Mau Berat Badan Tetap Stabil Selama Pandemi? Simak Ini

Social distancing menjadi sebab naiknya berat badan karena lebih sering makan. Oleh karena itu, ikuti pola berikut supaya berat badan stabil.
ILustrasi - Mau Berat Badan Tetap Stabil Selama Pandemi? Simak Ini. (Foto: Tagar/Pexels/Andres Ayrton)

Jakarta - Salah satu godaan yang paling susah untuk ditahan selama masa social distancing adalah banyak makan. Kemudahan untuk mendapatkan makanan membuat kamu jauh lebih sering makan dibanding hari-hari biasanya. Padahal, terlalu banyak makan pun akan menimbulkan efek samping yang tidak baik seperti masalah kesehatan dan juga berat badan yang naik. Oleh karena itu, sebaiknya jaga berat badan selama social distancing dengan cara berikut.

Konsisten dengan jadwal makan

Salah satu cara yang paling ampuh untuk menjaga berat badan selama social distancing adalah dengan konsisten menjaga jadwal makan sesuai dengan hari-hari biasa. Dengan begitu, pola makan akan lebih terkontrol dengan baik.

Konsumsi makanan dengan gizi yang seimbang

Selain menjaga jarak, selama social distancing kamu juga harus menjaga kesehatan diri sendiri agar tidak jatuh sakit sehingga mengundang berbagai macam virus serta penyakit datang. Menjaga asupan makanan agar tetap seimbang menjadi hal penting karena tubuh kamu memerlukan nutrisi seperti vitamin serta zat gizi lainnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Selama social distancing dianjurkan untuk rajin makan buah dan sayur agar tubuh semakin kuat. Selain itu, kamu tidak disarankan melakukan diet ketat dengan mengurangi kalori yang masuk ke tubuh.

Pastikan tubuh tidak kekurangan air mineral

Bagi sebagian orang, air putih masih menjadi hal yang kurang disukai. Oleh karena itu, mulai dari sekarang sayangi diri sendiri dengan mengurangi minuman berperasa dan memperbanyak minum air putih.

Minum air putih itu sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu, air putih dapat memperlancar aliran darah dan mencegah nafsu makan yang berlebih karena stres. Kamu bisa menambahkan irisan buah segar untuk menambah rasa dari buah alami ke dalam air mineral kamu.

Banyak gerak selama social distancing

Jangan mentang-mentang seluruh aktivitas kamu sedang dibatasi, kamu malah asyik rebahan di dalam kamar. Perbanyak gerak dengan melakukan olahraga kecil yang bisa dilakukan di dalam rumah. Kamu juga bisa merapikan barang-barang di rumah agar tubuh kamu bergerak, tidak hanya diam rebahan sambil scrolling media sosial.

Tidur yang cukup

Seseorang sering lupa bahwa tidur itu penting untuk kesehatan termasuk menjaga berat badan selama social distancing. Kurang ataupun terlalu banyak tidur dapat mengganggu kesehatan kamu! []



Baca juga


Berita terkait
5 Manfaat Daun Pandan bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui
Selain memberikan aroma khas berbagai sajian hingga sebagai pewarna alami makanan, ternyata daun pandan juga memiliki manfaat bagi kesehatan.
7 Manfaat Virgin Coconut Oil untuk Kesehatan
Virgin coconut oil memiliki bahan alami terbuat dari ekstrak minyak kelapa mengandung 100 % lemak yang mampu meningkatkan jumlah kolestrol.
Menteri Kesehatan: RS Pemerintah 100 % untuk Covid-19
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan Covid-19 mencapai rekor tertinggi menembus angkat 20 ribu lebih.
0
Sederet Masalah yang Mengganjal YouTuber Pemula
Banyak YouTuber pemula gagal karena beberapa hal, seperti menginginkan proses yang instan, terlalu fokus pada jumlah, dan tidak mengenal algoritma.