UNTUK INDONESIA
Persipura Jayapura Waspadai Kejutan Kalteng Putra
Pelatih Jacksen F. Tiago, meminta Persipura Jayapura mewaspadai potensi kejutan Kalteng Putra dalam duel pada Kamis 12 Desember 2019.
Persipura Jayapura mewaspadai potensi kejutan dari Kalteng Putra dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kamis 12 Desember 2019.(Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Jayapura - Pelatih Jacksen F. Tiago, meminta Persipura Jayapura mewaspadai potensi kejutan dari Kalteng Putra dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Tuah Pahoe, Palangkaraya, Kamis 12 Desember 2019 malam. Menurutnya Kalteng Putra tak bisa diremehkan karena ingin bangkit setelah kalah telak dari Madura United. 

Kalteng Putra memang menduduki dasar klasemen Liga 1. Di laga terakhir di kandang sendiri, mereka juga kalah telak 1-4. Namun bukan berarti Kalteng Putra yang meraih tiket promosi musim ini berkat prestasinya menduduki posisi tiga Liga 2 2018 bisa dianggap remeh. 

Ini yang diwaspadai pelatih Jacksen. Pada pertemuan pertama di Jayapura, 14 Agustus 2019, Persipura memang unggul 2-0 lewat gol Andre Ribeiro dan Titus Bonai. 

Pertemuan di Jayapura tak berarti lagi. Terpenting, kami harus mendapatkan keseimbangan dalam permainan

Namun hasil di laga pertama itu tidak bisa menjadi tolok ukur Persipura bakal mengulangi sukses. Jacksen pun merasa perlu mempersiapkan tim secara khusus menghadapi laga tersebut.

"Kami sudah memberikan analisis dan catatan kepada tim. Dalam latihan, saya sudah persiapkan bagaimana membaca pihak lawan. Dan, pemain yang harus kita waspadai di pertandingan ini,” kata Jackson. 

Pelatih asal Brasil ini menekankan proses transisi menjadi penting karena ini bisa menjaga keseimbangan transisi menyerang dan bertahan. Menurutnya transisi ini menjadi kunci, terutama dari menyerang ke bertahan. 

"Pertemuan di Jayapura tak berarti lagi. Terpenting, kami harus mendapatkan keseimbangan dalam permainan. Dan yang jelas tujuan kami adalah mendapat hasil yang terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, bek senior Persipura, Ricardo Salampessy menegaskan jika timnya akan berjuang keras melawan Kalteng Putra untuk meraih poin penuh. Ia akan mengerahkan tenaga 100 persen demi merebut kembali posisi runner up klasemen sementara.

Erik sapaan akrab eks pemain tim nasional ini mengaku siap secara fisik dan mental untuk meraih kemenangan atas Kalteng Putra. Menurutnya pelatih pun sudah menyiapkan strategi untuk meraih poin di pertandingan tandang.

“Dari pemain sendiri kami semua dalam keadaan siap pasca lawan Bali United. Yang pasti kami akan berikan 100 persen permainan kami dan siap menjalankan strategi dan instruksi dari pelatih,” ujar Ricardo menjelaskan.

Tim Mutiara Hitam kebanggaan masyarakat Papua ini berambisi merebut posisi runner up yang ditempati Borneo FC. Kini, Persipura berada peringkat ketiga klasemen sementara dengan mengoleksi 48 poin. Terpaut satu poin dari Borneo FC. []

Berita terkait
Kalteng Putra Vs Persipura, Jangan Anarkis Lagi
Kalteng Putra akan bermain habis-habisan melawan Persipura Jayapura di laga kandang Shopee Liga 1 2019. Tim ingin memberi kemenangan bagi suporter.
Persipura Tetap Waspadai Permainan Kalteng Putra
Persipura Jayapura tak meremehkan Kalteng Putra meski posisi kedua tim sangat bertolak belakang. Laga digelar pada Kamis 12 Desember 2019.
Persipura Vs PSIS, Kembali ke Peringkat 2
Persipura Jayapura merebut kembali peringkat dua klasemen Shopee Liga 1 2019 usai mengalahkan PSIS Semarang 2-0, Rabu 4 Desember 2019.
0
Seorang Wanita di Sumut Hajar Suami Pakai Besi
Seorang wanita di Kabupaten Deli serdang, Sumatera Utara melapor ke kantor polisi setelah menganiaya suaminya sendiri.