UNTUK INDONESIA
Marvel Dituduh Rasisme dari Kacamata Pemeran Falcon
Pemeran superhero Falcon yang muncul dalam seri-seri film Avangers menuding Marvel bertindak rasisme.
Anthony Mackie ketika memerankan superhero dalam film garapan Marvel Cinematic Universe bernama Falcon. (Foto: dok Marvel)

Jakarta - Langkanya keturunan Afrika sebagai kru film Marvel Cinematic Universe membuat aktor Anthony Mackie geram. Pemeran superhero Falcon yang muncul dalam seri-seri film Avengers menuding Marvel bertindak rasisme.

Anthony yang kerap menyoroti rasisme di Hollywood mengatakan heran, kenapa Marvel sebagai produsen film superhero besar masih enggan memperkerjakan kru film keturunan Afrika.

Apakah Anda merasa keturunan Afrika tidak terampil sehingga merekrut semua kru berkulit putih?

"Ini benar-benar mengganggu saya. Saya telah membintangi tujuh film Marvel di mana setiap produser, setiap sutradara, setiap pemeran pengganti, setiap perancang kostum, setiap PA, setiap orang berkulit putih," kata Anthony kepada Variety, Senin 29 Juni 2020.

Menurut Anthony, dari sekian banyak judul film hanya ada satu produser keturunan Afrika di Marvel Cinematic. "Namanya Nate Moore. Dia menghasilkan film superhero Black Panther," ujarnya.

Baca juga:

Namun, kehadiran Nate Moore juga melahirkan fenomena dalam pembuatan film di Marvel, yaitu ketika produsernya berasal dari keturunan Afrika maka semua krunya pun sama.

"Ketika memproduksi film Black Panther, sutradaranya menjadi keturunan Afrika, begitu juga produsernya, desainernya, dan koreografer akrobatnya. Saya menjadi mengerti itu tindakan paling rasis. Karena Anda hanya bisa merekrut kru keturunan Afrika untuk film keturunan Afrika," ucap Anthony.

Ia menjadi gusar terhadap fenomena yang dinilainya telah melanggengkan rasisme sebagai budaya di industri film termaju di dunia tersebut. "Apakah Anda merasa keturunan Afrika tidak terampil sehingga merekrut semua kru berkulit putih?" tanya Anthony.

Anthony yang masih menjalani syuting film superhero terbaru The Falcon and the Winter Soldier mengaku kritiknya ini bukan mengistimewakan keturunan Afrika, tetapi mendorong bos-bos Marvel Cinematic membuka tangan terhadap potensi selain orang berkulit putih.

"Pekerjakan orang terbaik di bidangnya, bahkan jika memungkinkan pekerjaan dua perempuan [keturunan Afrika] terbaik, atau dua pria [keturunan Afrika] terbaik," tuturnya.


Berita terkait
Sinopsis Film Jurassic Park III, Ancaman Spinosaurus
Ada ancaman spesies dinosaurus bernama Spinosaurus dalam Jurassic Park III. Berikut intip sinopsis filmnya sebelum menontonnya.
Tokoh Utama Bocorkan Kisah Jurassic World: Dominion
Pemeran tokoh Claire Dearing dalam film Jurassic World: Dominion membocorkan sedikit jalan cerita film besutan sutradara Colin Trevorrow itu.
Sekuel The Batman akan Perkenalkan Joker Baru
Sekuel film The Batman akan menampilkan karakter antagonis Joker. Namun, tak diperankan oleh aktor Joaquin atau bahkan Leto.
0
Mendagri Akan Evaluasi Mingguan untuk Dorong Realisasi APBD
Mendagri Tito Karnavian akan melakukan evaluasi mingguan untuk mendorong daerah-daerah yang realisasi APBD-nya rendah.