Ma'ruf Amin: Pemerintah Ingin Papua Sejahtera

Maruf Amin mengatakan Pemerintah Indonesia teguh memegang komitmen untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat di Papua dan Papua Barat.
Wakil Presiden RI Ma\'ruf Amin. (Foto: Tagar/Sekretariat Negara)

Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Pemerintah Indonesia memiliki komitmen untuk menyejahterakan masyarakat di Papua dan Papua Barat agar bisa sejajar dengan wilayah lain.

Hal ini disampaikan Ma’ruf saat melantik 1.000 orang Papua dan kelompok penyandang disabilitas sebagai karyawan BUMN di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa, 25 Mei 2021.

"Saya ingin menekankan kembali bahwa pemerintah tetap teguh memegang dan melaksanakan komitmen untuk membangun dan meningkatkan kesejahteraan tanah Papua sejajar dengan daerah lainnya," kata Ma'ruf.

Dia mengatakan komitmen tersebut tidak akan terlaksana tanpa mendapat dukungan dari berbagai elemen bangsa, terlebih dukungan dari masyarakat Papua dan Papua Barat.

Dia meminta semua eleman bangsa bersama-sama dengan pemerintah membantu untuk mewujudkannya, agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua dan Papua Barat

"Saya mengharapkan dan mengajak kita semua bersama-sama memberikan dukungan yang terbaik dan menjaga suasana yang kondusif agar program percepatan pembangunan kesejahteraan di Papua dan Papua Barat dapat secepatnya terlaksana," kata dia.


Pemerintah sudah memiliki berbagai kebijakan afirmasi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di tanah Papua.


Salah satunya diterbitkannya Instruksi Presiden Nomor 9 tahun 2020 tentang Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat.

Dia mengatakan terdapat Keputusan Presiden Nomor 20 tahun 2020 tentang Tim Koordinasi Terpadu Percepatan Pembangunan Kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. 

Saat ini pihak pemerintah, kata Ma'ruf sedang memfinalisasi rencana aksi tindak lanjut instruksi presiden tersebut.

"Rencana tindak lanjutnya mencakup 7 bidang prioritas yaitu Penanggulangan Kemiskinan, Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Pemberdayaan UMKM, Pencapaian SDG's dan Infrastruktur," ucapnya. []

Berita terkait
Figur Menteri yang Tepat untuk Jokowi-Ma'ruf Amin
Partai politik harus selektif saat mengajukan nama calon menteri untuk susunan Kabinet Kerja Jilid II Joko Widodo-Ma'ruf Amin.
Ma'ruf Amin: Elite Politik Sebaiknya Silaturahmi
Kalangan elite sepatutnya saling bersilaturahmi mengikuti apa yang dilakukan Prabowo yang telah bertemu Jokowi dan Megawati.
PKS: Jokowi-Ma'ruf Amin Butuh 'Sparing Partner'
PKS siap menjadi 'sparing partner' pemerintahan Jokowi dan Ma'ruf Amin, untuk menjadi fungsi kontrol di parlemen.
0
Mendagri Lantik Bupati dan Wakil Bupati Supiori, Serta Penjabat Bupati Boven Digoel
Mendagri melantik Yan Imbab & Nichodemus Ronsumbre sebagai Bupati dan Wakil Bupati Supiori juga Yimin Weya sebagai Penjabat Bupati Boven Digoel.