UNTUK INDONESIA

Mardani Ali Sera Kritik Kerumunan Warga Menyambut Presiden

Mardani Ali Sera mengkritik terjadinya kerumunan warga yang menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).
Mardani Ali Sera mengkritik terjadinya kerumunan warga yang menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Foto: Tagar/Istimewa)

Jakarta - Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengkritik terjadinya kerumunan warga yang menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). Menurutnya aksi Jokowi bagi-bagi souvenir kepada warga bukanlah sesuatu yang spontanitas karena sudah disiapkan di mobil Presiden.

"Ini bukan yg pertama pak @jokowi bagi2 souvenir atau nasi kotak yg menimbulkan kerumunan. Sebelumnya bagi2 nasi kotak, kemarin bagi2 souvenir. Jika itu sudah dipersiapkan di mobil, namanya bukan spontanitas. Harusnya istana bisa antisipasi dalam kunker ada potensi kerumunan," tulis Mardani di akun Twitternya, Rabu, 24 Februari 2021 pagi. 

Anggota DPR RI itu meminta Jokowi memberi contoh yang baik sebagai pemimpin dalam masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan.

"Presiden kecewa dan marah karena PPKM/PSBB tidak efektif, kasus terus naik. Karena daerah kurang tegas sehingga masyarakat kurang patuh protokol kesehatan. Tapi beberapa kali presiden menyebabkan kerumunan, warga mencontoh pemimpinnya?" sambung Mardani.

Cuitan Mardani Ali SeraMardani Ali Sera mengkritik terjadinya kerumunan warga yang menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT). (Foto: Tagar/Tangkapan Layar Twitter)

Dia mengajak warga agar mendukung pemerintah menegakkan disiplin protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

"Dukung bersama2 agar covid bisa dikendalikan, perlu contoh yg baik dari presiden patuhi prokes. Indonesia masuk 19 besar Dunia yg terparah. Sudah lebih dari 1 juta terpapar, Kasus Aktif covid-19 Indonesia tertinggi di Asia. Mari dukung prokes dan penegakkan disiplin," ajak Mardani.

Mardani Ali Sera yang menyebut dirinya bersama PKS sebagai oposisi pemerintah juga menyentil Presiden agar memberi contoh kepada masyarakat.

"Masyarakat membutuhkan keteladanan dan komitmen pemimpin nya. Ini masalah kita bersama, tiap pemimpin mesti menjadi contoh penerapan protokol kesehatan," kata dia.

Sementara itu, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin memberikan klarifikasi soal kerumunan warga yang menyambut Jokowi.

“Benar itu video di Maumere. Setibanya di Maumere, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju Bendungan Napun Gete. Saat dalam perjalanan, masyarakat sudah menunggu rombongan di pinggir jalan, saat rangkaian melambat masyarakat maju ke tengah jalan sehingga membuat iring-iringan berhenti,” ujar Bey kepada wartawan, Selasa, 23 Februari 2021.

Bey menyebut aksi warga yang berkerumun itu sebagai bentuk spontanitas warga menyambut kedatangan idola mereka.

"Jadi sebenarnya, itu melihat spontanitas dan antusiasme masyarakat Maumere menyambut kedatangan Presiden Jokowi. Dan kebetulan mobil yang digunakan Presiden atapnya dapat dibuka, sehingga Presiden dapat menyapa masyarakat, sekaligus mengingatkan penggunaan masker,” tutur Bey.

“Karena kalau diperhatikan, dalam video tampak saat menyapa pun Presiden mengingatkan warga untuk menggunakan masker dengan menunjukkan masker yang digunakannya,” tambahnya.

Bey juga membenarkan Presiden Jokowi sempat berinteraksi dengan warga sambil memberikan bingkisan souvenir.

“Itu spontanitas presiden untuk menghargai antusiasme masyarakat, suvenirnya itu buku, kaos, dan masker. Tapi poinnya, presiden tetap mengingatkan warga tetap taati protokol kesehatan,” pungkasnya.[]

Berita terkait
Mardani Beri 3 Tantangan ke Jokowi, Ada soal FPI dan NU
Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera memberikan tiga tantangan yang perlu dihadapi dan diselesaikan oleh Presiden Jokowi, salah satunya rangkul FPI.
Jokowi Diserbu di NTT, Viral Emak-Emak Jatuhkan Paspampres
Sebuah video viral beredar di lini masa mempertontonkan kekuatan emak-emak menjatuhkan Paspampres Jokowi saat kunjungan kerja ke NTT.
Paspampres Jokowi Digeruduk Warga, Ini Kata Pejabat Istana
Kunjungan kerja Presiden Jokowi ke Maumere, Nusa Tenggara Timur (NTT) diwarnai video viral Paspampres yang kewalahan menghalau kerumunan warga.
0
Mardani Ali Sera Kritik Kerumunan Warga Menyambut Presiden
Mardani Ali Sera mengkritik terjadinya kerumunan warga yang menyambut kedatangan Presiden Jokowi di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT).