6 Cara Menarik Perhatian Pengunjung dalam Berbisnis di Instagram

Banyknya pengguna Instagram mempermudah Anda mendapatkan pengikut organik sehingga Anda lebih mudah memperkenalkan bisnis Anda.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Instagram merupakan aplikasi berbagi momen dalam bentuk foto, video, dan suara. Aplikasi yang diluncurkan perdana pada 2010 ini semakin digemari oleh masyarakat Indonesia. Bukan hanya untuk media sosial pribadi, melainkan menjadi akun bisnis untuk memasarkan produk mereka.

Menurut laporan Napoleon Cat, pada Oktober 2021,  pengguna Instagram di Indonesia mencapai 91,01 juta dengan rata-rata usia penggunanya dari 18-24 tahun dan didominasi perempuan.

Banyaknya pengguna ini bisa menjadi peluang yang bagus untuk mendapatkan pengikut organik dan dapat memperkenalkan produk Anda sehingga menarik respon mereka. Maka untuk mendapatkan antusias dan perhatian itu, Anda perlu memperhatikan beberapa hal di bawah ini:


1. Tampilan akun yang menarik

Visual adalah daya tarik dari Instagram. Buat tampilan akun Anda semenarik dan senyaman mungkin untuk dilihat. Buat konten eksklusif dan tonjolkan unggahan yang penting.


2. Berikan promo menarik di waktu-waktu tertentu

Potongan harga, cashback, dan promo lainnya pasti menarik keinginan konsumen untuk berbelanja. Namun, tidak berarti setiap hari Anda bisa melakukan itu.

Perhatikan waktu-waktu penting yang dapat memberikan dampak maksimal untuk peningkatan penjualan Anda.


3. Penggunaan caption dan hashtag yang sesuai

Gunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh konsumen. Jika pangsa pasar Anda orang Indonesia, hindari menggunakan bahasa Inggris apalagi saat mendeskripsikan produk.

Penggunaan hashtag juga akan membantu unggahan Anda ditemukan oleh orang lain sehingga berpengaruh pada traffic pengunjung ke akun bisnis Anda. Apalagi penggunaan hashtag pada Reels Instagram atau IG TV.


4. Perhatikan waktu posting

Terlalu sering mengunggah konten dapat menganggu kenyamanan pengikut Anda. Sebab, mereka juga mempunyai hak untuk melihat apa yang mereka inginkan. Hal ini dapat mengakibatkan mereka berhenti mengikuti akun Anda dan datang hanya saat perlu.


5. Samakan foto profil yang sama dengan akun yang sama

Untuk dapat mempermudah dikenali oleh pelanggan, gunakan foto profil atau logo yang sama. Ini juga untuk menghindari plagiat atau hadirnya akun palsu yang bisa merugikan bisnis Anda.


6. Bangun interaksi dengan pengikut

Melalui caption, Anda bisa membuka percakapan yang dapat menarik perhatian pengikut di akun bisnis Anda. Tonjolkan atau beri perhatian lebih untuk pengikut yang sudah memberi respon menarik, dengan begitu semakin banyak orang yang ingin mendapat perlakuan seperti itu.

Selain unggahan di feeds, Anda bisa bangun interaksi melalui story Instagram. Melakukan daur ulang konten yang sedang viral juga bisa menimbulkan antusiasme dari mereka. []

(Sekar Aqillah Indraswari)


Baca Juga





Berita terkait
Dear Konten Kreator, Ini Tips Kelola Instagram untuk Bisnis
Demografis Instagram bisa dibilang sangat luas, sehingga pastikan Anda tahu audience seperti apa yang ingin Anda targetkan.
Optimalkan Marketing Bisnis di 5 Media Sosial Ini!
Jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai jutaan orang dan kesempatan untuk mendapatkan konsumen jauh lebih besar.
5 Kelebihan Menggunakan WhatsApp Bisnis
Aplikasi ini memberikan beberapa kemudahan dan efisiensi untuk pelaku bisnis.
0
Sejarah Ulang Tahun Jakarta yang Diperingati Setiap 22 Juni
Dalam sejarah Hari Ulang Tahun Jakarta 2022 jatuh pada Rabu, 22 Juni 2022. Tahun ini, Jakarta berusia 495 tahun. Simak sejarah singkatnya.