UNTUK INDONESIA
Memandang Makassar dari Puncak Gunung Suro Maros
Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, memiliki satu destinasi wisata baru bernama puncak Gunung Suro yang terletak di wilayah Desa Cenrana Baru.
Pemandangan dari puncak Gunung Suro. Selain pemandangan alam, dari situ pengunjung juga bisa melihat Kota Makassar dan Kabupaten Barru. (Foto: Tagar/M Srahlin Rifaid)

Maros - Kabupaten Maros di Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang paling dekat dari Kota Makassar, selain Kabupaten Gowa. Kabupaten ini dikenal dengan obyek wisata Bantimurung. Kabupaten Maros juga nyatanya memiliki keindahan alam lainnya yang terletak di dataran tinggi, yakni Puncak Gunung Suro.

Gunung Suro ini memiliki ketinggian sekitar seribu meter dari permukaan laut (Mdpl). Sementara, kaki Gunung Suro terletak di wilayah Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana. Jaraknya sekitar empat kilometer dari pusat desa, dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat atau roda dua.

"Kita berikan nama ini karena kita temukan di bulan Muharam. Tempat ini baru juga kita temukan," kata Kepala Desa Cenrana Baru, Andi Zainal saat berbincang dengan Tagar.

Warna hijau tua cukup kontras dengan biru cerahnya langit. Dari kejauhan sudah terpancar keindahan yang menawan di puncak Gunung Suro. Panorama perbukitan, hutan pinus, dan kabut yang tampak dari puncak ini begitu mengesankan.

Keindahan pemandangan Gunung Suro bisa Anda nikmati saat sore maupun pagi hari. Selain itu yang tak kalah menariknya, pengunjung bisa melihat keindahan kota Makassar, Maros hingga Barru.

Pada malam hari, sinar lampu di kejauhan pun memunculkan eksotisme yang wajib diabadikan. Jalur dari kaki gunung menuju puncak cukup ekstrem, sehingga ini bisa menjadi tantangan tersendiri untuk para pengunjung.

Pembenahan Jalan

Sebagai destinasi wisata baru, Gunung Suro belum banyak dikenal. Hal itu disadari oleh pemerintah desa setempat yang sekaligus merupakan pengelola. Sehingga, pemerintah desa berencana membenahi infrastruktur jalan menuju kaki gunung untuk memudahkan pengunjung.

Tempat parkir motor juga akan dibuat agar kendaraan pengunjung tetap aman. Bahkan spot-spot untuk berfoto, terutama di sekitar tebing di puncak gunung akan melengkapi keindahan objek wisata tersebut.

Para pengunjung tidak perlu khawatir akan terlambat mengunggah momen-momen indah mereka di puncak gunung ke media sosial, sebab jaringan internet di puncak gunung cukup kuat.

Wisata Gunung Suro Maros (2)Sejumlah pengunjung berswafoto di puncak Gunung Suro, Kabupaten Maros. (Foto: Tagar/M Srahlin Rifaid)

Seorang pengunjung bernama Erna, 30 tahun, mengaku senang bisa berada di puncak Gunung Suro ini. "Saya pertama kali disini, ternyata sangat bagus, sejuk, adem dan kita bisa lihat Kota Makassar, Barru, Maros dan Pangkep," ujar dia.

Erna menceritakan di atas puncak, dirinya bisa mengakses internet, karena disini jaringan penuh. Berbeda saat dia berada di kampung tempat ia tinggal. "Kalau di bawah kampung saya tidak ada jaringan sama sekali. Disini full jaringannya," ucapnya.

Berbeda dengan Erna, ada seorang gadis cantik yang masih duduk di bangku kelas 3 di SMP 29 Satu Atap Kabupaten Maros, Nurhaliza, 14 tahun mengaku sudah tiga kali mendaki Gunung Suro tersebut.

"Saya tidak bosan, karena disini sangat enak, sejuk, dingin dan saya bisa melihat pemandangan indah ketika berada di puncak Gunung," kata Nurhaliza.

Liza sapaan akrabnya itu, menuturkan untuk mencapai puncak Suro perlu semangat tinggi karena harus melewati jalur yang ekstrem. "Ya kalau tantangan sih memang sangat berat, tapi karena saya ingin melihat keindahan alam. Saya tidak bosan, saya kesini sama teman-teman ku. Kalau orang tua saya tidak marah, karena saya sudah minta izin kesini," tuturnya.

Liza mengajak teman-teman dan pengunjung yang ingin liburan di objek wisata ini harus menjaga kebersihan. "Saya sih berharap pengunjung atau masyarakat yang ke sini untuk menjaga kebersihan, karena kebersihan akan menambah keindahan puncak Gunung ini, jangan kita buang sampah sembarangan," kata dia.

Perlu diketahui, di Desa Cenrana Baru Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros juga memiliki tempat liburan yang tak kalah dengan Bantimurung. Objek wisata tersebut yakni Air Terjun La Colla. Keindahan air terjun ini akan membuat pengunjung semakin nyaman dan tak ingin beranjak dari tempat wisata ini.

Wisata Gunung Suro Maros (3)Sejumlah pengunjung menyaksikan pemandangan alam dari puncak Gunung Suro, Kabupaten Maros. (Foto: Tagar/M Srahlin Rifaid)

Ada hal unik yang didapati Tagar saat berkunjung ke Gunung Suro pada Minggu, 6 September 2020. Saat itu sembilan siswa Sekolah Dasar (SD) Inpres 184 Tanete, Desa Cenrana Baru, Kecamatan Cenrana ada di puncak gunung. Mereka menerima rapor sekaligus berwisata.

Kepala SD Inpres 184 Tanete, Hamzah Thalib menjelaskan tujuan kedatangan rombongan siswa Sekolah Dasar ini untuk menerima rapor sembari memberikan hiburan kepada anak didiknya itu. 

"Di samping keluar alam terbuka, ini sekaligus hiburan, kalau di sekolah jenuh karena selama ini pembagian rapornya di sekolah," kata Hamzah.

Hamzah menyampaikan mereka yang menerima rapor ini yaitu siswa kelas 1 sampai 6. "Mereka datang dengan orang tuanya ke sini saat terima rapor," ucapnya.

Selain Taman Nasional Bantimurung dan Puncak Gunung Suro, Kabupaten Maros juga memiliki beberapa destinasi wisata lain yang tak kalah menarik. Beberapa destinasi wisata itu di antaranya, wisata alam Kampung Rammang-rammang, Pegunungan Karst Maros di Desa Salenrang, Sungai Pute di Salenrang Kecamatan Bontoa,

Selanjutnya, objek wisata yang juga perlu dikunjungi adalah Air Terjun La Colla. Meski jarang terekspos di media, pengunjung tak akan rugi untuk melihat dan menikmati langsung keindahan air terjun ini. PEN[]

Baca juga:

Berita terkait
Destinasi Wisata Alam Mamuju Sulawesi Barat
Kabupaten Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat memiliki segudang objek wisata yang sangat memukau. Berikut sejumlah keindahan wisata di Mamuju.
Kesiapan Mangrove Jembatan Api-api Menyapa Wisatawan
Pengelola Objek wisata Mangrove Jembatan Api-api telah menerapkan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 sebagai upaya untuk menyapa wisatawan.
Pesona Objek Wisata Polman Sulbar yang Menawan
Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat memiliki banyak destinasi wisata mulai dari pantai hingga hamparan pegunungan yang sangat memukau.
0
Memandang Makassar dari Puncak Gunung Suro Maros
Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan, memiliki satu destinasi wisata baru bernama puncak Gunung Suro yang terletak di wilayah Desa Cenrana Baru.