UNTUK INDONESIA
Makanan Spesial Khas Lebaran dari Belahan Dunia
Saat momen lebaran tiba, semua negara yang ada di belahan dunia pasti akan menyediakan makanan spesial khas dari negara masing-masing.
Bolani, makanan khas lebaran yang berasal dari Afghanistan. (Foto: Instagram/@heratkitchen)

Jakarta - Ketika momen Idul Fitri atau lebaran tiba, seluruh negara yang ada di belahan dunia pasti akan menyediakan aneka makanan khas dari daerah mereka masing-masing. 

Cita rasa yang diberikan sajian khas lebaran tersebut tentunya lezat dan enak. Sehingga, mampu membuat lidah para penikmatnya terasa dimanjakan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum sejumlah makanan khas lebaran dari berbagai negara di belahan dunia.

1. Khak

KhakKhak, salah satu makanan khas asal Mesir. (Foto: Instagram/@shansoakes)

Salah satu makanan khas asal Mesir ini sudah ada sejak tahun 1540-1570 SM. Kudapan lezat ini menjadi hidangan spesial yang wajib ada setiap perayaan lebaran. 

Kue berbentuk bulat dengan isian kacang dan ditaburi gula halus ini menjadi salah satu makanan yang dicintai rakyat Mesir.

Selain rasanya yang lezat, kahk memiliki kandungan kalori yang rendah dan menyimpan protein, serta karbohidrat yang baik untuk tubuh.

2. Sheer Khurma

Sheer KhurmaSheer Khurma, salah satu makanan yang berasal dari daerah India, Pakistan, dan Bangladesh. (Foto: Instagram/@salayhaali)

Makanan yang berasal dari daerah India, Pakistan, dan Bangladesh menjadi salah satu hidangan spesial yang wajib ada saat momen lebaran. Nama sheer khurma berarti susu dan kurma. Makanan ini disajikan pada pagi hari sebagai sarapan setelah melaksanakan salat Ied. 

Cita rasa khas dan manis yang diberikan makanan ini mampu menggugah selera. Sebab, makanan tradisional tersebut terbuat dari bahan-bahan alami yaitu kurma, susu, gula, bihun, dan tambahan lainnya, seperti kacang almond, cengkeh, kunyit, kismis, kapulaga, hingga air mawar yang bisa ditambahkan sesuai dengan selera masing-masing.

3. Bolani 

BolaniBolani, makanan khas lebaran yang berasal dari Afghanistan. (Foto: Instagram/@heratkitchen)

Makanan khas lebaran ini berasal dari Afghanistan. Kudapan lezat tersebut terbuat dari roti yang dipanggang atau digoreng dan berisi sayur hijau.

Selain isian sayuran, bolani juga biasa ditambahkan dengan kentang, kacang-kacangan, dan yogurt. Makanan ini bukan hanya disenangi anak-anak, tetapi juga menjadi favorit semua kalangan. 

4. Maamoul 

MaamoulMakanan khas lebaran di Syria dan Lebanon. Maamoul. (Foto: Instagram/@mrsclueless)

Makanan ini memang seringkali disantap saat momen lebaran di Syria dan Lebanon. Kue yang memiliki ukuran kecil tersebut berisi kacang pistasi dan kenari.

Bagian luar maamoul biasanya ditaburi dengan serbuk gula. Cita rasa manis yang disuguhkan oleh makanan ini tentu mampu membuat orang merasa ketagihan dengan kelezatannya.

5. Cambaabur (Somalia)

CambaaburCambaabur, salah satu makanan khas yang berasal dari Somalia. (Foto: Instagram/@creativegan)

Makanan khas yang berasal dari Somalia ini biasa dihidangkan saat momen lebaran tiba. Dilihat dari bentuknya, sekilas kue tersebut sangat mirip dengan leker yang umum dijumpai di Indonesia.

Biasanya, orang Somalia memadukan topping gula atau yogurt untuk menambah kelezatan cambaabur. Kekayaan cita rasa yang dihasilkan tentu mampu membuat perut bergoyang. []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Khas Hungaria Menggoda Selera
Makanan khas Hungaria dikenal nikmat dan dapat menggoda selera para wisatawan.
Kaviar dan Empat Makanan Termahal di Dunia
Ada sejumlah makanan di dunia yang memiliki harga yang sangat mahal. Biasanya, makanan tersebut langka dan mengandung gizi tinggi.
Tujuh Bahan Makanan Pokok di Dunia
Selain nasi, terdapat beberapa komoditas pangan yang digunakan sebagai makanan pokok, seprti biji-bijian, kacang, hingga umbi-umbian.
0
Makanan Spesial Khas Lebaran dari Belahan Dunia
Saat momen lebaran tiba, semua negara yang ada di belahan dunia pasti akan menyediakan makanan spesial khas dari negara masing-masing.