Mengenal 7 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C

Ada beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C yang memiliki manfaat bagi tubuh selain jeruk. Berikut ulasannya.
Ilustrasi - Buah yang mengandung vitamin C. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Selama masa pandemi Covid-19, konsumsi vitamin, terutama vitamin C sangatlah diperlukan untuk meningkatkan imunitas. Ada beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C yang memiliki manfaat bagi tubuh, selain jeruk.

Vitamin C juga berfungsi untuk membentuk protein penting untuk produksi kuit, tendon, ligamen, dan pembuluh darah, penyerapan zat besi. Vitamin yang larut dalam air larut dalam air. 

Jeruk selama ini dikenal sebagai sumber vitamin C. Berdasarkan Webmd, jeruk berukuran sedang mengandung 70 mg. Namun selain jeruk, ada juga sumber buah yang mengandung vitamin C


1. Lemon

Lemon juga termasuk buah yang mengandung vitamin c. Lemon mengandung 77 mg vitamin C per 100 gram. Vitamin C dalam jus lemon juga bertindak sebagai antioksidan.


2. Kiwi

Buah berwarna hijau terang atau kuning ini mengandung 70 mg vitamin C dalam satu kiwi ukuran sedang. Kiwi juga mengandung serat tinggi, flavooids, carotenoid yang bisa membantu melindungi sel. 


3. Nanas

Mengutip dari Food NDTV, Nanas kerap kali diremehkan karena rasanya yang asam dan juga kulitnya yang buruk. Namun nanas adalah pembangkit tenaga nutrisi dan buahnya mengandung sejumlah besar vitamin C. 


4. Stroberi

Secangkir stroberi mengandung 85 mg vitamin C. Selain jadi buah yang mengandung vitamin c, stroberi juga dikenal sebagai camilan rendah kalori dan tinggi serat serta berbagai antioksidan. 


5. Pepaya

Setiap cup pepaya mengandung vitamin C yang sangat tinggi yaitu sekitar 90 mg. Pepaya juga kaya akan karoten, flavonoid, vitamin B, folat, potasium, magnesium, dan serat. Kombinasi nutrisi ini juga bagus untuk jantung dan bisa membantu melindungi tubuh dari kanker kolon. 


6. Jambu biji 

Satu buah jambu biji, dengan berat 100 gram, memiliki lebih dari 200mg kandungan Vitamin C (sesuai USDA), yang hampir dua kali lebih tinggi dari jeruk. 


7. Melon oranye (Cantaloupe

Buah ini memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak misalnya karotenoid, vitamin C, potasium, magnesium, copper, flavonods. Seain itu, melon ini juga mengandung 30 mg vitamin C per 1/2 cupnya. 

Nah, itulah sejumlah buah yang mengandung vitamin C yang bisa Anda konsumsi selain jeruk. []

Berita terkait
Tips Vitamin dan Asupan Selama Isolasi Mandiri
Suplemen vitamin untuk isolasi mandiri dapat membantu meningkatkan sistem imun serta melawan penyakit, salah satunya vitamin D.
Ini 10 Vitamin dan Suplemen Penangkal Covid-19
Vitamin atau suplemen menjadi alternatif untuk menangkal virus Covid-19 yang saat ini sedang melonjak drastis di Indonesia.
Cegah Osteoporosis, 5 Vitamin untuk Tulang dan Otot
Vitamin untuk Tulang dan Otot Tulang berfungsi membentuk tubuh menghasilkan sel darah merah, menyimpan mineral penting, dan melindungi organ vital.
0
Mengenal 7 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C
Ada beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C yang memiliki manfaat bagi tubuh selain jeruk. Berikut ulasannya.