UNTUK INDONESIA
Mahfud MD Ungkap Pelaku Bom Bunuh Diri Medan
Menko Polhukam Mahfud MD menyebutkan jaringan pelaku bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan sudah diketahui.
Menko Polhukam Mahfud MD. (Foto: Antara/Zuhdiar Laeis)

Jakarta - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan jaringan pelaku bom bunuh diri di Markas Polrestabes Medan, Sumatera Utara sudah diketahui.

"Sudah. Sudah dapat laporan biar dijelaskan oleh Polri. Sudah ada yang ditangkap delapan orang," kata Mahfud di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis, 14 November 2019, seperti diberitakan Antara

Kalau tindakan melanggar hukum ya dibawa ke hukum.

Meski sudah mengetahuinya, Mahfud tidak merinci identitas pelaku bom bunuh diri tersebut.  

Kata dia, proses deradikalisasi untuk sel-sel teroris yang masih aktif tidak sesederhana itu dapat dilakukan.

"Kalau tindakan melanggar hukum ya dibawa ke hukum, kalau tindakan ideologis dibawa ke wacana, kalau tindakan ujaran kebencian di bawah ke KUHP kan gitu. Itu tidak bisa sederhana, gimana deradikalisasinya itu tiga cara itu tadi," kata mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu.

Sebelumnya, Mahfud menegaskan insiden bom bunuh diri di Polrestabes Medan bukan karena aparat keamanan kebobolan, melainkan tindak terorisme memang selalu hit and run.

"Masa setiap terjadi kebobolan? Memang kegiatan terorisme begitu. Main hit and run, lari sembunyi," kata Mahfud.

Mahfud juga terlihat enggan mengungkapkan pernyataan lebih rinci mengenai hal tersebut. Tetapi, menyoroti jaringan yang melibatkan terduga pelaku bom bunuh diri tersebut akan disampaikan secara resmi oleh kepolisian.

Namun, dia menegaskan pihaknya akan langsung menindak, termasuk mencari jaringan pelaku teroris itu.

"Itu pintu masuk untuk membuka jaringan dan tidak sulit untuk melakukan ini," kata Menteri Pertahanan era Presiden RI K.H. Abdurrahman Wahid itu. []

Baca juga:

Berita terkait
Penganut Paham Bom Medan Akan Terus Hidup
Eks narapidana terorisme Sofyan Tsauri menilai paham dan ideologi ISIS tidak akan mati, meskipun Abu Bakr al-Baghdadi tewas. Contohnya bom Medan.
Pengakuan Kompol Sarponi Korban Bom Medan
Dua perwira yang bertugas di Polrestabes Medan, menjadi korban ledakan bom bunuh diri. Salah satunya, sempat tak sadar dirinya kena percikan bom.
Bom Medan dan Deretan Ledakan Bunuh Diri di Dunia
Ketika bom meledak sedang banyak warga Medan sedang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian di kantor polisi tersebut.
0
Ibu Paksa Anak Mengemis di Makassar Tes Kejiwaan
Tersangka menjalani pemeriksaan di P2TP2A Makassar untuk mengetahui kondisi kejiwaan ibu ini.