Jakarta - Manchester City menuntaskan dendam kepada Tottenham Hotspur. Hanya, City harus bekerja keras sebelum mengalahkan Tottenham 1-0 lewat gol Phil Foden di pertandingan Liga Premier Inggris di Stadion Etihad, Sabtu, 20 April 2019. Kemenangan yang mengantarkan City kembali ke puncak klasemen. 

Kemenangan itu setidaknya membalas sakit hati City yang disingkirkan Tottenham di ajang Liga Champions, pertengahan pekan lalu. Pemain City juga membuktikan mereka mampu bangkit dan move on setelah kegagalan tersebut. 

Persaingan ketat City dengan Liverpool dalam perebutan titel Liga Premier setidaknya mempercepat kebangkitan pemain. Mereka pun langsung fokus di kompetisi domestik. 

Upaya The Citizens mempertahankan trofi juara memang mendapat perlawanan sengit dari Liverpool. Kemenangan atas Tottenham menjadikan City memiliki poin 86. Mereka pun mengambil alih posisi puncak setelah unggul satu poin dari Liverpool yang baru akan dijamu Cardif City, Minggu, 21 April 2019. 

Menghadapi City, manajer Pep Guardiola juga merotasi pemain. Ini terkait dengan jadwal pertandingan yang padat yang dilakoni tim. Setelah menghadapi Tottenham, Sergio Aguero dkk bertemu rival satu kota, Manchester United di Old Trafford, Rabu, 24 April 2019. 

Ini yang menjadikan saat menjamu Tottenham, Guardiola mengistirahatkan tiga pemain pilar dan memberi kesempatan kepada Foden yang baru berusia 19. Menariknya, pemain tim nasional Inggris U-21 ini justru menjadi penentu kemenangan City.

Manchester CityManchester City merayakan gol Phil Foden di pertandingan melawan Tottenham Hotspur di Stadion Etihad, Sabtu, 20 April 2019. City menang 1-0 dan kembali ke puncak klasemen. (Foto: dailymail.co.uk)

Gol Foden tercipta saat laga baru berjalan lima menit. Saat itu, dirinya berlari menyambut umpan dari Aguero. Dengan sedikit terbang, sundulan gelandang yang menggantikan David Silva ini menembus gawang Tottenham. 

Meski menang, namun City harus kehilangan Kevin De Bruyne yang mengalami cedera engkel. Akibat cederanya, gelandang Belgia ini terpaksa ditarik keluar di menit 38. Posisinya pun digantikan Fernandinho. 

Cedera De Bruyne jelas menjadi pukulan bagi tuan rumah. Pasalnya, dia dipastikan sulit pulih dalam waktu dekat. Gelandang berusia 27 ini pun bakal absen saat melawan MU.

Bagi Tottenham, kekalahan tersebut menjadikan posisi mereka di empat besar liga mulai terancam. Tottenham memang masih menduduki peringkat tiga dengan poin 67. Namun mereka hanya unggul satu poin dari Chelsea (4) dan Arsenal (5). 

Repotnya, mereka tidak hanya mendapat pesaing dari dua klub London itu. MU yang berada di peringkat enam pun mengancam posisi Tottenham. Dengan memiliki poin 64, MU masih berpeluang untuk menyodok ke empat besar. Manajer Ole Gunnar Solskjaer pun tegaskan masuk empat besar adalah target pamungkas The Red Devils setelah gagal di Liga Champions, Piala FA maupun Piala Liga. []

Baca juga: 

City vs Tottenham, Susunan Pemain dan Prediksi

Lawan Tottenham Lagi, City Dibayangi Kegagalan

Pesta Jadi Duka, Untung Man City Tak Sujud Syukur

Dikalahkan Man City, Tottenham Tetap ke Semifinal