5 Tips Agar Mobil Hemat Bahan Bakar

Selain pemeliharaan, ternyata gaya berkendara juga bisa memengaruhi penggunaan bahan bakar.
ilustrasi pengisian bensin mobil. (Foto; Tagar/Ist)

Jakarta - Penggunaan bahan bakar saat ini telah masuk dalam list pemeliharaan kendaraan yang bersifat wajib dan selalu diperhatikan. Selain pemeliharaan, ternyata gaya berkendara juga bisa memengaruhi penggunaan bahan bakar.

Tak dapat dipungkiri bahwa tidak hanya faktor eco driving saja yang mempengaruhi kehematan bahan bakar. Terdapat faktor lain yang jadi penentu juga untuk menghemat bahan bakar di mobil kesayangan Anda.

Berikut tips menghemat bahan bakar mobil Anda yang dikutip dari halaman resmi Goodyear:


1. Periksa tekanan angin ban

Tips pertama ini kerap diabaikan dan dilupakan sebagaian pemilik kendaraan. Pastikan tekanan ban normal dan sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

Jangan sampai ban kekurangan angin karena permukaan ban yang menapak di jalan akan menopang berat kendaraan dan tentunya dapat mengakibatkan pemborosan bahan bakar.


2. Jangan membawa beban berlebihan

Ketika bobot kendaraan melebihi seharusnya, mesin akan bekerja ekstra serta menyebabkan resiko pemakaian bahan bakar lebih terkuras.


3. Bijak dan efektif penggunaan AC

Ketika AC mobil dinyalakan, tenaga dari mesin mobil akan terkuras sebanyak 5PK untuk menggerakan keseluruhan sistem saluran AC. Optimalkan konsumsi bahan bakar dengan menggunakan dengan bijak sistem kinerja AC yang efektif.


4. Rutin cek filter udara

Cek selalu komponen filter udara untuk hasil pembakaran dan konsumsi BBM yang mengagumkan. Pasalnya filter bahan bakar berguna untuk menyaring udara kotor dan debu yang semakin lama akan menjadi kotor dan tersumbat.

Ketika filter tersumbat akan menyulitkan mesin untuk menghisap udara bersih karena terhambat oleh kotoran tersebut.


5. Melakukan servis berkala

Melakukan service berkala secara rutin ternyata sangat berpengaruh terhadap performa dan konsumsi bahan bakar. Sebab seluruh komponen mesin akan dicek dan dibersihan untuk mengembalikan performa kendaraan.

Begitu performas mesin kembali prima, secara tidak langsung akan berpengaruh terhadap sistem pembakaran mesin dan membuat konsumsi bahan bakar jauh lebih irit. []

Berita terkait
Tips Pilih Mobil untuk Merintis Usaha
Pemilihan kendaraan operasional akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran usaha, biaya operasional dan keuntungan yang diperoleh.
Swiss Segera Luncurkan Pengisi Daya Mobil Listrik Tercepat
Perangkat ini dapat mengisi penuh mobil listrik apapun dalam waktu 15 menit
Cara Pengisian Bahan Bakar Mobil Listrik
Belakangan ini pengusaha di Indonesia banyak menggunakan mobil dengan bahan bakar listrik. berikut cara pengisian bahan bakar mobil listrik.
0
5 Tips Agar Mobil Hemat Bahan Bakar
Selain pemeliharaan, ternyata gaya berkendara juga bisa memengaruhi penggunaan bahan bakar.