UNTUK INDONESIA
Dikalahkan Man City, Tottenham Tetap ke Semifinal
Tottenham Hotspur melaju ke semifinal Liga Champions setelah menyingkirkan Manchester City.
Striker Tottenham Hotspur Fernando Llorente merayakan gol di pertandingan perempat final Liga Champions melawan Manchester City di Stadion Etihad, Kamis, 18 April 2019, dinihari WIB. Tottenham lolos ke semifinal meski kalah 3-4. (Foto: dailymail.co.uk)

Jakarta - Tottenham Hotspur secara dramatis lolos ke semifinal Liga Champions. Diwarnai reli gol dalam duel kedua perempat final di Stadion Etihad, Kamis, 18 April 2019, dinihari WIB, Tottenham dikalahkan Manchester City 3-4. Namun mereka tetap meraih tiket ke semifinal. 

Ya, Tottenham lolos dengan agregat 4-4 setelah di laga pertama menang 1-0. Mereka menyingkirkan City karena mencetak lebih banyak gol di pertandingan tandang. Di semifinal, Tottenham bertemu Ajax Amsterdam yang menyingkirkan Juventus

Duel perempat final di kandang City memang menegangkan dan berjalan dramatis. Selain tercipta tujuh gol, keberhasilan Tottenham tidak terlepas dari bantuan teknologi VAR. Lewat VAR, gol ketiga Tottenham yang dicetak Fernando Llorente tetap disahkan wasit Cuneyt Cakir karena bola tidak mengenai tangan striker Spanyol itu. Sebaliknya, gol yang seharusnya bisa meloloskan City yang dicetak striker Raheem Sterling di injury time dianulir wasit. 

Kegagalan itu membuat manajer Pep Guardiola kesal. Dirinya mengecam wasit yang mengesahkan gol Llorente. 

"Dari sisi lain, itu handball," kata Guardiola yang juga mengungkapkan kekecewaannya atas dianulirnya gol Sterling. "Offside tetaplah offside. Ini sungguh kejam. Kami sudah makin dekat ke semifinal," jawabnya.

Guardiola pun belum lepas dari kegagalan membawa tim yang ditanganinya menjadi juara Liga Champions sejak meninggalkan Barcelona pada 2012. Meski menangani tim-tim besar seperti Bayern Munich dan City, dirinya belum pernah mengangkat trofi si kuping besar itu.

Defisit Gol

Laga itu memang berjalan menarik karena kedua tim secara bergantian membobol gawang lawan.  City yang harus mengejar defisit gol mengawali pertandingan dengan bagus. Sterling memberi harapan bagi tuan rumah setelah mencetak gol saat pertandingan baru berjalan empat menit.

Raheem SterlingStriker Manchester City Raheem Sterling mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur. Namun gol Sterling menjadi sia-sia karena gagal meloloskan City ke semifinal Liga Champions. (Foto: dailymail.co.uk)

Namun keunggulan City tak bertahan lama. Hanya berselang tiga menit, gelandang Tottenham Son Heung-min sudah membobol gawang The Citizens. Bahkan pemain asal Korea Selatan ini benar-benar menjadi momok bagi pertahanan lawan. Di menit 10, dirinya kembali menaklukkan kiper Edersen Moraes yang menjadikan Tottenham berbalik unggul. 

Ini merupakan gol ketiga Son di dua laga perempat final. Sebelumnya, dia mencetak gol tunggal di laga pertama yang mengantarkan Tottenham menang 1-0.

Pertandingan makin panas setelah City berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 hanya dalam waktu satu menit. Kali ini giliran Bernardo Silva yang mencetak gol. Pemain City pun makin bersemangat menambah gol. Di menit 21, Sterling mencetak gol keduanya dan skor berubah 3-2 untuk tuan rumah.

Tanda-tanda City yang akan lolos sempat terlihat di babak kedua. Terutama setelah Sergio Aguero menaklukkan kiper Hugo Lloris di menit 59. Gol yang menjadikan City memperbesar keunggulannya menjadi 4-2. 

Namun petaka terjadi saat Llorente mampu menjebol gawang City setelah memanfaatkan sepak pojok di menit 73. Gol itu sempat diprotes karena Llorente dianggap menyentuh bola sebelum masuk ke gawang. Wasit Cakir pun meninjaunya lewat VAR. Dari tayangan video, bola ternyata hanya mengenai panggul sang pemain. Wasit pun tetap mengesahkan gol itu.

Tottenham HotspurPemain Tottenham Hotspur sempat tertunduk lesu setelah Raheem Sterling mencetak gol. Namun golnya dianulir wasit sehingga Tottenham yang lolos ke semifinal. (Foto: dailymail.co.uk)

Drama VAR kembali terjadi saat Sterling mencetak gol di injury time. Bahkan striker tim nasional Inggris ini sudah merayakan gol. Stadion pun bergemuruh karena gol itu bisa mengantarkan City ke semifinal. Sedangkan pemain Tottenham hanya tertunduk lesu. 

Namun wasit meninjaunya dari VAR dan ternyata Aguero dalam posisi offside sebelum melepaskan umpan ke arah Sterling. Wasit membatalkan gol itu sehingga gantian City yang tertunduk karena pertandingan tinggal hitungan detik. Sebaliknya pemain Tottenham merayakan kemenangan karena berhasil lolos ke semifinal meski kalah 3-4. []

Baca juga:

Man City vs Hotspur, Susunan Pemain dan Prediksi

Hancurkan Huddersfield, Tottenham ke Posisi 3

Harry Kane Terancam Absen Sampai Akhir Musim

Berita terkait
0
Jusuf Kalla Resmikan Rusunawa Akademi Sentra Tenun
Mantan Wapres Jusuf Kalla bersama Khalawi Abdul Hamid meresmikan Rusunawa Akademi Stra Tenun yang berada di Tanah Datar, Sumatera Utara.