Manfaat dan Risiko Menghilangkan Bulu dengan Laser

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dan risiko menghilangkan bulu dengan teknologi laser.
Ilustrasi laser kecantikan. (Foto: Freepik)

Jakarta - Belakang ini banyak orang yang memilih mencukur dengan laser daripada waxing yang sering kali hanya bertahan sesaat. Perawatan laser ini menggunakan pancaran sinar yang kuat untuk menghancurkan akar bulu, namun tidak mematikan foliker rambut pada kulit.

Dengan begitu pertumbuhan rambut akan berhenti dan akan rontok secara alami. Laser hair removal ini tidak bersifat permanen sehingga rambut dapat tumbuh lagi setelah perawatan.

Jika Anda sedang mempertimbangkan menghilangkan bulu dengan laser, ada baiknya mengetahui manfaat dan risikonya. Ada sejumlah keuntungan dari laser, salah satunya bila anda rentan terhadap rambut yang tumbuh ke dalam dan menyebabkan hiperpigmentasi maka hal ini dapat membantu.

Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat dan risiko menghilangkan bulu dengan teknologi laser:

Extention Bulu MataIlustrasi bulu mata. (Foto: pixabay)

1. Proses Menyakitkan

Kebanyakan orang menganggap bahwa proses metode laser ini tidak akan terasa sakit. Namun, hal tersebut tidaklah benar, seperti halnya semua prosedur yang menggunakan sinar laser juga tentunya akan timbul risiko berupa rasa sakit.

Tetapi akan sedikit tertolong karena penggunaan numbing gel sebelum proses mengilangkan bulu rambut dilakukan.

2. Iritasi Kulit

Dengan metode laser, kulit dapat mengalami iritasi yang ditandai dengan adanya rasa tidak nyaman, bau rambut terbakar, dan kemerahan di area yang baru dilaser serta munculnya pembengkakkan disertai nyeri. Efek samping ini akan hilang setelah beberapa jam.

3. Perubahan Pigmentasi Kulit

Laser hair removal bisa membuat kulit menjadi gelap atau lebih terang, meskipun efek ini hanya sementara. Efek cerah pada kulit sangat mempengaruhi orang – orang yang memiliki kulit lebih gelap, terutama jika terjadi kesalahan penggunaan laser.

Sedangkan orang yang berkulit terang mungkin dapat mengalami perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Efek ini hanya sementara, namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi bisa juga bersifat permanen.

4. Laser Memiliki Lebih dari Satu Manfaat

Metode laser sebenarnya dapat mengatasi rambut yang tumbuh ke dalam. Selain itu, kulit juga akan menjadi lebih bersih, dan rambut akan tumbuh lebih lama daripada melakukan waxing. Hal tersebut karena perawatan ini mendorong rambut untuk tumbuh lurus.

5. Jumlah Bulu yang Tumbuh Cenderung Berkurang

Manfaat lain dari laser, yaitu ketika bulu mulai tumbuh kembali setelah laser, jumlahnya akan cenderung berkurang, dan ketebalan bulu baru akan lebih halus dan tipis daripada sebelumnya.

Namun, perawatan laser dianjurkan untuk dilakukan secara ruitn antara tiga bulanan atau dua kali setahun agar tubuh tetap bebas dari bulu. []

(Cherryn Lagustya)

Berita terkait
Manfaat Strawberry untuk Kesehatan dan Kecantikan
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah manfaat buah strawberry bagi kecantikan.
14 Tips Menjaga Bibir Agar Tetap Sehat
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips merawat bibir agar tampak lebih sehat.
5 Masker Berbahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat
Berikut Tagar rangkumkan sejumlah pilihan bahan-bahan alami yang dapat dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat membandel.
0
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.