Mengenal Lebih Jauh Jenis-jenis Cashback

Masih ada banyak jenis cashback, pada dasarnya semuanya tergantung dari bagaimana kebijakan perusahaan yang memberikannya.
Jenis-jenis cashback (Foto: Tagar/Freepik/Vidistudio)

Jakarta – Istilah cashback sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat zaman sekarang. Cashback merupakan sebutan untuk penawaran kepada pembeli akan mendapatkan persentase pengembalian uang baik secara virtual, tunai, atau produk tertentu yang memenuhi persyaratan pembelian yang ditentukan toko.

Cashback awalnya berbentuk voucher sebelum adanya aplikasi fintech. Saat ini cashback tidak lagi diberikan pengembalian uang tunai. Namun cashback diberikan dalam bentuk deposit. Metode cashback banyak digunakkan di beberapa gerai makanan, toko, hingga e-commerce.

Pemberian deposit dalam cashback bertujuan agar pembeli mau membeli lagi dengan memanfaatkan deposit tadi kepada pihak pemberi cashback. Untuk mengenal lebih jauh, inilah jenis-jenis cashback.


Cashback E-Commerce

Promo cashback yang di e-commerce bukan pengembalian uang tunai atau virtual, namun cashback yang bisa Anda gunakan untuk pembelian berikutnya. Anda mendapatkan potongan harga beberapa persen sesuai dengan nilai cashback yang Anda dapatkan, tergantung ketentuan dan syarat toko yang bersangkutan. 

Metode cashback ini sangat menguntungkan pembeli atau pemilik toko. Dari sisi pembeli bisa lebih menghemat uang pada pembelian selanjutnya, sedangkan dari pihak online shop tentunya akan mendapatkan pelanggan yang loyal untuk toko onlinenya


Cashback Kartu Kredit

Program strategi yang diadakan bank memberikan keuntungan pengembalian uang, jika Anda mencapai nilai transaksi tertentu. Jenis cashback ini juga memberikan diskon dari hasil pembelanjaan Anda. 

Semakin besar transaksi yang Anda lakukan, maka akan semakin besar juga nilai pengembalian uang yang bisa Anda dapatkan. Besaran cashback tergantung dari kebijakan yang ditentukan bank. Jika tertarik, Anda harus cermat memilih kartu kredit yang bisa memberikan promo cashback paling besar namun dengan syarat-syarat yang tidak memberatkan Anda.


Cashback Properti

Jenis cashback ini dikeluarkan oleh pengembang properti yang akan mendatangkan keuntungan. Cashback akan diberikan jika Anda mau membeli properti yang dijual seperti rumah, ruko, apartemen dan sebagainya. 

Pihak pengembang memberikan cashback dalam bentuk barang-barang rumah tangga misalnya: Kulkas, AC, Mesin cuci, Tv dan bahkan pengembang memberikan cashback berupa kendaraan jika harga properti sangat mahal. Strategi dengan cashback ini ampuh memikat pembeli. Karena pembeli menilai mendapatkan penghematan dari pembelian properti.


Cashback Kendaraan Bermotor

Program cashback ini diadakan oleh perusahaan leasing. Dengan memberikan keuntungan yang mana perusahaan leasing tersebut akan memberikan cashback jika pembeli berhasil membeli kendaraan yang dijual. 

Biasanya bentuk cashback yang diberikan berupa alat elektronik seperti: Smartphone, laptop, tablet, konsol, tablet dan sebagainya. Bahkan ada pihak leasing yang memberikan cashback berupa kendaraan lainnya, misalnya Anda membeli mobil dan cashback motor.

Masih ada banyak jenis cashback, pada dasarnya semuanya tergantung dari bagaimana kebijakan perusahaan yang memberikannya. Dari pemaparan jenis-jenis cashback dapat dipahami bahwa cashback dapat dirasakan siapapun yang berhasil memenuhi persyaratannya.[]


(Egy Setya Ramadhan)

Baca Juga:

Berita terkait
Hore, Ahok Bagi Cashback BBM Pertamina Buat Ojol
Komisaris Utama PT Pertamina (Persero) Basuki Tjahaja Purnama akrab disapa Ahok membagi promo cashback kepada ojol selama masa pandemi Covid-19.
IFRA Membuka Luas Peluang Bisnis Waralaba dan Lisensi di Akhir Tahun
Dyandra Promosindo bersama dengan Asosiasi Franchise (AFI) dan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) memperpanjang IFRA Hybrid Business Expo.
3 Cara Menangani Keuangan Setelah Menikah
Terlepas dengan cara apa yang kamu pilih, penting untuk setiap pasangan bekerja sama menemukan solusi yang sama-sama nyaman.
0
Mengenal Lebih Jauh Jenis-jenis Cashback
Masih ada banyak jenis cashback, pada dasarnya semuanya tergantung dari bagaimana kebijakan perusahaan yang memberikannya.