UNTUK INDONESIA
Wisata Alam Blitar Tawarkan Petualangan Luar Ruang
Blitar salah satu daerah di Jawa Timur menyimpan beberapa wisata luar ruang yang pernuh dengan petualangan.
Wisata Alam Blitar Tawarkan Petualangan Luar Ruang. (Foto: Instagram/siska.ap117)

Jakarta - Blitar yang berada di Provinsi Jawa Timur menyimpan beberapa wisata alam yang penuh dengan petualangan. Mulai dari wisata alam, hingga tempat bersejarah telah siap untuk ditelusuri dan disambangi.

Berikut Tagar rangkumkan destinasi wisata luar ruang yang populer di Blitar.

1. Gunung Kelud

Gunung KeludGunung Kelud. (Foto: Instagram/satupendaki.id)

Gunung Kelud menawarkan keindahan alam yang sudah populer di berbagai kalangan. Pemandangan kubah lavanya menjadi salah satu daya tarik. Namun, harus menuju puncak terlebih dahulu. Melangkah menaiki anak tangga yang terbuat dari semen untuk sampai di atas. Selain itu, tersedia wahana flying fox dan pemandian air panas. 

Untuk bisa menelusuri wisata Gunung Kelud cukup merogoh kocek sebesar Rp 5 ribu dan Rp 10 ribu pada akhir pekan.

2. Hutan Pinus Loji

Hutan Pinus LojiWisata Alam Blitar Tawarkan Petualangan Luar Ruang. (Foto: Instagram/siska.ap117)

Tidak jauh dari basecamp pendakian Gunung Kelud via Tulungrejo, bisa ditemui wisata alam berupa hutan pinus. Menawarkan beberapa spot foto instagramable, favorit berbagai kalangan khususnya kawula muda.

Suasana sejuk serta hijaunya pepohonan menjadi rileksasi tersendiri untuk mata. Bila ingin menyambangi wisata alam ini cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 3 ribu untuk setiap orang.

3. Bukit Teletubbies

Bukit TeletubiesWisata Alam Blitar Tawarkan Petualangan Luar Ruang. (Foto: Instagram/iqbal_novalliandy)

Blitar juga memiliki destinasi wisata alam bernama Bukit Teletubbies yang tidak kalah menawan dengan Gunung Bromo. Bukit ini memiliki kemiripan dengan seri anak-anak Teletubbies.

Suasana sejuk serta hamparan bukit hijau yang memanjakan mata menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pemandangan Gunung Kelud tersaji indah, menjadikannya salah satu spot instagramable. Bisa juga mengabadikan atau menaiki balon udara.

Untuk menikmati pesona destinasi wisata alam satu ini tidak akan dipungut biaya sama sekali alias gratis.

4. Pantai Tambakrejo

Pantai TambakrejoWisata Alam Blitar Tawarkan Petualangan Luar Ruang. (Foto: Instagram/pantaitambakrejo/adybintang_)

Setelah puas dengan wisata pegunungan dan perbukitan, Blitar juga memiliki tempat wisata air, yaitu Pantai Tambakrejo. Berlokasi di Desa Tambakrejo, Wonotirto, Blitar, Jawa Timur, tempat ini sudah populer di berbagai kalangan.

Pesona hamparan pasir putih yang luas membuat wisatawan merasa nyaman dan betah berlama-lama. Keindahan matahari terbenam salah satu hal yang selalu dinanti para wisatawan.

Jika bosan hanya bermain di pantai, bisa mengelilingi Pantai Tambakrejo menggunakan perahu nelayan dengan tarif Rp 15 ribu untuk satu orang.

5. Candi Penataran

Candi PanataranWisata Alam Blitar Tawarkan Petualangan Luar Ruang. (Foto: Instagram/ikareff_)

Blitar juga memiliki wisata bersejarah yaitu Candi Penataran atau Candi Palah. Berlokasi di Desa Penataran, Kecamatan Nglegok, Kabupaten Blitar. Komplek percandian terbesar yang ada di Jawa Timur.

Candi termegah dan terluas ini berada di ketinggian 450 meter di atas permukaan laut (mdpl). Bisa menyaksikan pemandangan matahari terbit dengan latar belakang bangunan candi. []

Berita terkait
Strasbourg Kota Cantik di Prancis Dekat Jerman
Strasbourg salah satu kota cantik di Prancis yang menarik untuk disambangi. Kota yang dekat dengan Jerman ini memiliki historis yang tinggi.
Legenda Danau Kaco, Lukisan Alam Mempesona Jambi
Danau Kaco yang berada di Provinsi Jambi bagaikan mutiara yang belum terjamah, keindahannya menarik untuk ditelusuri.
Lima Spot Foto Jembatan Instagramable Jakarta
Jakarta memiliki sejumlah jembatan instagramable yang cocok untuk dijadikan spot foto. Berikut ulasannya.
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.