Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Ibu Menyusui

Lidah buaya kerap kali dimanfaatkan oleh kaum hawa untuk menjaga kesehatan rambut, kulit wajah hingga puting payudara pada ibu menyusui.
Lidah buaya memiliki beragam manfaat. Salah satunya untuk ibu menyusui. (Foto: Tagar/Pixabay)

Jakarta - Lidah buaya (aloe vera) kerap kali dimanfaatkan oleh kaum hawa untuk menjaga kelembapan dan kesehatan rambut hingga kulit wajah. Dikenal sebagai tanaman hias, nyatanya lidah buaya juga menyimpan banyak khasiat, termasuk menjaga kesehatan puting payudara khususnya untuk ibu menyusui. 

Dilansir Women’s health, lebih dari 2000 tahun yang lalu, tanaman itu disebut sebagai 'obat mujarab universal' oleh para ilmuwan Yunani dan 'tanaman keabadian' oleh orang Mesir.

Dokter kulit Lian A Mack, MD mengatakan lidah buaya sebagai agen penyembuhan alami. Hal itu disebabkan banyaknya antioksidan, enzim, vitamin A, dan C dalam lidah buaya. Berikut beberapa manfaat lidah buaya.

1. Pelembap Wajah

Lidah buaya sangat ampuh untuk menjaga kelembapan kulit wajah. Sehingga tak sedikit kaum hawa juga merasakan manfaat yang diberikan dari tanaman hias ini.

"Daun padat air yang dikombinasikan dengan senyawa tanaman spesifik disebut karbohidrat kompleks menjadikan lidah buaya pelembap wajah yang efektif," kata dr. Mack.

Dia mengatakan kandungan lidah buaya ada dalam sejumlah krim wajah karena sifatnya yang menenangkan dan menghidrasi kulit. "Konsistensi ringan dan sifat penyembuhannya juga ideal untuk kulit selama hari-hari di musim panas," ucap dr. Mack.

2. Pengobatan Jerawat

Dokter Mack juga mengakui lidah buaya dapat membantu mengobati jerawat, tetapi dia mencatat bahwa lidah buaya bekerja paling baik pada jerawat permukaan yang dangkal dari pada jerawat kistik atau yang lebih dalam. Jadi, saat memiliki komedo putih yang mengganggu kulit wajah, Anda bisa mengoleskan gel lidah buaya untuk meredakan peradangan.

3. Penghapus Riasan Makeup

Dr. Mack menyarankan untuk memakai lidah buaya sebagai alternatif menghilangkan riasan makeup yang berbahan dasar minyak. "Kulit di wajah kita, terutama di sekitar mata, dianggap sebagai salah satu bagian kulit paling halus di seluruh tubuh kita. Karena kelembapannya, lidah buaya mampu dengan mudah dan lembut menghapus riasan," ujarnya.

4. Mengatasi Puting Lecet pada Ibu Menyusui

Dr. Mack mengakui bahwa tanaman hias ini sangat bermanfaat untuk ibu menyusui. Lidah buaya juga aman jika bayi menelannya secara tidak sengaja.

"Tanaman ini telah menjadi penyelamat bagi puting saya yang terlalu banyak bekerja dan sakit. Lidah buaya dikenal sangat menenangkan kulit, semprotannya membantu menyembuhkan puting yang sakit bahkan untuk disentuh," katanya.

5. Memperbaiki Kulit Kering

Kondisi kulit seperti psoriasis dan eksim biasanya disebabkan karena kerusakan pada pelindung kelembapan kulit atau dipicu oleh infeksi internal seperti radang, cuaca dingin, dan cedera kulit. Dengan manfaat lidah buaya yang mampu menghidrasi kulit, sehingga tanaman hias ini bisa membantu memperbaiki kondisi kulit kering. 

6. Penenang Setelah Bercukur

Seperti disebutkan sebelumnya, lidah buaya paling sering digunakan untuk membantu dan meredakan sengatan matahari dan luka bakar tubuh lainnya. Lidah buaya juga bisa digunakan untuk penenang kulit sesudah mencukur. Tanaman hias ini dapat meredakan nyeri sementara, terutama di sekitar area bikini yang mengalami iritasi akibat mencukur atau waxing.

7. Meringankan Gigitan Serangga

Lidah buaya juga bisa meringankan penyembuhan gigitan serangga. "Aloe vera adalah obat rumahan yang bagus dikombinasikan dengan hidrokortison OTC untuk gigitan serangga," kata Dhaval Bhanusali, MD, seorang dokter kulit yang berbasis di New York City.

Dokter Dhaval menyampaikan lidah buaya nyatanya bisa dimanfaatkan untuk menenangkan area kulit yang meradang dan hidrokortison sendiri mampu meredakan gatal. []

Baca juga:

Berita terkait
Lidah Buaya Penyembuh Luka Temuan Mahasiswa
Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair) Surabaya mengolah ekstrak tanaman lidah buaya (Aloe Vera) menjadi kompres penyembuh luka.
Manfaat Pakai Tabir Surya di Wajah Selama New Normal
Era new normal ini, masyarakat banyak menghabiskan waktu di dalam rumah dibanding bepergian. Sehingga sangat disarankan untuk pakai tabir surya.
Manfaat Pendinginan Sehabis Olahraga untuk Kesehatan
Pendinginan sehabis olahraga penting menjadi hal penting yang harus dilakukan. Berikut manfaat pendinginan sehabis olahraga untuk kesehatan tubuh.
0
Video Jokowi 'Menghadap' Megawati Sangat Tidak Elok Dipertontonkan
Tontonan video Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang sedang bertemu dengan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, sangat tidak elok.