UNTUK INDONESIA
Mabes Polri Ungkap Tujuan Operasi Ketupat 37 Hari
Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membeberkan tujuan pelaksanaan kegiatan Operasi Ketupat 2020 selama 37 hari.
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono (tengah). (Foto: Antara/HO-Polri)

Jakarta - Markas Besar (Mabes) Kepolisian Republik Indonesia (Polri) membeberkan tujuan pelaksanaan kegiatan Operasi Ketupat 2020 yang akan dimulai sejak 24 April sampai dengan 31 Mei 2020.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigadir Jenderal Argo Yuwono mengatakan, Operasi Ketupat yang akan digelar selama 37 hari tersebut adalah 'Operasi Kemanusiaan'.

"Tujuan dari pada operasi ketupat tersebut adalah yang pertama melarang masyarakat untuk mudik guna mencegah penyebaran Covid-19. Kedua, terjamin rasa aman masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa," ujar Argo dalam konferensi persnya, Kamis, 23 April 2020.

Baca juga: Polisi Benarkan Ravio Ditangkap soal Isu Penjarahan

Alasan ketiga, menurut Argo yakni terwujudnya situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) yang kondusif selama dan sesudah lebaran. Dia mengatakan kegiatan operasi tersebut akan dilakukan oleh 34 Polda di seluruh Indonesia.

"Setelah dilakukan perhitungan dan evaluasi untuk operasi ketupat, jadi lalu lintas akan menempatkan 58 titik di seluruh Indonesia yaitu di Banten itu ada 6 titik, di DKI Jakarta 18 titik, di Jawa Barat 17 titik, di Jawa Tengah ada 5 titik, Yogyakarta ada 3 titik, dan Jawa Timur ada 9 titik," ucap Argo.

Tujuan dari pada operasi ketupat tersebut adalah yang pertama melarang masyarakat untuk mudik.

Baca juga: Polisi Cek Jejak Digital Ravio soal Penjarahan 30 April

Kemudian, Argo menuturkan Polri akan bersinergi dengan TNI dan instansi terkait lainnya dalam menjalankan operasi tersebut. Dia juga memastikan pihaknya akan mengedepankan cara-cara yang lebih bersahabat dengan masyarakat.

"Petugas menggunakan pendekatan humanis, menyampaikan kepada pengendara yang akan mudik nanti disuruh putar balik. Disampaikan dengan santun dan humanis," kata Argo. []

Berita terkait
Polisi Kejar Pelemparan Posko Covid-19 Makassar
Polisi memburu pelaku pelemparan posko tim relawan Covid-19, Jalan Hertasning, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar.
Polisi Tangkap Pembunuh Wanita di Apartemen Surabaya
Satreskrim Polrestabes Surabaya hingga saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap pelaku pembunuhan usai menangkapnya pada Rabu malam.
Maaf Pemotor, Jalur Tikus Mudik Lebaran Dijaga Polisi
Pemerintah melarang mudik Lebaran, polisi juga bakal pantau jalur tikus yang kerap dipakai pengguna motor pulang kampung.
0
Relaksasi Kredit, Bank di Daerah Masih Saja Menagih
Presiden Jokowi membuat kebijakan relaksasi kredit saat pandemi Covid-19, praktiknya petugas bank milik negara masih ada yang menagih bunga kredit.