Waktu Terbaik Mengonsumsi Buah-buahan

Ternyata mengonsumsi buah sebaiknya dilakukan pada pagi dan sore hari. Bukan tanpa sebab, serat yang terkandung dalam buah akan memberi energi.
Ilustrasi makan buah. (Foto: pixabay)

Jakarta - Buah-buahan memiliki manfaat yang sangat baik untuk menopang kesehatan tubuh manusia. Mungkin tidak semua orang mengetahui hal ini. 

Namun, yang menjadi pertanyaan, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi buah?

Hal tersebut kerap disepelekan, bahkan diabaikan oleh sebagian orang, yang penting hanya mengonsumsi buah setiap harinya sudah dianggap memasukkan gizi ke dalam tubuh.

Organ tubuh manusia tentunya akan menyerap nutrisi yang terkandung di dalam buah. Oleh karena itu tidak bisa sembarangan, terdapat waktu terbaik untuk mengonsumsi buah.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi buah? Berikut informasi yang berhasil Tagar himpun dari berbagai sumber:

1. Pagi Hari

Buah SemangkaSemangka. (Foto: Pixabay/congerdesign)

Waktu terbaik untuk makan buah adalah pagi hari. Namun, sebelum mengonsumsi buah, sebaiknya hal pertama yang harus dilakukan setelah bangun tidur adalah meminum segelas air putih. 

Kedua hal tersebut sangat berkesinambungan, dapat memberi manfaat maksimal bagi tubuh.

2. Saat Perut masih Kosong

Buah PisangBuah pisang dapat membantu untuk membersihkan racun dari paru-paru. (Foto: pixabay)

Mungkin sempat mendengar informasi dilarang makan buah saat perut kosong. Namun hal tersebut hal tersebut mampu dibantahkan melalui penelitian.

Dilansir dari Boldsky, mengonsumsi buah pada pagi hari akan lebih maksimal lagi manfaatnya ketika perut masih kosong, untuk mendetoksifikasi sistem pencernaan dengan baik. 

Hal tersebut memang tidak dianjurkan bagi orang yang menjalankan ibadah puasa, karena tubuh tidak menerima asupan apapun selama lebih dari delapan jam.

Untuk mendapatkan stamina tubuh yang maksimal, sesuai anjuran Kementerian Kesehatan, asupan yang baik untuk tubuh manusia harus diisi karbohidrat, protein, dan lemak dengan jumlah yang seimbang.

3. Mengonsumsi Buah pada Sore Hari

BuahIlustrasi makan buah. (Foto: pixabay)

Waktu yang tepat untuk memakan buah-buahan adalah sore hari. 

Jika penyakit gangguan lambung tidak memungkinkan manusia untuk mengonsumsi buah-buahan pada pagi hari, cobalah memakannya pada sore hari.

4. Makan Buah-buahan 30 Menit Sebelum Beraktifitas

AlpukatBuah alpukat bisa mengurangi efek polusi udara yang berujung pada kesehatan paru-paru. (Foto: pixabay)

Tubuh manusia bekerja sangat unik, ketika makanan masuk ke sistem pencernaan, enzim yang dilepas akan terkontrol dengan jenis zat gizi yang hendak dicerna.

Sehingga, lebih baik mengonsumsi buah 30 menit setelah melakukan aktifitas ringan pada pagi hari. Dengan serat buah yang sudah terserap maksimal, akan memberikan energi bagi tubuh.

Selain itu, usai mengonsumsi buah-buahan, beri jarak waktu 30 menit untuk memasukkan makanan yang terdapat kandungan karbohidrat dan lemak, supaya tubuh bisa menyerap nutrisi dalam buah dengan baik. []

Berita terkait
Buah Merah Rahasia Kecantikan Perempuan Papua
Perempuan Papua memiliki cara tersendiri untuk merawat kulit agar tidak kering dan kusam, yaitu dengan memanfaatkan Buah Merah.
Pepaya dan Sembilan Buah Pilihan untuk Buka Puasa
Daftar sepuluh buah termasuk pepaya dan penjelasan mengenai kandungan gizi, pilihan tepat untuk berbuka puasa.
Buah Khuldi Menurut Kristen dan Islam
Kisah buah khuldi bisa ditemukan dalan periwayatan Kristen dan Islam. Berikut ini penjelasannya dalam infografis.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.