Ternyata Ada 5 Jenis Cashback yang Harus Diketahui

Cashback dari e-wallet atau dompet digital merupakan yang paling dinantikan para generasi milenial.
Cashback (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Jika kamu seorang yang senang berbelanja atau bertransaksi jual beli, pastinya tidak asing dengan istilah cashback. Istilah ini kian ramai menjadi incaran terutama untuk para shopaholic yang kesulitan menahan berbagai promo menarik.

Cashback sendiri merupakan pengembalian sejumlah uang tunai atau virtual setelah kamu berbelanja dengan ketentuan tertentu. Cashback juga biasanya memiliki jumlah maksimal pengembalian.

Berikut adalah 5 jenis cashback yang harus kamu ketahui.


1. Cashback Kartu Kredit

Program cashback dari kartu kredit ini rupanya sangat menguntungkan. Tidak hanya berupa pengembalina uang, tapi juga bisa berupa potongan harga dari transaksi pembelanjaan. Keuntungan lainnya juga cashback kartu kredit ini dapat diakumulasikan, jadi kamu dapat menggunakannya untuk bayar iuran atau belanja.


2. Cashback Properti

Pada cashback jenis ini, biasanya dikeluarkan oleh pihak developer atau perusahaan properti untuk menarik minat calon konsumennya. Namun cashback ini terkadang unik karena berupa barang pelengkap untuk keperluan properti, seperti kulkas, AC, lemari, dan sebagainya. Bahkan ada yang memberikan cashback dalam bentuk motor dan mobil.


3. Cashback Toko Online

Cashback online shop merupakan cashback yang paling banyak dinikmati masyarakat. Keuntungannya kurang lebih sama dengan cashback kartu kredit, kamu akan mendapatkan uang setelah transaksi jual beli. Pada cashback jenis ini juga terdapat persyaratan dan ketentuan berlaku, serta terdapat jumlah maksimal cashback.


4. Cashback Leasing Kendaraan Bermotor

Jika cashback properti dikeluarkan oleh developer atau perusahaan properti, cashback kendaraan bermotor dikeluarkan oleh suatu perusahaan pembiayaan atau leasing. Biasanya cashback yang diberikan berupa smartphone¸laptop, dan ada juga yang mendapatkan cashback berupa kendaraan pula.


5. Cashback dari e-Wallet

Cashback dari e-wallet atau dompet digital merupakan yang paling dinantikan para generasi milenial. Pasalnya banyak dari mereka yang sudah menggunakan e-wallet seperti Dana, Go-Pay, Shoppe-Pay, Ovo, Link-Ajam dan lain sebagainya. Tawaran cashback yang diberikan juga beragam, dari 20-80%. Meskipun demikian, tetap akan ada batas maksimal cashback yang diberlakukan.

Itulah tadi 5 jenis cashback yang harus kamu ketahui ketika melakukan transaksi jual beli. Pastikan perhatikan dan baca syarat dan ketentuan berlaku, agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam transaksi jual beli.[]


(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
Jenis Instrumen dari Pasar Uang yang Perlu Diketahui
Di dunia investasi, pengertian pasar uang adalah kegiatan perdagangan surat berharga (efek) untuk memenuhi permintaan dan penawaran/
Inilah Tips Jitu Mengenalkan Anak Soal Uang
Mengenalkan soal uang tidak diajarkan di sekolah. Pengetahuan itu akan lebih terasah saat anak Anda duduk di bangku sekolah.
6 Cara Sederhana Mengelola Uangmu Lebih Baik
Hidup akan jauh lebih mudah ketika memiliki keterampilan keuangan yang baik. Menjadi pengelola keuangan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan.
0
Ternyata Ada 5 Jenis Cashback yang Harus Diketahui
Cashback dari e-wallet atau dompet digital merupakan yang paling dinantikan para generasi milenial.