Mbah Surip Meninggal Terbakar Saat Bakar Sampah di Bantul

Seorang nenek di Bantul, Yogyakarta membakar sampah di kebunnya. Namun api membesar dan membakar dirinya. Begini kronologinya.
Petugas mengevakuasi jenazah Mbah Surip yang meninggal terbakar di Bantul. (Foto: Istimewa)

Bantul - Nasib menyedihkan menimpa Mbah Surip, 80 tahun, warga Dusun Dodogan, RT 08, Desa Jatimulyo, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Pada Selasa 29 September malam, nenek ini ditemukan meninggal mengenaskan. Dia terbakar saat membakar sampah di kebunnya.

Anggota Polsek Dlingo, Aiptu Mardi mengatakan, awalnya Mbah Surip membakar sampah di kebun di sekitar rumahnya. Namun, kobaran api tersebut akhirnya membesar dan menjalar ke kebun tetangganya.

Kejadian ini diketahui warga sekitar pukul 17.30 WIB, yang mana melihat kobaran api yang cukup membesar. Takut merembet membahayakan lingkungan sekitar warga pun langsung berusaha untuk memadamkan api.

Warga yang ikut memadamkan api dikejutkan dengan sosok Mbah Surip yang telah meninggal di lokasi kejadian. Hingga kini tidak ditemukan unsur pidana dalam kasus tersebut.

Meninggal Terbakar di BantulPetugas mengevakuasi jenazah Mbah Surip yang meninggal terbakar di Bantul. (Foto: Istimewa)

Aiptu Mardi mengatakan saat itu, diduga Mbah Surip berupaya memadamkan api. Tetapi, korban kemudian diduga terjatuh dan menghirup asap sehingga meninggal dunia. “Dari pemeriksaan sementara dari Puskesmas Dlingo, tidak ada tanda-tanda unsur pidana. Diduga nenek tersebut terjebak api dan terjatuh,” katanya, Rabu 30 September 2020.

Baca Juga:

Saksi kejadian, Teguh, 42 tahun, mengatakan, api membesar menjelang Magrib. "Takut merembet membahayakan lingkungan sekitar ia pun langsung berusaha untuk memadamkan api. Tapi ketika api berhasil padam, saya kaget melihat Mbah Surip sudah terlentang dalam keadaan terbakar dan sudah meninggal," jelas Teguh.

Ia langsung minta tolong kepada warga sekitar dan melaporkan ke Polsek dlingo. Seketika itu pula warga berbondong-bondong untuk melihat jasad Mbah Surip yang sudah meninggal.

Kasus ini telah ditangani oleh Polres Bantul, Pukesmas Dlingo 2, Polsek dan Koramil Dlingo dan dibantu BPBD bantul, KSB Jatimulyo, FPRB Desa Temuwuh dan warga. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan lokasi kebakaran dipasangi garis polisi. []

Berita terkait
Kronologi Pemotor Meninggal Jatuh dari Jembatan di Bantul
Seorang pengendara motor jatuh dari atas jembatan di Bantul, Yogyakarta. Pria berusia 56 tahun ini meninggal dunia.
Fakta di Balik Balita Meninggal Mengenaskan di Sleman
Terungkap fakta di balik kematian balita yang mengenaskan di Sleman. Balita malang ini diduga kuat dianiaya oleh pria selingkuhan ibu korban.
Pria Bersepeda Meninggal Korban Tabrak Lari di Yogyakarta
Seorang kakek saat bersepeda diduga menjadi korban tabrak lari di Yogyakarta. Sempat dilarikan ke rumah sakit namun nyawanya tak tertolong.
0
China Tuduh Amerika Politisasi Asal Muasal Virus Corona
China mengecam langkah Amerika Serikat melacak asal muasal virus corona yang disebut China sebagai “mempolitisasi” pelacakan