UNTUK INDONESIA
Kaviar dan Empat Makanan Termahal di Dunia
Ada sejumlah makanan di dunia yang memiliki harga yang sangat mahal. Biasanya, makanan tersebut langka dan mengandung gizi tinggi.
Kaviar. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Makanan yang dikenal lezat tentu banyak dicari oleh kebanyakan orang. Tetapi, ternyata ada beberapa makanan menjadi perhatian karena memiliki harga mahal hingga mencapai jutaan rupiah.

Berikut Tagar rangkum lima makanan termahal di dunia.

1. Keju Moose

Moose merupakan rusa besar yang biasa hidup liar di hutan negara-negara Skandinavia seperti Norwegia, Swedia, Denmark, dan Finlandia. 

Kelangkaan produk dari olahan susu moose tersebut membuat harga keju berwarna putih ini sangat mahal. 

Keju moose dihargai 500 dollar Amerika Serikat (AS) atau sekitar Rp 7 juta. Dilansir dari The Humble Rich, kelangkaan keju moose disebabkan hanya karena sedikitnya masyarakat yang membudidayakan rusa besar ini.

Keju MooseKeju moose. (Foto: blog.oup.com)

2. Kopi Luwak

Varietas kopi yang banyak dikembangkan di Indonesia dan Filipina ini memiliki harga yang sangat mahal. Harga yang tinggi tersebut dipengaruhi dari proses pengolahan kopi luwak yang unik karena menggunakan luwak sebagai alat fermentasi biji kopi.

Harga biji kopi luwak bervariasi tergantung kualitas fermentasi dan keasliannya. Di pasaran, biji kopi luwak dihargai 250 (Rp 3,5 juta) sampai 1.200 dollar AS (Rp 16 juta) per kilogram. 

Di luar negeri, kopi ini menjadi hidangan terbaik untuk olahan manual brew seperti V60 atau aeropress.

Kopi LuwakIlustrasi. (Foto: longandshort.london)

3. Jamur Truffle

Jamur Truffle merupakan jamur liar yang biasa tumbuh di Italia. Awalnya, jamur ini digunakan sebagai bahan obat untuk menyembuhkan penyakit mata dan makanan bagi kalangan bangsawan Eropa. 

Karena mahalnya, masyarakat Italia dahulu memburu jamur ini dengan menggunakan anjing dan babi. Perburuan ini kemudian dilarang pada 1985 dengan alasan untuk menjaga kelestarian jamur tersebut.

Saat ini, Jamur Truflle digunakan sebagai salah satu bumbu dapur untuk menambah rasa makanan. Biasanya, jamur ini diolah menjadi bentuk seperti garam dan diiris tipis. 

Jamur ini biasanya dijadikan bumbu untuk makanan seperti omelet, kalkun bakar, dan panganan berbahan daging lainnya.

Jamur TruffleJamur truffle yang biasanya terdapat di Italia. (Foto: houseofcaviarandfinefoods.com)

4. Sarang Burung Walet

Sarang burung walet dijadikan makanan dan obat tradisional China. Sarang tersebut terbuat dari air liur burung walet. 

Meski terbuat dari air liur, makanan ini mengandung protein dan kalsium yang sangat tinggi dan diyakini untuk mengurangi asma dan meningkatkan imun tubuh.

Sarang burung walet biasanya disantap dalam bentuk sup. Ada tiga jenis sarang burung walet, yaitu merah, putih, dan kuning. 

Makanan sehat ini dijual dengan harga 6 ribu dollar AS atau sekitar Rp 84 jutaan per kilogram.

Sarang Burung WaletSarang Burung Walet. (Foto: premiumnest.com.au)

5. Kaviar

Kaviar merupakan telur ikan sturgeon yang biasanya dapat ditemui di Laut Kaspia yang tersebar di wilayah Azerbaijan, Iran, Rusia dan Kazakhstan. 

Makanan ini memiliki kandungan gizi yang tinggi, seperti protein, kalori, dan B-12. Bahkan, sesendok kaviar mampu memenuhi kebutuhan vitamin B-12 orang dewasa sehari.

Selain memiliki kandungan gizi tinggi, kaviar memiliki rasa lezat dan biasa dihidangkan untuk kalangan orang-orang kaya. Bahkan, jenis kaviar putih memiliki harga 34.500 dollar AS atau sekitar Rp 487 juta per kilogram.

KaviarKaviar. (Foto: Pixabay)

Baca juga:

Berita terkait
Ini 8 Makanan Terbaik Saat Hormon Anda Sedang Buruk
Ini 8 makanan terbaik saat hormon Anda sedang buruk, sedang tidak seimbang, satu di antaranya adalah alpukat.
Mochi dan Empat Makanan Khas Tahun Baru di Jepang
Jepang yang memiliki kebiasaan menghidangkan makanan khas di momen tahun baru, apa sajakah itu?
Cegah Stunting dengan Makanan Bergizi
Kemampuan anak-anak Indonesia dalam bidang matematika ada di lima peringkat terbawah, ini salah satu dampak kurang nutrisi yang juga bisa stunting.
0
Red Notice Untuk Sjamsul Nursalim dan Istrinya
KPK kirim surat ke NCB Interpol Indonesia buat red notice pencarian Sjamsul Nursalin dan istrinya yang sebelumnya masuk daftar DPO