UNTUK INDONESIA
Mata Merah dan 5 Gejala Baru Virus Corona Versi CDC
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) mengungkapkan 5 gejala baru terinfeksi virus corona (Covid-19) dan mata merah.
Ilustrasi Mata Merah. (Foto: aucklandeye.co.nz)

Jakarta - Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) mengungkapkan enam gejala baru apabila terinfeksi virus corona atau Covid-19.

Sebelumnya, terdapat beberapa gejala umum terpapar virus corona yang banyak diketahui orang, seperti batuk, pilek, demam, dan sesak napas.

Bertambahnya poin gejala Covid-19 bisa membuat banyak orang lebih meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari virus mematikan tersebut.

Berikut Tagar informasikan mengenai gejala baru virus corona versi CDC.

1. Indra penciuman hilang

Ilustrasi PernapasanIlustrasi Pernapasan. (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Hilangnya indra penciuman atau kemampuan mencium bau menjadi salah satu gejala atipikal paling menonjol dari Covid-19, lantaran faktor hidung yang tersumbat atau usia yang semakin tua.

Bahkan, terdapat penelitian yang menyebutkan jika ketidakmampuan mencium bau dialami oleh hampir sebagian besar pasien di Inggris pada akhir Maret 2020.

2. Sakit kepala

ilustrasi sakit kepala

ilustrasi sakit kepala. (Foto: Pixabay.com)

Sakit kepala saat menderita flu memang menjadi hal yang cukup umum. Tetapi, studi terbaru menunjukkan jika masalah kesehatan tersebut bisa dialami saat seseorang mengalami infeksi pada saluran pernapasan.

Sehingga tak heran, temuan baru mengungkapkan jika sakit kepala disertai dengan rasa sakit yang terus menerus atau tekanan di sekitar pelipis dan kelopak mata dihubungkan sebagai salah satu gejala infeksi virus corona.

3. Nyeri otot dan sendi

Leher Anda Pegal? Begini Cara Menyembuhkannya

Leher Anda Pegal? Begini Cara Menyembuhkannya. (Foto:Ist)

Tak sedikit pasien, khususnya manula yang melaporkan nyeri di sekitar otot dan persendian (mialgia) sebagai gejala persisten virus corona.

Bahkan, masalah kesehatan tersebut ditemukan memengaruhi 14,8 persen pasien di Amerika Serikat

Studi terbaru juga menemukan jika nyeri otot bisa terjadi lantaran virus menyerang jaringan dan sel yang memicu reaksi peradangan.

4. Menggigil

demam tinggi

ilustrasi demam tinggi. (pixabay)

Meskipun menggigil menjadi salah satu hal yang dianggap umum atau masalah kecil, namun saat ini patut diwaspadai karena masuk dalam gejala umum terserang Covid-19.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh sebagian pasien Covid-19 yang mengalami patah gigi akibat adanya guncangan hebat dan gemetar karena rasa kedinginan tanpa alasan.

5. Tenggorokan sakit

TenggorokanIlustrasi sakit tenggorokan. (Foto: medicalnewstoday)

Seseorang yang terpapar virus corona biasanya mengalami gejala batuk kering.

Namun, jika kondisi tersebut tak kunjung diobati, bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan, sehingga membuat tenggorokan sakit.

Tak heran, hampir 60 persen pasien positif Covid-19 melaporkan sakit tenggorokan yang diikuti batuk kering. Hal tersebut menandakan sakit tenggorokan tak boleh diremehkan untuk saat ini.

6. Mata merah

Ilustrasi Mata MerahIlustrasi Mata Merah. (Foto: aucklandeye.co.nz)

Belakangan ini, tak sedikit masyarakat yang khawatir lantaran virus corona bisa menyebabkan infeksi mata merah (konjungtivitis).

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam JAMA ophthalmology mengatakan pasien Covid-19 memang berpotensi mengalami mata merah. Bahkan, masalah kesehatan tersebut terbukti menjangkiti 50 persen lebih pasien virus corona. []

Berita terkait
Cermati, 6 Gejala Baru Virus Corona
Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) melansir enam gejala baru virus corona atau Covid-19.Perlu dicermati.
3 Latihan Pernapasan Ampuh Cegah Corona
Latihan pernapasan dipercaya dapat mencegah penularan virus Corona atau Covid-19.
Pasien Terakhir Sembuh, Wuhan Deklarasi Bebas Corona
Kota Wuhan di Provinsi Hubei, China mendeklarasikan sudah terbebas dari ancaman virus corona Covid-19, pasca pasien terakhir sembuh.
0
Kata PKS, Presiden Jokowi Lemah dan Plin Plan
Pemerintahan Jokowi periode dua ini masih saja seperti dulu. Lemah dan plin plan. Terlihat saat wabah Covid-19 melanda negara ini. Kata orang PKS.