UNTUK INDONESIA
Tips Merawat Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan
Menggunakan mobil untuk segala aktivitas pada musim hujan sudah barang pasti mobil kotor. Kondisi seperti itu membuat tampilan mobil jadi dekil.
Proses maintenance coating eksternal mobil di Training Center dan Workshop PT GAI, Cakung, Jakarta Utara, Selasa (7/1/2020). (Foto: Antara/Arnidhya Nur Zhafira)

Jakarta - Menggunakan mobil untuk segala aktivitas pada musim hujan sudah barang pasti mobil kotor. Kondisi seperti itu membuat tampilan mobil jadi dekil. Mobil tidak terlihat kinclong karena saban hari terguyur hujan dan terkena cipratan air.

"Sebenarnya simpel untuk merawat kendaraan di musim hujan agar selalu terlihat bersih. Pertama, bilas mobil pakai air saja tanpa sabun, maksimal 5 jam setelah terguyur hujan," kata Brand Manager PT Global Auto International (GAI) Arta Alfata di Jakarta, dikutip dari Antara, Selasa, 7 Januari 2020.

Arta menjelaskan air hujan tidak sepenuhnya murni, melainkan juga memiliki kandungan debu sampai asam yang bisa menimbulkan bekas hingga jamur di bodi mobil.

Lebih lanjut, dia mengatakan tidak menggunakan kanebo untuk mengelap mobil yang sudah dibilas. Hal ini karena debu dan kotoran bisa ikut menempel pada kanebo, dan menggores permukaan bodi mobil.

"Penggunaan kanebo bukan buat wipe (lap), tapi buat menyerap air. Lebih baik menggunakan lap microfiber yang memiliki kemampuan menangkap debu lebih baik, sehingga mengurangi potensi goresan pada cat mobil," kata Arta.

Selanjutnya adalah rutin melakukan coating maintenance mobil setidaknya enam bulan sekali, untuk memeriksa coating eksterior, interior, hingga mesin agar tetap dapat bekerja maksimal.

"Mobil yang di-coating lebih tahan jamur, goresan, dan cuaca. Maintenance harus dilakukan agar (coating) hidrofobik (bodi) tetap maksimal, bersama dengan perawatan interior dan engine," ujar Arta. []

Berita terkait
Coating Interior Mobil Cegah Kerusakan Akibat Banjir
Coating interior mobil bisa menjadi salah satu langkah antisipatif untuk mencegah rusaknya komponen interior mobil ketika terendam banjir.
Tips Terhindar dari Beli Mobil Bekas Terendam Banjir
Bagi Anda yang berminat untuk membeli mobil bekas, ada baiknya memperhatikan beberapa hal agar tidak membeli mobil bekas terendam banjir.
Enam Tips Ampuh Cegah Mabuk Perjalanan
Melakukan perjalanan jauh terkadang dapat menyebabkan mabuk perjalanan, bagaimana mengatasinya?
0
Khofifah: May Day Risiko Besar Penularan Covid-19
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta kepada buruh untuk tidak turun ke jalan memperingati May Day Hari Buruh Internasional.