UNTUK INDONESIA
Menelusuri Tiga Destinasi Wisata Hutan Kota Tangsel
Kota Tangerang Selatan atau Tangsel menyimpan destinasi wisata hutan kota yang menarik untuk ditelusuri. Beragam fasilitas siap memanjakan.
Menelusuri Tiga Destinasi Wisata Hutan Kota Tangsel. (Foto: Tagar/Alfi)

Tangerang Selatan - Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai kota perdagangan dan jasa, membutuhkan destinasi wisata dalam kota yang dekat dan hemat.

Hutan kota atau taman kota bisa menjadi alternatif pilihan masyarakat untuk sekedar bersantai dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel cukup serius membuat destinasi wisata dalam kota dengan merenovasi tiga hutan kota yang ada di Kota Tangsel.

Berikut Tagar ulas tigataman atau hutan kota yang bisa menjadi destinasi wisata akhir pekan bersama keluarga atau kekasih hati.

1. Taman Kota 1

Hutan Kota 1Menelusuri Tiga Destinasi Wisata Hutan Kota Tangsel. (Foto: Tagar/Alfi)

Destinasi pertama hutan kota yaitu Taman Kota 1 yang berlokasi di Jalan Letnan Sutopo BSD City, Serpong, Kota Tangsel. Berlokasi dipinggir jalan utama membuat banyak orang berkunjung ke tempat ini.

Taman Kota 1 BSD City dibangun pada tahun 2004  dengan luas lahan 2,4 hektar, arena silam. Di dalam taman kota ditumbuhi lebih dari 60 jenis tanaman dan pohon.

Pada tahun 2019 akhir, Pemkot Tangsel melalui Dinas Lingkungan Hidup Tangsel melakukan revitasliasi fasilitas taman. Pada 2 Februari 2020 Taman Kota 1 kembali diresmikan oleh Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Tampilan baru Taman Kota 1 kini cukup baik dengan ada beberapa renovasi seperti jogging track, musholla, toilet, play ground untuk anak, bangku taman, dan juga ada bagian plaza di depan pintu masuk dengan tambahan amphitheatre.

Toto Sudarto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Tangsel menjelaskan bahwa dengan adanya perbaikan ini ruang terbuka hijau di Tangsel akan tercukupi dan bisa dimanfaatkan untuk komunitas dan juga olahraga.

"Dengan ada taman kota ini maka Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Tangsel bisa tercukupi sehingga masyarakat bisa menikmati kawasan hijau di daerah sendiri," ucapnya.

2. Taman Kota 2

Hutan Kota 2Menelusuri Tiga Destinasi Wisata Hutan Kota Tangsel. (Foto: Tagar/Alfi)

Destinasi taman atau hutan kota selanjutnya yaitu Taman Kota 2 yang kini terintegrasi dengan kawasan Jaletreng River View, destinasi wisata di Kota Tangsel yang memadukan hutan kota, perbukitan, dan sungai.

Memiliki luas 7,2 hektare di kawasan ini memiliki beragam fasilitas seperti jogging track, gazebo, musholla, toilet, bangku taman, dan jembatan. Buat penyuka musik disediakan panggung dengan amphitheatre gelanggang seni dan budaya. Ada juga wahana anak, seperti kuda, motor trail mini, dan atv.

Salah satu pengunjung di Jaletreng River View yaitu Rahman Deni, 29 tahun, warga Pamulang yang menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Rahman memboyong anak dan istrinya ke kawasan ini karena sang anak ingin menaiki kuda.

Ia mengatakan Taman Kota 2 sudah menjadi tempat liburan favorit bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan. Selain murah dan dekat dengan rumah, banyak pilihan permainan untuk anak dan ragam kuliner.

"Kalau ke sini memang sering dan hampir sebulan sekali. Ya karna deket juga dari rumah dan anak juga senang bisa bermain di sini. Ke sini juga sekalian ngajarin anak untuk kenal alam juga," ujarnya.

3. Taman Hutan Kota Jombang

Hutan JombangMenelusuri Tiga Destinasi Wisata Hutan Kota Tangsel. (Foto: Tagar/Alfi)

Taman Hutan Kota Jombang jadi destinasi baru wisata hutan kota di Tangsel. Pasalnya, hutan kota yang berlokasi di Jombang, Ciputat ini baru di revitalisasi dan diresmikan langsung oleh Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangsel pada 9 Februari 2020. Kawasan ini memadukan area hutan kota dengan yang sebagai bantaran Kali Mati.

Berdiri di atas lahan 5.800 meter persegi, Taman Hutan Kota Jombang ini memiliki fasilitas lengkap. Selain ada jogging track, musholla, toilet, dan area play ground anak, di tengah taman juga ada jembatan gantung atau flying deck yang diikuti dengan adanya rumah pohon. Kemudian, area fitness outdoor, dan spot untuk swafoto.

Airin Rachmi Diany, Wali Kota Tangsel mengatakan seperti hutan kota lainnya, tempat ini dibangun berguna sebagai ruang terbuka hijau. Ia berharap agar dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Tangsel, olahraga, berkumpul, wisata, dan lainnyam

"Semoga menjadi pusat perkumpulan komunitas bagi masyarakat Ciputat dan sekitarnya dan juga sebagai penghijauan, tempat berkumpul, dan rekreasi sekaligus tempat olahraga agar badan manjadi sehat," kata Airin di Taman Hutan Kota Jombang, Minggu 9/2/2020.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan penataan Kali Mati memperlancar agar air bisa kembali mengalir.

"Revitalisasi Kali Mati kita bersihkan sehingga dapat mengalir lagi dan sekaligus kita bangun Hutan Kota. Tujuannya agar dapat menjadi lokasi penghijauan dan paru-paru Kota Tangsel," terangnya.

Dengan dibangunnya destinasi wisata ini, Aries berharap agar dapat bermanfaat bagi masyarakat. Tujuannya agar masyarakat bisa menikmati destinasi wisata.

"Tak hanya memanfaatkan, tapi juga menjaganya agar keberlangsungan lokasi wisata ini tetap terjaga. Dengan selesainya pembangunan Bantaran Kali Mati Jombang-Kali Mati Cibenda Hilir, masyarakat Tangsel memiliki alternatif tempat wisata alami di tengah kota," ucapnya. []

Berita terkait
Kebun Latte Spot Ngopi Bernuansa Outdoor di Tangsel
Kebun Latte menjadi tempat ngopi asyik bernuansa outdoor garden di Tangsel, menarik disambangi di kala weekend ataupun weeday.
Wisata Alam Blitar Tawarkan Petualangan Luar Ruang
Blitar salah satu daerah di Jawa Timur menyimpan beberapa wisata luar ruang yang pernuh dengan petualangan.
Legenda Danau Kaco, Lukisan Alam Mempesona Jambi
Danau Kaco yang berada di Provinsi Jambi bagaikan mutiara yang belum terjamah, keindahannya menarik untuk ditelusuri.
0
Opick Tombo Ati: Isu Virus Corona Bikin Masjid Sepi
Opick mengungkapkan keresahannya terkait kondisi masjid yang semakin sepi gara-gara virus corona orang takut ke masjid.