Manfaat Labu Kuning untuk untuk Kesehatan

Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara, hampir semua bagian labu kuning bisa dimanfaatkan. Berikut manfaat labu kuning untuk kesehatan.
Ilustrasi - Manfaat labu kuning. (Foto: Tagar/Shutterstock)

Jakarta - Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara, hampir semua bagian labu kuning bisa dimanfaatkan, dagingnya sering dijadikan olahan makanan yang lezat dan bijinya dapat dipanggang untuk dijadikan topping makanan.

Di Indonesia labu kuning sering dicari pada bulan puasa untuk dijadikan olahan kolak saat berbuka puasa, sementara di negara lain banyak diukir untuk dijadikan hiasan. Kendati begitu berikut manfaat labun kuning untuk kesehatan.


1. Menyehatkan Kulit

Labu kuning mengandung karotenoid seperti beta-karoten yang cukup tinggi. Nah, karotenoid ini kemudian diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh Anda. 

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa karotenoid seperti beta-karoten dapat bertindak sebagai tabir surya alami. Setelah tertelan, karotenoid diangkut ke berbagai organ termasuk kulit. Di sini, karotenoid membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya.


2. Mencegah Penyakit Kronis

Labu kuning mengandung antioksidan, seperti alpha-karoten, beta-karoten dan beta-cryptoxanthin yang mampu menangkal radikal bebas. Uji tabung dan penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa antioksidan ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menurunkan risiko kanker, penyakit mata, dan penyakit kronis lainnya.


3. Menjaga Kesehatan Mata

Kandungan beta-karoten dan vitamin A dalam labu kuning bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Dalam analisis 22 penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang mengonsumsi makanan tinggi beta karoten memiliki risiko katarak yang jauh lebih rendah. 

Labu kuning juga merupakan salah satu sumber lutein dan zeaxanthin terbaik, dua senyawa yang mampu menurunkan risiko degenerasi makula dan katarak.


4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Labu mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin A yang terkandung didalamnya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi. 

Labu kuning juga tinggi vitamin C, yang telah terbukti meningkatkan produksi sel darah putih, membantu sel-sel kekebalan bekerja lebih efektif dan membuat luka lebih cepat sembuh. Buah yang satu ini juga mengandung vitamin E, zat besi, dan folat yang telah terbukti membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.


5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Labu kuning termasuk jenis buah yang padat nutrisi. Artinya, buah yang satu ini sangat rendah kalori meskipun dikemas dengan berbagai macam nutrisi. 

Jika Anda sedang berusaha menurunkan berat badan, labu kuning bisa menjadi pilihan yang baik sebagai pengganti nasi dan kentang. Terlebih lagi, labu kuning adalah sumber serat yang dapat membantu menekan nafsu makan Anda.


6. Menurunkan Risiko Kanker

Kanker adalah penyakit serius di mana sel-sel tumbuh secara tidak normal. Kanker menghasilkan radikal bebas untuk membantu sel kanker berkembang biak dengan cepat. 

Labu kuning memiliki kandungan karotenoid yang tinggi, yaitu senyawa yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Senyawa tersebut dapat bekerja menetralkan radikal bebas yang otomatis melindungi kamu dari serangan kanker tertentu.


7. Menyehatkan Jantung

Labu kuning tinggi potasium, vitamin C dan serat yang telah dikaitkan dengan manfaat jantung. Antioksidan dalam labu juga dapat mengurangi kandungan kolesterol LDL atau kolesterol kahat dari oksidasi. 

Ketika partikel kolesterol LDL teroksidasi, partikel ini dapat menggumpal di sepanjang dinding pembuluh darah, sehingga membatasi pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung. []

Berita terkait
Sederet Manfaat Kayu Manis yang Perlu Kamu Tahu
Kayu manis adalah jenis rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bahan makanan karena memiliki aroma yang sedap dan memiliki banyak manfaat.
Manfaat Buah Stroberi untuk Wajah Glowing
Stoberi merupakan buah asam yang lezat yang pertama kali matang pada musim semi. Selain nikmat dan enak stroberi juga memiliki manfaat untuk wajah.
4 Manfaat Buah Salak yang Tak Boleh Diremehkan
Buah salak merupakan buah yang tumbuh di Jawa dan Sumatera. Tapi, perlu diketahui buah salah memilki banyak manfaat.
0
Manfaat Labu Kuning untuk untuk Kesehatan
Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara, hampir semua bagian labu kuning bisa dimanfaatkan. Berikut manfaat labu kuning untuk kesehatan.