Mengenal Dogecoin, Uang Kripto Fenomenal yang Berawal dari Lelucon

Sebelum berinvestasi di Dogecoin atau cryptocurrency lainnya, penting bagi Anda untuk memahami sepenuhnya tentang apa yang akan Anda investasikan.
Dogecoin. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Dogecoin adalah cryptocurrency yang didirikan oleh dua insinyur perangkat lunak pada tahun 2013. Meskipun awalnya dibuat sebagai lelucon, mata uang digital ini telah mendapatkan popularitas yang luar biasa pada tahun 2021, dogecoin mengalami kenaikan harga yang luar biasa.

Sebelum berinvestasi di Dogecoin atau cryptocurrency lainnya, penting bagi Anda untuk memahami sepenuhnya tentang apa yang akan Anda investasikan. Dalam artikel ini, Anda akan mengetahui sejarah, fitur penting Dogecoin serta apa yang membuat Dogecoin begitu populer.


1. Apa itu Dogecoin?

Dogecoin adalah cryptocurrency peer-to-peer open source yang didirikan pada tahun 2013 oleh insinyur perangkat lunak Billy Markus dan Jackson Palmer. Mirip dengan cryptocurrency lainnya, Dogecoin berjalan dengan teknologi blockchain.

Dogecoin sebenarnya dimulai sebagai lelucon, dan itu ada selama bertahun-tahun dengan sedikit perhatian publik. Peningkatan popularitasnya bertepatan dengan peningkatan investasi ritel selama pandemi serta seringnya promosi yang dilakukan oleh pengusaha terkenal Elon Musk di twitternya. Faktanya, harga Dogecoin meningkat lebih dari 15.700% dari pada 8 Mei 2021.


2. Fitur khusus Dogecoin

Dogecoin memiliki beberapa fitur penting yang membedakannya dari mata uang digital lainnya. Pertama, tidak ada jumlah terbatas Dogecoin yang dapat ditambang. Ini sangat berbeda dari Bitcoin, cryptocurrency paling populer hingga saat ini, yang memiliki batas 21 juta koin seumur hidup. Namun, jumlah Dogecoin yang tak terbatas bisa membuat terjadi inflasi sewaktu-waktu.

Fitur lain yang membedakan Dogecoin dari cryptocurrency populer lainnya seperti Bitcoin adalah cara menambangnya. Dogecoin dapat ditambang secara signifikan lebih cepat daripada beberapa mata uang digital lainnya.


3. Total supply Dogecoin

Ketika awal dogecoin dibuat dan diumumkan akan ada pasokan maksimum 100 miliar koin. Sejak itu, para pendiri telah memutuskan untuk menghilangkan angka maksimal tersebut, dan memungkinkan jumlah koin yang tak terbatas. Pada 14 Juni 2021, ada sedikit lebih dari $130 miliar Dogecoin yang beredar.


4. Elon Musk

2021 telah menjadi tahun yang memecahkan rekor bagi Dogecoin. Lonjakan harga Dogecoin pada tahun 2021 dapat dikaitkan dengan berbagai faktor. Pertama, investasi ritel telah meningkat secara signifikan sepanjang tahun 2020 dan 2021.

Tidak hanya itu, banyak yang berpendapat bahwa kenaikan popularitas Dogecoin tak luput karena pengusaha fenomenal Elon Musk. Elon sering men-tweet tentang mata uang digital ini. Dia menarik perhatian khusus ke Dogecoin pada 11 Mei 2021, ketika dia men-tweet polling yang menanyakan apakah Tesla harus mulai menerima Dogecoin.

Kemudian di bulan itu, Elon mengatakan bahwa dia bekerja sama dengan pengembang Dogecoin untuk melakukan perbaikan dan menciptakan efisiensi dengan koin itu. Hal ini sontak menarik banyak minat investor untuk berinvestasi di Dogecoin. []

(Fauzi Maulana Rizqi)


Baca Juga:

Berita terkait
Ini Daftar Exchanges Aset Kripto yang Terdaftar di BAPPEBTI
Hal ini juga bertujuan agar menumbuhkan kepercayaan dan keamanan bagi masyarakat yang ingin berinvestasi dan bertransaksi.
3 Fakta Menarik Tentang Cryptocurrency atau Kripto
Kripto menarik bagi penggemarnya karena berbagai alasan. Alasan paling populer karena melihat mata uang kripto ini sebagai mata uang masa depan.
Ingin Investasi di Kripto? Perhatikan 6 Hal Ini
Karena yang paling populer dari kripto bitcoin dan Ethereum, kamu bisa mulai membeli koin dalam beberapa cara.
0
Staf Medis Maradona Akan Diadili Atas Kematian Legenda Sepak Bola Itu
Hakim perintahkan pengadilan pembunuhan yang bersalah setelah panel medis temukan perawatan Maradona ada "kekurangan dan penyimpangan"