Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) kembali menggelar pameran virtual bertajuk UMKM EXPO(RT) BRIlian Preneur 2021 sejak tanggal 1 hingga 16 Desember 2021 mendatang. Pameran dengan tema Dari Indonesia ini diikuti oleh 500 UMKM.
Direktur Utama BRI Sunarso menjelaskan bahwa BRI menghadirkan pameran bazar vritual ini guna mendukung produk industri kreatif para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dalam menembus skala pasar global.
“Program BRIlian Preneur menjadi salah satu langkah nyata dan komitmen BRI sebagai agent of development untuk turut bertanggung jawab memajukan UMKM Indonesia," ucap Sunarso dalam BRIlian Preneur Virtual Press Conference 2021 di kanal YouTube BANK BRI pada Rabu, 1 Desember 2021.
Kemampuan UMKM menyerap tenaga kerja itu mencapai 97 persen dari total pekerja.
Menjadi bank yang fokus terhadap sektor UMKM, BRI melihat peluang besar bagi produk-produk Indonesia untuk masuk ke pasar global. Karena itu, menurut Sunarso hasil karya anak bangsa memiliki nilai kualitas yang dapat bersaing dengan produk dari negara lain.
Sunarso juga menyatakan bahwa UMKM sudah seharusnya diberikan perhatian dari pemerintah. Karena menurutnya, UMKM telah memberikan kontribusi yang cukup besar hingga 61 persen kepada Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.
- Baca Juga: IDC AMSI 2021, Diharapkan Dapat Meluaskan Akses Pasar UMKM
- Baca Juga: MenKop UKM: Sirkuit Mandalika Diyakini Bangkitkan UMKM
“Kemampuan UMKM menyerap tenaga kerja itu mencapai 97 persen dari total pekerja,” katanya.
Sementera itu, UMKM EXPO(RT) BRIlian Preneur 2021 akan menghadirkan 105 potensial buyers dari 30 negara yang akan dipertemukan dengan UMKM dalam kegiatan business matching. Melalui kesempatan ini, BRI membuka akses pasar lokal dan global bagi para pelaku UMKM di Indonesia.
- Baca Juga: Menko Airlangga: Pemerintah Terus Dorong Pembiayaan UMKM
- Baca Juga: Tokopedia Bantu UMKM di Indonesia Melalui Inisiatif Hyperlocal
Buyer Internasional dan peserta UMKM EXPO(RT) dapat bertemu dan melakukan transaksi bisnis yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak. Tak hanya itu, nasabah BRI juga diberikan promo berupa diskon dan cashback hingga 31 Desember mendatang.
Pameran virtual ini akan menghadirkan sensasi pameran nyata di dunia maya sekaligus dengan memberikan pengalam 3D. Menggunakan konsep thematical outdoor, pameran ini menghadirkan lima destinasi wisata di Indonesia, yaitu Raja Ampat, Borobudur, Toba, Ubud (Bali), dan Tanjung Kelayang (Belitung).
(Rana Maheswari Ummairah)