UNTUK INDONESIA
Memasuki Musim Hujan, Waspada Kaca Mobil Berjamur
Kemunculan jamur pada kaca dapat mengganggu pandangan si pengemudi, khususnya pada malam hari.
Ilustrasi kaca mobil terkena air hujan. (Foto: Tagar/WhichCar)

Jakarta - Memasuki musim penghujan, kaca mobil yang terkena air hujan akan berpotensi menimbulkan jamur. Meskipun sering disepelekan, siapa sangka jamur pada kaca memiliki bahaya yang cukup tinggi.

Kepala Bengkel Auto2000 Lenteng Agung, Adhara Edy Prabowo, mengatakan bahwa saat musim hujan, jamur akan lebih mudah muncul di kaca mobil, baik kaca depan, samping, maupun belakang. Jamur kaca muncul karena sisa bercak air hujan yang tidak dibersihkan dan mengering sendiri.

"Jamur kaca bisa timbul jika setelah kena air tidak langsung dibersihkan atau dilap kering,” kata Bowo, sebagaimana dikutip Tagar dari laman Auto2000, Rabu, 28 Oktober 2020.

Selain karena air hujan, jamur kaca juga bisa muncul karena kualitas air yang digunakan saat mencuci mobil. Biasanya air tanah yang mengandung kapur yang tinggi dapat membuat jamur kaca muncul lebih besar.

"Munculnya jamur kaca ini juga tidak ada sangkut pautnya dengan kaca film yang digunakan," ucap Bowo.

Lantas apa bahayanya jamur kaca terhadap pengemudi ? Tentunya kemunculan jamur pada kaca dapat mengganggu pandangan si pengemudi, khususnya pada malam hari. Pantulan cahaya ke kaca depan yang berjamur akan berpendar, sehingga akan mengganggu pengemudi untuk melihat kondisi jalan.

Cara Mencegah Kaca Mobil Berjamur

Penyebab kaca mobil berjamur adalah bercak air hujan yang mengering. Oleh sebab itu, untuk mencegahnya, pengguna harus selalu membilas mobil setiap digunakan saat hujan. Selain membuat permukaan mobil lembab, zat asam pada kandungan air hujan juga dapat merusak lapisan cat mobil.

Kemudian untuk menghindari mobil terkena air hujan, biasakan untuk memarkir mobil di tempat yang beratap. Memilih tempat parkir yang sembarang, terutama di tempat lembab, akan membuat debu dan kotoran menempel di mobil, yang jika dibiarkan berlama-lama akan membuat kaca mobil berjamur.

Selain itu, selalu lakukan pengecekan pada volume air wiper dan juga kondisi wiper mobil. Pastikan kedua dalam kondisi baik dan berfungsi optimal.[]

Berita terkait
Cek Fakta: Benarkah Air Hujan Bisa Merusak Lapisan Cat Mobil
Mobil yang terkena hujan memang harus segera dibersihkan, pasalnya akan ada banyak kotoran yang menempel di bagian mobil jika tidak segera dicuci.
Tips Merawat Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan
Menggunakan mobil untuk segala aktivitas pada musim hujan sudah barang pasti mobil kotor. Kondisi seperti itu membuat tampilan mobil jadi dekil.
Musim Hujan, Awas Mobil Mengalami Aquaplaning
Salah satu kendala yang dihadapi saat mengemudikan mobil di trek yang basah adalah fenomena Aquaplaning atau hydroplaning.
0
Teten Masduki: Cipta Kerja Konsolidasikan Data Tunggal KUMKM
Menkop UKM Teten Masduki mengatakan, UU Cipta Kerja membuka ruang bagi pemerintah untuk mengkonsolidasikan data tunggal koperasi dan UMKM.