UNTUK INDONESIA
Cek Fakta: Benarkah Air Hujan Bisa Merusak Lapisan Cat Mobil
Mobil yang terkena hujan memang harus segera dibersihkan, pasalnya akan ada banyak kotoran yang menempel di bagian mobil jika tidak segera dicuci.
Ilustrasi Mobil melintas saat cuaca hujan. (Foto: Devon Christopher Adams via Flickr/CC)

Jakarta - Memasuki musim penghujan, pemilik mobil harus lebih ekstra menjaga kebersihan dan kondisi kendaraan agar tidak cepat rusak akibat guyuran air hujan. Banyak kabar beredar yang menyatakan bahwa air hujan bisa merusak lapisan cat mobil, apakah benar? Berikut faktanya.

Mobil yang terkena hujan memang harus segera dibersihkan, pasalnya akan ada banyak kotoran yang menempel di bagian mobil jika tidak segera dicuci. Hal tersebut dapat menimbulkan jamur yang akan sulit dibersihkan jika tidak segera dicuci.

Melansir laman Mobil88, Jumat, 2 Oktober 2020, apabila saat mobil terkena hujan tidak segera dibersihkan, maka kotoran yang menempel pada bodi mobil akan masuk ke bagian clear coat yang nantinya dapat merusak lapisan cat mobil.

Solusinya adalah jika memang tidak sempat mencuci bersih mobil, maka sebaiknya bilas mobil dengan air bersih. Hal tersebut bertujuan agar kotoran yang menempel dari cipratan genangan air bisa langsung bersih dan rontok dari bodi mobil.

Selain merusak lapisan cat mobil, air hujan juga dapat membuat bodi mobil menjadi keropos. Dalam air hujan, terdapat kandungan garam yang dapat menyebabkan korosi pada bodi mobil. Oleh sebab itu, penting bagi pemilik mobil untuk membersihkan kendaraan setelah tekena hujan.

Kemudian mobil tidak segera dibersihkan saat terkena air hujan juga akan membuat kaca menjadi berjamur. Nantinya akan timbul bintik-bintik putih pada kaca yang akan sulit untuk dibersihkan. Solusinya adalah membawanya ke salon mobil untuk dibersihkan, tetapi cara ini juga tidak boleh terlalu sering dilakukan karena bisa merusak cat mobil.

Berdasarkan penjelasan diatas, memang benar air hujan dapat merusak lapisan cat mobil. Oleh sebab itu, penting bagi pemilik mobil untuk segera membilas dan membersihkan kendaraan setelah digunakan dalam cuaca hujan.[]

Berita terkait
Tips Merawat Mobil Tetap Kinclong di Musim Hujan
Menggunakan mobil untuk segala aktivitas pada musim hujan sudah barang pasti mobil kotor. Kondisi seperti itu membuat tampilan mobil jadi dekil.
Musim Hujan, Awas Mobil Mengalami Aquaplaning
Salah satu kendala yang dihadapi saat mengemudikan mobil di trek yang basah adalah fenomena Aquaplaning atau hydroplaning.
Memasuki Musim Hujan, Lima Komponen Motor Ini Rentan Rusak
Memasuki musim hujan, pengendara sepeda motor harus memperhatikan lima komponen kendaraan miliknya agar tidak mengalami kerusakan.
0
Nella Kharisma - Dory Harsa Rilis Lagu Duet di HUT MNCTV
Pasangan penyanyi dangdut Nella Kharisma dan Dory Harsa tengah mempersiapkan lagu duet yang akan diluncurkan pertama kali di acara HUT MNCTV.