Indonesia
Melihat Taman Belangi yang Instagramable di Bireuen
Di kabupaten Bireuen sebuah objek wisata baru hadir dengan sangat indah. Objek wisata tersebut adalah Taman Belangi.
Objek wisata Taman Belangi berada di Matang Kumbang, Kecamatan Makmur, Bireuen. (Foto: Instagram @taman.belangi/Tagar/Fahzian Aldevan)

Bireuen - Berbicara tentang objek wisata di Aceh seakan tak ada habisnya. Setelah Taman Bunga Celosia di Gampong Alue Piet, Kecamatan Panga, Aceh Jaya, kini mata wisatawan tertuju ke Kabupaten Bireuen. Di kabupaten penghasil keripik pisang itu, sebuah objek Wisata baru hadir dengan sangat indah. Objek wisata tersebut adalah Taman Belangi.

Objek wisata Taman Belangi berada di Matang Kumbang, Kecamatan Makmur, Bireuen. Untuk menuju ke lokasi ini, wisatawan hanya membutuhkan waktu 15 menit dari Matang Geulumpang Dua, Kecamatan Peusangan.

Baca juga: Nikmatnya Mi Kocok Geurugok, Kuliner asal Bireuen

Untuk menuju Taman Pelangi, wisatawan tak perlu khawatir karena akses menuju ke lokasi juga sudah sangat lumayan ditandai dengan jalan yang 95 persen sudah beraspal.

Taman Belangi merupakan objek wisata yang berisi kincir angin buatan yang berjumlah sekitar 8500 kincir. Dalam bahasa Aceh, kincir tersebut disebut dengan Suwee.

Taman seluas 2000 m2 ini mulai dibangun pada pertengahan April 2019. Diawali dengan pembersihan lahan, lalu pemagaran lahan hingga penanaman kincir angin. Taman yang dimiliki oleh keluarga Qafrawi-Fitria ini terinspirasi dari salah satu taman yang ada di Magelang, Jawa Tengah. Untuk biaya masuk, taman ini mengenakan biaya Rp 5.000/orang, kecuali anak-anak di bawah 10 tahun. Taman ini mulai beroperasi hari ini, Sabtu 8 Juni 2019.

Taman BelangiObjek wisata Taman Belangi berada di Matang Kumbang, Kecamatan Makmur, Bireuen. (Foto: Instagram @taman.belangi/Tagar/Fahzian Aldevan)

Kepada Tagar, Qafrawi mengaku, ide dasar pembangunan objek wisata ini adalah untuk menciptakan peluang kerja bagi masyarakat setempat khususnya para pemuda. Setelah mencari beberapa opsi maka dijatuhkan pilihan untuk membangun tempat wisata ini.

Baca juga: Pakai C6 Orang Mati, Warga Bireuen Divonis 6 Bulan

Selain itu konsep Taman Kincir angin dipilih karena beberapa referensi taman yang ada di luar Aceh. Objek wisata ini sangat unik karena belum ada di Aceh khususnya, di mana ada objek wisata yang berisi ribuan kincir angin buatan seperti taman ini.

"Sisi unik lainnya adalah taman ini dikelilingi oleh pohon kelapa yang menjulang tinggi dan ditemani dengan berbagai macam kicauan burung di siang hari," kata Qafrawi.

Sementara, Murdani, salah seorang warga Gandapura, Bireuen mengaku berhasrat mengunjungi objek wisata itu. Sejak viral di media sosial Instagram beberapa waktu lalu, jadwal dibukanya objek wisata itu menjadi hal yang paling dinanti Murdani.

"Selain penasaran, saya juga sangat tertarik mengunjungi objek wisata itu untuk melihat lebih dekat," kata Murdani. []

Berita terkait
0
Dua Teroris Ditangkap Densus 88 Terlibat Bom Thamrin
Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua terduga teroris anggota Jamaah Ansharut Daulah (JAD).Keduanya diduga terlibat bom thamrin.