UNTUK INDONESIA
Massa Reuni 212 Berdatangan, Parkir di Bahu Jalan
Hingga kini, pihak kepolisian maupun Dinas Perhubungan belum memutuskan untuk memberlakukan pengalihan arus atau rekayasa lalu lintas.
Situasi depan Jalan Agus Salim yang ditutup sebagai kantong parkir massa reuni 212, Senin, 2 Desember 2019. (Foto:Antara/Livia Kristianti)

Jakarta - Ratusan ribu massa gelaran akbar Reuni 212 yang mulai berdatangan di kawasan Monumen Nasional (Monas) sejak dini hari, mengakibatkan kepadatan lalu lintas di sejumlah titik jalan. Pasalnya, sebagian peserta aksi memarkirkan kendaraannya di bahu jalan.

Sejak pukul 06.45 WIB, arus lalu lintas kendaraan bermotor dari Jalan Ridwan Rais menuju Medan Merdeka Timur dan Selatan, terpantau padat merayap. Hal tersebut diakibatkan oleh banyaknya peserta Reuni 212 yang memarkirkan kendaraan di jalur badan jalan.

Kepadatan arus lalu lintas dipicu juga oleh munculnya sejumlah pedagang kaki lima musiman yang menjual aksesoris dan serba serbi pendukung bagi massa 212, seperti peci dan ikat kepala.

Selanjutnya, arus lalu lintas di Jalan Medan Merdeka Selatan menuju ke arah M.H Thamrin terpantau lancar meski sedikit terhambat di dekat Jalan Agus H. Salim, yang ditutup dan digunakan sebagai kantong parkir oleh panitia Reuni 212.

Ruas jalan lain yang juga digunakan sebagai kantong parkir bagi massa 212 adalah Jalan Medan Merdeka Selatan menuju Medan Merdeka Timur, namun kendaraan terlihat tetap bisa bergerak dengan ruang yang tersisa hanya untuk satu mobil.

Jalan M.H Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat juga terpantau padat, terlihat beberapa bus Transjakarta, mobil, dan motor berjalan pelan.

Selain arus lalu lintas yang padat, terpantau juga massa terus berdatangan menuju Monas untuk mengikuti acara Reuni 212 yang sudah dimulai sejak pukul 03.00 WIB.

Gelaran akbar Reuni 212 berlangsung pada hari ini, Senin, 2 Desember 2019. Massa telah mulai berdatangan sejak semalam dan sempat menggelar salat tahajud berjamaah dan disusul ibadah subuh berjamaah.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga sempat hadir dan memberikan sambutan kepada massa yang memadati kawasan Monas. []

Berita terkait
Reuni 212: Anies Baswedan Gubernur Indonesia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mendapat sambutan meriah massa Reuni 212. Anies disambut takbir dan disebut dengan Gubernur Indonesia.
Reuni 212 Diharapkan Mampu Mempersatukan Bangsa
Peserta Reuni 212 harapkan kegiatan damai di Monas dapat mempersatukan Bangsa.
Imam dari Palestina Pimpin Salat Tahajud Reuni 212
Peserta Reuni 212 mengikuti salat tahajud di Lapangan Monumen Nasional (Monas) Jakarta dipimpin Imam Syekh Amar dari Palestina.
0
Covid-19 di 17 Negara Eropa Antara 11.000 - 200.000
Penyebaran virus corona baru (Covid-19) di Eropa melanda semua negara bahkan di beberapa negara kasusnya jauh di atas jumlah kasus di China