UNTUK INDONESIA
Manchester City Bayar Harga Mahal Taklukkan Porto
Manchester City meraih kemenangan atas Porto di pertandingan Liga Champions. Namun kemenangan Man City dbayar mahal dengan cederanya Fernandinho.
Manchester City meraih kemenangan meyakinkan 3-1 atas Porto di pertandingan Grup C Liga Champions di Stadion Etihad, Kamis, 21 Oktober 2020 dini hari WIB. Tampak striker Sergio Aguero (ke-2 dari kanan) merayakan gol bersama Raheem Sterling. (Foto: Tagar/Twitter/ChampionsLeague)

Jakarta - Manchester City meraih kemenangan meyakinkan 3-1 atas Porto di pertandingan Grup C Liga Champions di Stadion Etihad, Kamis, 21 Oktober 2020 dini hari WIB. Namun Man City harus membayar mahal kemenangan itu karena gelandang veteran Fernandinho kembali mengalami cedera dan absen cukup lama.

Man City kembali diperkuat striker Sergio Aguero yang telah pulih dari cedera. Namun raksasa Liga Premier Inggris ini juga kehilangan Fernandinho yang cedera otot di pertandingan  melawan Porto. 

Fernandinho sesungguhnya dimasukkan oleh manajer Pep Guardiola untuk menjaga kebugaran pemain. Gelandang Rodri Hernandez ditarik digantikan pemain asal Brasil ini di menit 85. Tim pun sudah unggul dan hanya perlu mempertahankannya sampai akhir laga. 

Ini menjadi pukulan berat karena kami akan menjalani banyak pertandingan. Sementara, pemain terus berkurang

Namun baru bermain 5 menit, Fernandinho mengalami cedera otot sehingga terpaksa ditarik keluar digantikan John Stones. Akibat cederanya, bek berusia 35 ini harus beristirahat selama 6 pekan. 

Cedera Fernandinho menjadi pukulan bagi Guardiola. Pasalnya, dia sudah sejumlah pemain kunci seperti Kevin De Bruyne, bek Aymeric Laporte dan pemain depan Gabriel Jesus. Selain itu para pemain lain diragukan kebugarannya. 

"Ini jelas kabar buruk. Dia mengalami cedera di bagian yang sama di kakinya. Menurut saya, dia akan absen selama 4 atau 6 pekan," kata Guardiola kepada The Sun

City vs PortoGelandang Manchester City Ilkay Gundoga (8) saat mencetak gol lewat tendangan bebas di laga melawan Porto di Grup C Liga Champions di Stadion Etihad, Kamis, 21 Oktober 2020 dini hari WIB. Man City  menang 3-1 di laga itu. (Foto: Tagar/Twitter/ChampionsLeague)

"Ini menjadi pukulan berat karena kami akan menjalani banyak pertandingan. Sementara, pemain terus berkurang. Tetapi itu yang memang terjadi," tuturnya. 

Guardiola Puas Tim Balikkan Keadaan

Terkait penampilan tim, Guardiola merasa puas karena mereka mampu bangkit untuk membalikkan keadaan. Pemain juga bermain sabar saat lawan lebih banyak bertahan demi mempertahankan keunggulan. 

"Menghadapi tim yang menempatkan banyak pemain di belakang, Anda harus bersabar menunggu momen yang tepat . Kami baru mendapatkan momen itu menjelang akhir babak pertama," ujar Guardiola lagi. 

Fernandinho cederaGelandang Manchester City Fernandinho (tengah) mendapat dukungan dari manajer Pep Guardiola saat ditarik keluar karena cedera yang dialaminya di laga melawan Porto di Liga Champions di Stadion Etihad, Kamis, 22 Oktober 2020 dini hari WIB. Man City menang 3-1 tetapi harus kehilangan Frnandinho selama 6 pekan. (Foto: Tagar/thesun.co.uk)

"Di babak ke-2 kami bermain lebih baik dan tidak mendapat serangan baik lewat set piece maupun serangan balik. Kami sepenuhnya mengontrol pertandingan," ucap eks pelatih Barcelona ini. 

Di laga itu, Man City tertinggal lebih dulu melalui gol Luis Diaz di menit 14. Diaz memperlihatkan aksi individu dengan melewati 5 pemain tuan rumah sebelum menaklukkan kiper Ederson Moraes.

Hanya keunggulan Porto tak bertahan lama. Mantan bek Real Madrid Pepe melakukan blunder dengan menjatuhkan striker Raheem Sterling di kotak penalti. Alhasil, wasit Andris Treimanis menunjuk titik putih dan eksekusi penalti dituntaskan dengan baik oleh Sergio Aguero di menit 20.

Ini merupakan gol ke-40 dari penyerang Argentina di Liga Champions. Gol itu pula yang mengubah skor menjadi 1-1 dan bertahan sampai akhir babak pertama. 

Di babak ke-2, Man City mulai menguasai permainan. Mereka tampil lebih tenang dan akhirnya berbalik unggul lewat tendangan bebas Ilkay Gundogan di menit 65.

Gol gelandang tim nasional Jerman ini tercipta indah. Eksekusi bola matinya melewati pagar hidup yang tidak terjangkau kiper Agustin Marchesin.

Man City memantapkan keunggulannya saat Ferran Torres mencetak gol di menit 73. Gol tercipta lewat kerja sama apik antara Tores dan Phil Foden. Dia kemudian melepaskan tendangan sedikit melambung yang gagal diamankan Marchesin. Skor berubah menjadi 3-1 untuk The Cityzens dan bertahan sampai akhir laga. 

Kemenangan itu menjadikan Man City bertengger di puncak klasemen grup dengan poin 3. Sama dengan Olympiakos Piraeus yang menang 1-0 atas Marseille, namun Man City unggul selisih gol. []   

Berita terkait
Manchester City Tetap Buru Messi Bila Tinggalkan Barcelona
Manchester City tetap memburu bintang Barcelona Lionel Messi. Namun Man City harus menunggu sampai tahun 2021 saat kontrak Messi di Barca berakhir.
Burnley Vs Man City, Lolos Lewat Gol Sterling dan Torres
Juara bertahan Manchester City bangkit di Piala Liga dengan kalahkan Burnley. Raheem Sterling dan Ferran Torres bawa Man City ke perempat final.
Man City Vs Leicester, Saat Vardy Permalukan Guardiola
Striker Leicester City Jamie Vardy cetak hat-trick saat kalahkan Manchester City. Vardy permalukan manajer Pep Guardiola dan bawa tim ke puncak.
0
Stok Gas LPG 3 Kilogram Tersisa 6,5 Juta Tabung di Sumbar
Stok gas LPG ukuran tiga kilogram di Sumatera Barat (Sumbar) tersisa 6,5 juta tabung hingga akhir tahun 2020.