Manfaat Tempe yang Perlu Kamu Tahu

Salah satu manfaat mengonsumsi tempe adalah kadar protein yang tinggi sehingga kerap dimanfaatkan untuk membangun otot.
Tempe. (Foto: Tagar/Indonesia Window)

Jakarta - Tempe merupakan makanan yang populer di Indonesia. Alasan mengonsumsi tempe bagi masyarakat adalah harganya yang terjangkau. Namun, di balik itu, tempe juga memiliki kadar gizi yang tinggi, loh. Mari simak ulasan di bawah berdasarkan sumber Vagusnet.


Sebagai Sumber Protein

Nutrisi yang terkandung pada tempe sudah terbukti kualitasnya lebih baik , karena kadar protein yang larut dalam air akan mengakibatkan meningkatnya aktivitas enzim proteolitik. Enzim proteolitik mampu memberikan rantai panjang protein sehingga zat yang dapat di cerna oleh tubuh.


Tinggi Kalsium

Walaupun tempe memiliki banyak protein tetapi, tempe juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi dan baik untuk tubuh kita. Tempe mampu di jadikan sebagai makanan alternatif untuk mencukupi kebutuhan kalsium selain minum susu.

Jika dilihat dari harga pasti masyarakat lebih memilih tempe karena walaupun murah tapi kandungan didalamnya sangat banyak. Dari hasil sebuah penelitian mengatakan bahwa kalsium yang terkandung di dalam empat buah potongan tempe setara dengan satu gelas susu sapi.

Setiap 100 gram susu terdapat 125 mg kalsium, sedangkan setiap 100 gram tempe mempunyai kandungan hingga mencapai 155 mg kalsium.


Mengandung Antioksidan Yang Tinggi Pada Tempe

Paparan radikal bebas yang lama ke tubuh dapat menyebabkan berbagai efek yang tidak baik bagi tubuh yaitu dapa menyebabkan kerusakan pada berbagai sel tubuh seperti: Sindrom gangguan pernapasan pada orang dewasa, artritis, penyakit stroke dan sakit jantung,dan tekanan darah tinggi.

Untuk menangkal radikal bebas tersebut tubuh kita sangat memerlukan antioksidan. Ternyata, antioksidan yang di butuhkan oleh tubuh bisa di dapat dengan memakan tempe. Antioksidan isoflavon yang terdapat pada tempe membantu dalam menyerang radikal bebas dan mengusir penyakit .


Vit B12

Tubuh kita sangat membutuhkan vitamin B12 ini karena memiliki fungsi, antara lain menghasilkan sel darah merah, membantu proses sintesis DNA, mengaktifkan asam folat, hingga menjaga kesehatan sistem saraf dan menjaga fungsi otak.

Oleh karena itu, tempe ini bisa menjadi pilihan makanan sehat untuk para vegan sebagai sarana mencukupi kebutuhan vitamin B12.


Baik Untuk Diet

Tempe dapat menjadi pilihan menu diet bagi anda yang sedang program menurunkan berat badan. Salah satu menu makanan yang baik dan sehat untuk yang sedang diet adalah makanan yang kandungan tinggi protein, tinggi serat, dan rendah lemak. Salah satunya yaitu tempe .

Di dalam tempe terdapat kandungan protein yang tinggi dan serat yang membuat tempe sangat baik untuk menjadi menu diet kalian.

Tempe juga termasuk makanan yang kandungannya mudah di serap oleh tubuh. Makanan tempe sangat baik untuk memenuhi asupan nutrisi didalam tubuh, jika kalian sedang diet juga merupakan fungsi dari kandungan vitamin B kompleks pada tempe.


Dapat Menurunkan Penyakit Kolesterol

Tingginya kolesterol dalam darah dapat menyebabkan meningkatnya risiko terkena penyakit jantung. Tetapi anda tidak perlu cemas, karena dengan memakan makanan tempe bisa menurunkan kolesterol yang ada di tubuh anda.

Tempe yang bahan dasar kedelai ini secara alami kedelainya mengandung senyawa bernama isoflavon. Sebagai penurun kolesterol jahat merupakan fungsi dari Isoflavon.

Senyawa niasin yang terdapat di dalam tempe juga dianggap dapat mengontrol kolesterol dan baik bagi kalian yang berisiko lebih tinggi untuk terkena serangan jantung atau stroke yang di sebabkan oleh kolesterol.


Mencegah Penyakit Oesteoporosis

Selain tempe mengandung banyak protein dan vit B12, ternyata tempe juga kaya akan kalsium dan vitamin K. Semua kandungan ini sangat penting bagi tubuh untuk proses pertumbuhan tulang.

Proses fermentasi tempe bisa meningkatkan banyak vitamin K dan mineral lainnya dalam kedelai. Oleh karena itu, tempe sangat bagus di konsumsi untuk yang mempunyai penyakit osteoporosis yang membutuhkan asupan kalsium tinggi.

Dengan asupan kalsium dan vitamin K didalam tempe yang cukup dan baik, penderita osteoporosis dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. []


Baca juga

Berita terkait
Di Jerman Ada Kuliner Tempe Indonesia di Kota Berlin
Berawal dari kekecewaan tidak menemukan tempe seperti di Indonesia, Yustina Haryanti mulai membuat tempe sendiri di Jerman
Mengenal Manfaat Alpukat untuk Rambut
Tak hanya bermafaat untuk kesehatan tubuh manusia, tapi alpukat juga bermanfaat kesehatan rambut. Berikut manfaat buah alpukat.
Manfaat Ubi Jalar Dapat Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
Ubi jalar merupakan makanan yang mengandung banyak nutrisi. Berikut manfaat ubi jalar untuk tingkat daya tahan tubuh.
0
Manfaat Tempe yang Perlu Kamu Tahu
Salah satu manfaat mengonsumsi tempe adalah kadar protein yang tinggi sehingga kerap dimanfaatkan untuk membangun otot.