Manfaat Menggunakan Sunscreen Secara Rutin untuk Wajah

Sunscreen adalah salah satu skincare yang wajib digunakan sehari-hari. Dikatakan wajib karena sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah.
Ilustrasi - Menggunakan Sunscreen. (Foto: Tagar/Shutterstock)

TAGAR.id, Jakarta - Banyak sekali bentuk dan cara merawat wajah, selain harus dilakukan secara rutin, pemilihan produk yang akan digunakan juga perlu menjadi pertimbangan, Mulai dari Facial wash, Make Up Remover, Toner, Serum hingga Sunscreen, semua bisa diaplikasikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi wajah.

Sunscreen adalah salah satu skincare yang wajib digunakan sehari-hari. Dikatakan wajib karena sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah dalam jangka panjang. Manfaat sunscreen untuk wajah memang tidak langsung dirasakan secara instan, namun sangat memberikan efek untuk kulit di hari tua nanti.

Sebelum memutuskan membeli produk sunscreen tersebut, sebaiknya kamu mengetahui dulu apa itu sunscreen dan apa Manfaatnya untuk kesehatan wajah pada penjelasan berikut.


1. Melindungi wajah dari bahaya sinar UV

Sinar matahari sendiri terbagi beberapa jenis, yang paling dikenal adalah sinar UVA dan UVB. Sinar UVA mampu merusak kulit dengan menyebabkan tanda-tanda penuaan dini muncul. 

Sementara sinar UVB memicu sensasi perih terbakar, menciptakan efek belang sekaligus gelap di kulit, dan efek panjangnya bisa memicu terjadinya kanker kulit. 

Nah, untuk meminimalisir bahaya dari paparan sinar matahari, sunscreen wajib digunakan. Salah satu manfaat sunscreen adalah untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari saat kamu beraktivitas di luar ruangan.


2. Mencegah terjadinya Kanker Kulit

Bila terlalu sering atau terlalu lama terpapar sinar matahari, bisa memberikan dampak buruk bagi kulit yang disebabkan karena radiasi UVB. Radiasi ini memungkinkan kamu terkena sunburn, yang merupakan tanda kerusakan DNA pada sel kulit. 

Bila DNA mengalami kerusakan berisiko menyebabkan kanker kulit. Nah, salah satu manfaat sunscreen adalah mencegah pengaruh buruk dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Dengan menggunakan sunscreen setiap hari, risiko terkena kanker kulit ini bisa diminimalisir.


3. Membuat warna kulit tetap merata

Mencegah timbulnya flek hitam yang membuat warna kulit tidak merata. Flek hitam merupakan noda atau bercak berwarna kehitaman yang terdapat di wajah akibat pigmentasi kulit secara berlebihan. Kondisi ini umum dan biasanya tidak membahayakan diri bagi penderitanya.  


4. Mencegah munculnya komedo

Paparan Sinar matahari berlebih merupakan salah satu hal yang memicu munculnya komedo, maka dari itu, sebelum komedo menyebar dan menimbulkan jerawat pentingnya memakai sunscreen untuk perlindungan wajah, yang sesuai dengan jenis kulit kamu.


5. Mencegah penuaan dini pada kulit

Menggunakan Sunscreen bisa melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan, seperti kerutan dan garis-garis halus.

(Meta Suci Amalia)

Berita terkait
Tips Cantik yang Masih Dipercaya, Bahaya bagi Kulit Wajah
Memiliki kulit cantik pasti sangat diidam-idamkan oleh kaum hawa. Tak heran, berbagai tips kecantikan bisa dengan mudah didapatkan di internet.
5 Tips Atasi Tekstur Wajah yang Tidak Rata
Tekstur wajah yang tak merata membuat penampilan menjadi tak menarik dan membuat tidak percaya diri. Berikut tips atasi masalah tersebut.
9 Tips Makeup untuk Kulit Wajah Berminyak
Berikut Tagar rangkumkan beberapa tips makeup untuk kulit berminyak, dikutip dari berbagai sumber.
0
Manfaat Menggunakan Sunscreen Secara Rutin untuk Wajah
Sunscreen adalah salah satu skincare yang wajib digunakan sehari-hari. Dikatakan wajib karena sangat bermanfaat untuk kesehatan kulit wajah.