UNTUK INDONESIA
Manchester City Vs Liverpool, Susunan Pemain dan Prediksi
Manchester City dan Liverpool tak bisa menurunkan skuat terbaik. Man City berburu poin untuk perbaiki posisi. Begitu pula Liverpool ingin menang.
Manchester City berambisi mengalahkan Liverpool dalam big match Liga Premier Inggris di Stadion Etihad, Minggu, 8 November 2020 malam ini pukul 23.30 WIB. Pemain depan Liverpool Mohamed Salah di laga melawan Man City. (Foto: Tagar/standard.co.uk)

Jakarta - Manchester City berambisi mengalahkan Liverpool demi memangkas jarak poin di Liga Premier Inggris di Stadion Etihad, Minggu, 8 November 2020 malam ini pukul 23.30 WIB. Ke-2 tim sama-sama tidak bisa menurunkan skuat terbaik di big match tersebut. Bagaimana sang arsitek yang jago strategi dan memotivasi pemain ini meracik komposisi pemain terbaik demi memenangkan laga?

Man City butuh tambahan 3 poin demi memperbaiki peringkat. Sampai laga ke-6 yang dijalani, mereka masih berkutat di posisi 12 dengan poin 11.

Ranking mereka kontras dengan Liverpool yang bertengger di papan atas. Juara bertahan Liga Premier ini menduduki peringkat 2 dengan poin 16. Sama dengan Southampton yang sukses menyodok ke posisi teratas. Namun Liverpool kalah selisih gol.

Ini yang menjadikan Liverpool harus mengalahkan Man City bila ingin kembali ke puncak sekaligus menjauh dari para pesaingnya. Hanya itu pilihan The Reds untuk merebut kembali tahtanya.

Namun bukan perkara gampang meraih poin di kandang The Cityzens. Bahkan pada duel musim lalu di Etihad, Liverpool dibantai Man City 4-0. Hanya kekalahan itu terjadi saat Liverpool sudah memastikan trofi Liga Premier.

Kini, mampukah Man City mengulang sukses musim lalu? Yang jelas, Guardiola kehilangan Benjamin Mendy dan Fernandinho yang mengalami cedera. Mereka dipastikan tidak masuk starting eleven. Sedangkan striker Sergio Aguero berpacu dengan waktu untuk pulih. Namun dia diragukan bisa masuk skuat menghadapi Liverpool.

Guardiola kembali memakai skema 4-3-3 dengan Kyle Walker yang masih menjadi pilihan pertama di posisi bek kanan. Sedangkan di kiri ada Joao Cancelo yang bermain bagus dan turut mencetak gol saat Man City menang 3-0 atas Olympiakos di Liga Champions. Dengan dimainkannya Cancelo, maka Nathan Ake akan duduk di bench.

Duet di jantung pertahanan, Ruben Dias dan Laporte Aymeric akan menjadi sorotan. Mampukah mereka membentengi kiper Ederson di laga tersebut.

Di tengah, Rodri dan Kevin De Bruyne dipastikan menjadi pilihan pertama. Selanjutnya, Guardiola tinggal memilih antara Ilkay Gundogan dan Phil Foden. Tampaknya, Gundogan menjadi pilihan pertama karena Foden disiapkan sebagai pemain yang masuk di babak ke-2.

Striker Gabriel Jesus akan menjadi centre forward yang ditopang Riyad Mahrez di sayap kanan dan Rahem Sterling bermain di kiri. Ini berarti Ferran Torres bakal duduk di bench karena Mahrez yang menjdi starter.

Problem Liverpool di Belakang

Manajer Liverpool Juergen Klopp masih menghadapi problem di belakang setelah kehilangan bek tengah andalan Virgil van Dijk yang absen lama. Sedangkan Fabinho yang dipindahkan ke belakang menggantikan Van Dijk mengalami cedera dan Joel Matip belum sepenuhnya pulih.

Tak ada pilihan lain kecuali menurunkan bek muda Rhys Williams yang  diduetkan dengan Joe Gomez di jantung pertahanan. Dengan skema 4-2-3-1, Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson kembali menjadi pilihan pertama untuk posisi full back. Kolega Ederson di timnas Brasil, Alisson Becker, akan berdiri di bawah mistar.

Klopp menempatkan 2 gelandang bertahan Jordan Anderson dan Georginio Wijnaldum untuk menjadi starter sebagai double pivot. Mereka diharapkan bisa mem-back up pertahanan The Pool.

Dengan belum fitnya Thiago Alcantara, maka Roberto Firmino kembali mendapat peran nomor 10. Posisi lama dari pemain Brasil ini. Firmino bersama Mohamed Salah dan Sadio Mane akan menopang Diogo Jota. Penyerang tengah ini kian ciamik penampilannya. Dia selalu mencetak gol selama 4 laga terakhir.

Liverpool memang menunjukkan performa bagus meski kehilangan Van Dijk. Namun musim ini mereka baru sekali menang dari 3 laga tandang di kompetisi domestik.

Ini tentu menjadi catatan tersendiri. Apalagi, mereka selalu kesulitan saat menghadapi Man City. Dari 10 laga terakhir melawan tim biru langit, Liverpool hanya sekali menang.

Bursa pun lebih mengunggulkan tuan rumah. Liverpool di-voor 1/2 (0:1/2) di laga tersebut. Ini berarti, Man City yang beri voor harus menang dengan minimal selisih satu gol. Jika hasil imbang, Man City yang kasih voor akan kalah.

Susunan Pemain

Manchester City (4-3-3):
Ederson-Walker, Dias, Laporte, Ake; De Bruyne, Gundogan; Mahrez, Jesus, Sterling

Liverpool (4-2-3-1): Alisson-Alexander-Arnold, Rhys Williams, Gomez, Robertson; Henderson, Wijnaldum; Salah, Firmino, Mane; Jota

Bursa    
Manchester City
vs Liverpool 0:1/2 (tips Liverpool) []

Berita terkait
Man City Vs Olympiakos: Torres Cetak Rekor di Liga Champions
Manchester City sukses menaklukkan Olympiakos Piraeus di pertandingan Liga Champions. Di laga itu, bintang muda Ferran Torres mencetak rekor.
Walker Menangkan Man City atas Sheff United di Liga Inggris
Manchester City memetik kemenangan penting atas Sheffield United di pertandingan Liga Premier Inggris. Gol tunggal Man City dicetak Kyle Walker.
Juergen Klopp Sesumbar Ampuhnya Trisula Lini Depan Liverpool
Kemenangan besar Liverpool atas Atalanta di Liga Champions membuat manajer Juergen Klopp semringah. Klopp sesumbar lini depan Liverpool yang ampuh.
0
Manchester City Vs Liverpool, Susunan Pemain dan Prediksi
Manchester City dan Liverpool tak bisa menurunkan skuat terbaik. Man City berburu poin untuk perbaiki posisi. Begitu pula Liverpool ingin menang.