimaksudkan bernilai sepotong 8 real Spanyol kala itu.

(Ghariza Syifa Riyashi)


Baca Juga



Berita terkait
Sejarah Euro, Mata Uang Finlandia
Finlandia bergabung dengan Fase Ketiga EMU pada Mei 1998 pada Mei 1998 dan mengadopsi mata uang bersama, euro, pada 1999.
Mengenal Rupee, Mata Uang Negara India
Rupee yang kita simpan di saku kita memiliki masa lalu yang aneh atau membingungkan.
Mengenal Mata Uang Vietnam, Dong dan Sejarahnya
Mata uang Dong Vietnam diperkenalkan di Vietnam Selatan dan diedarkan pertama kali pada tahun 1952.
0
Apa Itu Kripto dan Bagaimana Cara Transaksinya?
Investor bisa memantaunya setiap saat di internet untuk mengetahui dimana harga bitcoin yang paling bersaing.