Jakarta – Sebagai bentuk merealisasikan komitmennya dalam mendukung Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI meluncurkan platform yang dinamakan Localoka.
Localoka merupakan platform yang menampilkan outlet produk dari berbagai pelaku usaha dan UMKM binaan BRI. Produk usaha yang dijual di platfrom ini cukup beragam, dimulai dari buah, sayur, frozen food, hingga makanan ringan.
Acara peluncuran Localoka yang diselenggarakan di area Gedung Kantor Pusat BRI ini dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN RI Loto Srinaita Ginting dan Direktur Bisnis Mikro BRI Supari.
Program ini juga mampu memperluas akses pasar produk kelompok usaha binaan, customer base acquisition and loyalty serta menjadi role model pengelolaan business account bagi Mantri untuk merambah online dan go global.
Dalam acara peluncuran Localoka yang berbarengan dengan kegiatan Bazaar Klaster Mantriku dan penyerahan sertifikasi halal rutin tiap bulan, Localoka diharapkan mampu menghadirkan produk klaster yang dapat dikenalkan secara luas.
- Baca Juga: Dirut BRI Ungkap Harapan Diadakannya Brilianpreneur 2021
- Baca Juga: BRI Imbau Nasabah Ganti ATM Strip Magnetik dengan Kartu Cip
“Kegiatan ini sebagai journey pemberdayaan kelompok usaha binaan BRI. Dengan mengkonsolidasikan mereka, bertahap mulai dari mini pameran yang diadakan setiap bulan, yaitu Bazaar Klaster Mantriku, hingga terbentuknya Localoka,” kata Supari dilansir dari Suara.com pada Rabu, 29 Desember 2021.
Supari mengatakan bahwa produk klaster masih terbatas di wilayah sekitaran kelompok usaha selama ini. Tak hanya itu, media pemasaran untuk produk juga masih terbilang tradisional sehingga produk menjadi kurang dikenal oleh masyarakat luas.
- Baca Juga: Dorong UMKM Ke Pasar Global, BRI Adakan UMKM EXPO(RT)
- Baca Juga: BRI Komitmen Beri Layanan Perbankan Saat PPKM
Oleh karena itu, pembentukan platform Localoka ini akan sangat membantu para pelaku usaha. Selain itu, dengan dibentuknya platform Localoka ini, Supari optimis bahwa kultur tenaga pemasar BRI dapat menjadi lebih kuat, khususnya Mantri sebagai advisor pelaku UMKM.
“Program ini juga mampu memperluas akses pasar produk kelompok usaha binaan, customer base acquisition and loyalty, serta menjadi role model pengelolaan business account bagi Mantri untuk merambah online dan go global,” jelasnya.
(Rana Maheswari Ummairah)