Pemerintah Kota Makassar

Mengapa GR Yaris Menjadi Incaran di Seluruh Dunia?

Toyota Indonesia menerangkan jika sudah ada lebih dari 600 orang yang mengisi surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk Toyota GR Yaris.
Toyota GR Yaris. (Foto: Tagar/carpixel)

Jakarta – Toyota Indonesia menerangkan jika sudah ada lebih dari 600 orang yang mengisi surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk Toyota GR Yaris. Namun diketahui jika Indonesia hanya mendapatkan jatah GR Yaris ini sebanyak 126 unit dari total 25.000 di seluruh dunia.

Pihak Toyota sendiri memberikan keterangan jika pemilihan pembeli dari GR Yaris ini akan menggunakan sistem undian. Sistem undian ini digunakan oleh toyota supaya konsumen tidak merasa dicurangi jika tidak mendapat mobil tersebut.

Toyota Indonesia juga menyadari jika terdapat kemungkinan pemenang undian untuk menjual kembali GR Yaris yang dia dapatkan. Oleh karena itu toyota juga berharap jika pemenang undian tersebut nantinya akan menggunakan mobil ini bukan untuk dijual kembali.

“Kita mengingatkan diler untuk berbicara dengan customer supaya menggunakan GR Yaris yang didapatkan dengan cara diundi,” ujar Anton Jimmi Suwandy selaku Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor.

Diketahui jika Toyota GR Yaris ini akan dibandrol dengan harga RP 850 jutaan, harga tersebut bisa dikatakan yang cukup mahal untuk sebuah Toyota Yaris. Pihak toyota sendiri juga menjelaskan jika mobil ini baru akan dikirimkan ke konsumen mulai bulan November 2021 ini.

Lantas apa yang membuat Toyota GR Yaris ini menjadi rebutan konsumen di seluruh dunia. Diketahui Toyota GR Yaris ini bukan lah sebuah mobil Yaris biasa seperti yang ada dipasaran, mobil ini merupakan mobil homologasi untuk ikut ajang balam rally yaitu WRC.

Mobil homologasi merupakan suatu mobil yang diciptakan khusus untuk memenuhi persyaratan mengikuti suatu ajang balap. Beberapa balapan dunia mempunyai ketentuan homologasi dimana produsen harus menjualan mobil yang sama persis dengan yang digunakan pada ajang balap tersebut sebanyak ketentuan dari ajang tersebut.

Dengan kata lain GR Yaris merupakan suatu mobil balap asli yang diciptakan oleh produsennya langsung dan mempunyai izin untuk digunakan di jalanan umum. 

Jika dilihat dari beberapa mobil homologasi yang sudah ada, kebanyakan mobil tersebut menjadi sebuah mobil legenda dan memiliki harga yang cenderung naik drastis.

Oleh karena itu sebagian dari pemilik GR Yaris ini juga mengharapkan hal tersebut dan menganggap jika mobil ini adalah sebuah investasi masa depan. Namun bukan hanya karena hal tersebut yang menjadikan mobil ini diperebutkan di seluruh dunia, mobil ini juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan mobil lain.

Karena mobil ini sejatinya adalah mobil ballap rally, sektor mesin dan kaki-kaki pada mobil ini bisa dibilang menjadi salah satu daya tarik GR Yaris. Mobil ini dibekali dengan mesin 1.618 cc tiga silinder dengan kode mesin G16E-GTS yang dibekali turbo.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan yang menghasilkan 268-272 HP @6.500 RPM dan 360-370 NM @3.000–4.600 RPM. Selain itu keistimewaan mobil ini juga mendapatkan fitur “GR-FOUR” yaitu berpenggerak full-time 4WD.

Mobil ini sendiri memiliki dimensi yang cukup compac dengan panjang 3,995 mm lebar 1,805 mm dan tinggi 1,455 mm. Untuk panjang wheelbase dari mobil ini adalah 2,560 mm dan diberikan ban standar berukuran 225/40R18. Karena dibuat dengan peraturan rally WRC, mobil ini tentunya diberikan kaki-kaki yang lebih bagus dan tahan dalam jangka waktu lebih lama.

Untuk bagian interior mobil ini bisa dibilang cukup basic dan ada beberapa fitur yang diganti ataupun dihilangkan. GR Yaris ini hanya dikeluarkan dalam satu versi dan memiliki dua pilihan warna yaitu Emotional Red 2 dan Platinum White Pearl MC.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Ingat! Ini Tips Parkir Mobil dalam Waktu yang Lama
Mobil merupakan salah satu kendaraan yang umum digunakan oleh sebagian besar orang saat ini. Berikut tips jika kalian ingin memarkirkan mobil.
Ganjil Genap Motor-Mobil Jalur Puncak Berlaku Hari Ini
Satlatnas Polres Bogor menyebutkan, ganjil genap Puncak diberlakukan tanggal 19-20 Oktober 2021.
5 Tips Agar Mobil Hemat Bahan Bakar
Selain pemeliharaan, ternyata gaya berkendara juga bisa memengaruhi penggunaan bahan bakar.
0
Mengapa GR Yaris Menjadi Incaran di Seluruh Dunia?
Toyota Indonesia menerangkan jika sudah ada lebih dari 600 orang yang mengisi surat pemesanan kendaraan (SPK) untuk Toyota GR Yaris.